Comscore Tracker

5 Ide DIY Dekorasi Kamar Kos, Estetis meski Low Budget

#IDNTimesLife murah, mudah, dan estetis

Membuat kamar menjadi indah dan multifungsi tak harus mahal. Beberapa ide kreasi dari artikel ini akan mengajarkanmu membuat hiasan yang indah, namun tetap multifungsi. Semuanya cocok banget dikerjakan anak kos dan jadi kegiatan di waktu luang. 

Nah, kira-kira apa saja ya kreasi DIY dekorasi kamar kos yang bisa kamu buat sendiri dengan alat dan bahan yang mudah? Yuk, cek artikel ini supaya tahu lebih lanjut!

1. Gantungan baju unik dan kreatif

5 Ide DIY Dekorasi Kamar Kos, Estetis meski Low BudgetIde kreasi dekorasi. (instagram.com/diy.homedecorinspiration)

Jika kamu punya kaset bekas, VCD, atau piringan hitam yang sudah tidak terpakai, kreasi ini mungkin akan sangat berguna. Selain bagus untuk pajangan, kaset bekas juga berguna untuk menggantungkan baju atau barang-barang lain. 

Cara membuatnya, kamu cukup satukan kapstok dengan kaset bekas menggunakan lem. Kamu juga bisa menggunakan lem tembak. Setelah kedua bagian merekat sempurna, tambahkan double tape untuk merekatkan kreasi tersebut ke dinding. Mudah, kan?

2. Tanaman hias dari toples selai

5 Ide DIY Dekorasi Kamar Kos, Estetis meski Low BudgetIde kreasi dekorasi. (instagram.com/coco_bella_2690)

Hiasan dinding dari toples kaca bekas ini, bisa kamu sontek untuk memperindah kamar. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengisi toples kaca dengan tanah dan tanaman, lalu kaitkan menggunakan tali di kedua bagian. 

Ukuran tali serta tanaman bisa kamu sesuaikan dengan toples yang hendak digunakan.  Jika kamu ingin menggantungnya di dalam ruangan, pastikan menggunakan tanaman indoor yang tidak memerlukan panas matahari langsung. 

Baca Juga: Cuma Pakai Baju Bekas, 9 DIY Tas Punggung Unik yang Murah Meriah

3. Hiasan dinding dried flowers

5 Ide DIY Dekorasi Kamar Kos, Estetis meski Low BudgetIde kreasi dekorasi. (instagram.com/diy.homedecorinspiration)

Biasanya, anak kos punya banyak bunga pemberian dari teman, sahabat, atau pacar selepas wisuda. Daripada menumpuk dan tidak berguna, lebih baik jadikan pajangan yang mempercantik ruangan. 

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengeringkan bunga di bawah sinar matahari dengan menggantungnya secara terbalik, yakni kelopak bunga berada di bawah.

Setelah mengering, kamu harus memipihkannya. Cara termudahnya adalah menekan dengan kaca. 

Begitu bunga kering pipih, kamu bisa mulai berkreasi menyusun kelopak bungamu. Kemudian, kamu perlu membingkainya dengan pigura kayu sebelum memajangnya. 

4. Hanging flower dengan bohlam

5 Ide DIY Dekorasi Kamar Kos, Estetis meski Low BudgetIde kreasi dekorasi. (instagram.com/diy.homedecorinspiration)

Murah dan mudah, kreasi hanging flower dengan bohlam ini bisa kamu tiru untuk memperindah kamarmu. Caranya, buang bagian penutup tangkai dan isi bohlam. Sisakan bagian bola lampunya saja. 

Masukkan tanaman hias ke dalam bola lampu tersebut. Nah, kamu bisa pakai bunga artifisial agar tak perlu menambahkan media tanam. Atau, pilih tanaman hidroponik dan tambahkan air ke dalamnya. 

5. Hiasan lampu dari kok bekas

5 Ide DIY Dekorasi Kamar Kos, Estetis meski Low BudgetIde kreasi dekorasi. (instagram.com/diy.homedecorinspiration)

Kalau kamu punya kok sisa bermain bulu tangkis, jangan dibuang! Mending dibuat kreasi untuk untuk kamarmu. Ternyata, kok bekas bisa dimanfaatkan menjadi lampu hias yang indah, lho!

Caranya cukup mudah, kamu tinggal mengaitkan bola lampu dengan bagian kok. Lampu yang bisa kamu gunakan adalah lampu hias kecil agar ukurannya bisa menyesuaikan dengan kok. 

Nah, itu tadi beberapa ide DIY dekorasi kamar kos yang mudah dan murah. Kamu bisa coba membuatnya untuk hiasan di kamar tidurmu. Selamat mencoba!

Baca Juga: 9 Ide DIY Lemari Tua Agar Terlihat Estetik, Seperti Baru Lagi!

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya