Comscore Tracker

Inspirasi 8 Tempat Duduk Santai di Halaman Rumah untuk Menikmati Alam 

Ruang duduk outdoor simpel nan kece

Halaman rumah adalah tempat yang tepat untuk menikmati alam dan udara segar. Di halaman rumah pula tersedia ruang ekstra untuk dijadikan tempat bersantai baik sendiri atau bersama anggota keluarga lain. Demi mewujudkan area outdoor yang nyaman untuk nongkrong bareng, keberadaan tempat duduk di halaman rumah menjadi hal yang penting.

Tidak sekadar fungsional, desain tempat duduk juga sebaiknya dipilih yang cantik secara visual untuk meningkatkan nilai estetika area taman. Sebagai inspirasi, berikut beberapa rekomendasi tempat duduk santai untuk halaman rumah agar pengalaman menikmati udara alam luar semakin menyenangkan.

1. Nyaman dengan kursi dudukan bantal 

Inspirasi 8 Tempat Duduk Santai di Halaman Rumah untuk Menikmati Alam Tempat duduk outdoor. (houselogic.com)

Duduk di tempat duduk yang berlapis bantal tentu lebih nyaman dan terasa lebih santai. Pengalaman nyaman dan santai inilah yang harus dihadirkan di ruang duduk halaman rumah agar menikmati alam lebih menyenangkan. Kamu cukup menambahkan bantal pada kursi outdoor di dekat taman yang bisa dibawa masuk kembali ketika usai digunakan.

2. Lounge chair untuk relaksasi 

Inspirasi 8 Tempat Duduk Santai di Halaman Rumah untuk Menikmati Alam Tempat duduk outdoor, karya Studio Tonton. (arsitag.com/Studio Tonton)

Lounge chair atau sering pula disebut kursi santai sangat cocok untuk tempat santai outdoor di halaman rumah. Desainnya mempersilakan kamu untuk menikmati suasana alam sambil rebahan. Inilah yang akan membuat pengalaman bersantai di halaman rumah menjadi lebih nyaman. Posisi ini juga baik untuk peregangan otot sehingga tubuh lebih rileks.

3. Nuansa tradisional dengan kursi kayu jati  

Inspirasi 8 Tempat Duduk Santai di Halaman Rumah untuk Menikmati Alam Tempat duduk outdoor, karya OG Architects. (arsitag.com/OG Architects)

Kursi kayu jati tampaknya masih kerap menjadi pilihan untuk tempat duduk di taman. Karakter kayunya yang khas dan kuat, menjadikan kursi jati mampu memberi efek  menyatu dengan alam. Apalagi, jika halaman rumah berdesain tradisional, kursi jati adalah pilihan yang sangat serasi. Selain itu, kualitas kursi jati juga tak perlu diragukan lagi karena bahannya lebih awet dibanding kayu biasa.

4. Tempat duduk outdoor modern minimalis 

Inspirasi 8 Tempat Duduk Santai di Halaman Rumah untuk Menikmati Alam Tempat duduk outdoor, karya Secret Garden. (home-designing.com)

Jika kamu menyukai desain yang simpel namun tetap terlihat keren dan unik, pilihlah desain kursi yang lebih eksklusif. Kursi putih terlihat lebih soft lantaran sudut kursinya melengkung. Selain itu, bentuknya pun cukup sederhana, sehingga tidak mendominasi atau mengalahkan desain di sekitarnya.

Baca Juga: 5 Kursi Santai nan Cantik yang Wajib Kamu Miliki di Rumah

5. Kursi acapulco yang unik 

Inspirasi 8 Tempat Duduk Santai di Halaman Rumah untuk Menikmati Alam Tempat duduk outdoor, karya Peter Fudge Gardens. (home-designing.com)

Kursi acapulco adalah jenis kursi yang banyak disukai karena terlihat simpel tetapi unik dan cantik secara visual. Bentuknya terinspirasi dari anyaman tradisional Suku Maya yang juga digunakan untuk membuat hammock. Selain itu, keunggulan kursi acapulco adalah materialnya ringan sehingga mudah untuk dipindahkan.

6. Kursi desain simpel namun elegan 

Inspirasi 8 Tempat Duduk Santai di Halaman Rumah untuk Menikmati Alam Tempat duduk outdoor, karya Grove Architects. (secretgardens.com.au)

Ide desain area duduk outdoor berikutnya adalah pilihan yang tepat jika kamu memiliki taman berkonsep modern minimalis. Penggunaan kursi besi dengan bentuk yang simpel namun elegan seketika membentuk tampilan visual yang menarik. Tambahkan sejumlah bantal empuk untuk menyempurnakan kesan santai dan nyaman pada tempat duduk menghadap taman.

7. Unik dengan tempat duduk batu 

Inspirasi 8 Tempat Duduk Santai di Halaman Rumah untuk Menikmati Alam Tempat duduk outdoor, karya Peter Fudge Gardens. (home-designing.com)

Batu yang dibentuk menjadi tempat duduk ini adalah inspirasi unik untuk mempercantik halaman rumah. Nuansa alam yang lebih kuat pun tak terelakkan. Sebagai penyempurna pengalaman bersantai menikmati alam, tambahkan meja kayu sebagai kontras yang apik.

8. Penambahan struktur tempat duduk 

Inspirasi 8 Tempat Duduk Santai di Halaman Rumah untuk Menikmati Alam Tempat duduk outdoor, karya Think Outside Gardens. (thinkoutsidegardens.com.au)

Menyediakan tempat duduk di halaman rumah dapat juga diwujudkan dengan menambahkan struktur baru pada dinding atau pembatas tanaman. Cara mudahnya, dengan memasang batu semen dilapisi permukaan kayu untuk memperjelas peruntukannya. Coba sesuaikan lokasi tempat duduknya seperti di bawah pohon atau di sudut taman sesuai dengan keinginan. Bahkan seperti contoh di atas, tempat duduk yang sudah ada masih ditambahkan kursi dan meja pelengkap sebagai tempat diskusi atau makan bersama.

Coba terapkan beberapa inspirasi tempat duduk kece di halaman rumah berikut yang bisa menambah kenyamanan bersantai menikmati alam. Beragam kombinasi bisa kamu kreasikan agar kursi taman tidak hanya fungsional, tetapi juga menambah estetika halaman rumah.

Baca Juga: 15 Jenis Kursi dalam Desain Interior yang Wajib Kamu Tahu

Arsitag.com Photo Verified Writer Arsitag.com

Kami percaya bahwa desain ruangan yang baik akan meningkatkan kualitas hidup para pengguna dan penghuni ruang. *Semua foto yang berasal dari Arsitag.com adalah kekayaan intelektual milik masing-masing profesional yang mengunggah karyanya ke Arsitag.com.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan
  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya