Comscore Tracker

10 Tanaman Ini Bisa Bantu Ademkan Ruanganmu, Hemat Listrik Deh!

#PANJATPOIN Tak hanya hijau, tapi juga hemat energi

Musim kemarau identik dengan panas yang menyengat. Pasti penggunaan AC atau kipas angin semakin intens agar ruangan lebih sejuk.

Penggunaan AC atau kipas angin dapat membengkakkan tagihan listrikmu, bukan? Nah, biar ruanganmu makin sejuk, mendingan beri tanaman hias di dalamnya. Tanaman hias berikut tak hanya menyegarkan mata, namun juga dapat menyegarkan ruanganmu, sehingga tak perlu lagi AC. Yuk, kita intip!

1. Lidah buaya

10 Tanaman Ini Bisa Bantu Ademkan Ruanganmu, Hemat Listrik Deh!pexels.com/Cintia Siqueira

Tanaman yang sering disebut aloe vera ini dapat mendinginkan ruangan, lho. Lidah buaya menyerap racun yang ada di udara, sehingga rumahmu lebih segar. Tanaman ini juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan.

2. Lidah mertua

10 Tanaman Ini Bisa Bantu Ademkan Ruanganmu, Hemat Listrik Deh!decorumplantsflowers.com

Tak seperti tanaman lain, lidah mertua atau sansevieria adalah tanaman yang dapat melepaskan oksigen pada malam hari. Jadi, tanaman ini cocok ditaruh di kamar tidur.

3. Palm bambu

10 Tanaman Ini Bisa Bantu Ademkan Ruanganmu, Hemat Listrik Deh!Instagram.com/philodendronfanatic

Tanaman palm telah lama dikenal sebagai pembersih udara alami. Palm bambu dapat menyerap polusi udara, sehingga menurunkan suhu ruangan.

Baca Juga: 7 Jenis Tanaman yang Bisa Hidup di Kamar Mandi, Bikin Estetis Nih!

4. Philodendron

10 Tanaman Ini Bisa Bantu Ademkan Ruanganmu, Hemat Listrik Deh!Instagram.com/philodendronfanatic

Tanaman ini sangat mudah beradaptasi di tempat yang kurang cahaya. Philodendron menyerap pulutan seperti formaldehide yang biasa ditemui pada perabot kayu zaman sekarang.

5. Lili paris

10 Tanaman Ini Bisa Bantu Ademkan Ruanganmu, Hemat Listrik Deh!instagram.com/vj_rumahbunga

Sudah sering melihat tanaman ini? Selain mudah perawatannya, ternyata lili paris dapat membersihkan udara di ruangan, lho. Tanaman ini menyaring polusi udara, seperti karbon monoksida, xylene, dan benzena.

6. Sirih gading

10 Tanaman Ini Bisa Bantu Ademkan Ruanganmu, Hemat Listrik Deh!instagram.com/kkha_ika

Tanaman dengan nama lain golden pothos ini juga salah satu tanaman yang dapat menyerap racun. Kamu bisa meletakkannya di meja atau sebagai tanaman gantung.

7. Lucky bamboo

10 Tanaman Ini Bisa Bantu Ademkan Ruanganmu, Hemat Listrik Deh!instagram.com/fryogarden

Tanaman yang mudah ditanam karena dapat tumbuh dicahaya yang minim ini dapat memberikan kesan segar karena warnanya yang kehijauan.

Menurut Feng Shui, tanaman ini dapat menambah keberuntungan, makanya disebut lucky bamboo. Selain itu, lucky bamboo dapat mengubah karbondioksida menjadi oksigen, sehingga mampu mendinginkan ruanganmu.

8. Anthurium

10 Tanaman Ini Bisa Bantu Ademkan Ruanganmu, Hemat Listrik Deh!instagram.com/ragam_tanaman_nusantara

Tanaman yang pernah viral ini ternyata dapat menyerap ammonia, formalin, toluna, dan xylene lalu menggantinya dengan oksigen. Tempatkan anthurium pada pot yang cukup sinar matahari agar tumbuhnya maksimal.

9. Pakis boston

10 Tanaman Ini Bisa Bantu Ademkan Ruanganmu, Hemat Listrik Deh!treesseller.com

Tanaman ini juga sering disebut pakis pedang. Pakis boston dapat menyerap racun yang dikeluarkan dari cat, selain itu dapat menyegarkan mata karena daunnya yang hijau.

10. Tanaman lee kwan yew

10 Tanaman Ini Bisa Bantu Ademkan Ruanganmu, Hemat Listrik Deh!instagram.com/jasa_taman17

Tanaman dengan tiga nama ilmiah Vernonia elleptica, Vernonia elaeagnifora, Tarlmounia elleptica ini merupakan tanaman rambat yang tumbuh menjuntai. Tanaman ini biasanya ditanam pada taman vertikal. Digunakan sebagai tirai dari sengatan sinar matahari dapat memberikan kesejukan bagi rumahmu.

Nah, itu dia 10 tanaman yang bisa bantu turunkan tagihan listrikmu. Yuk, mulai bercocok tanam agar rumahmu semakin hijau sekaligus hemat energi.

Baca Juga: 6 Jenis Tanaman yang Bisa Membantumu Tidur Lebih Nyenyak

Dhyta Rosa Photo Community Writer Dhyta Rosa

Railfans

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You