Comscore Tracker

10 Dekor Kamar Artsy Buatan Sendiri yang  Tampak Profesional

#IDNTimesLife Jadikan proyek akhir pekanmu

Ada yang bikin ragu saat akan membuat dekorasi DIY untuk rumah. Gagal atau kalaupun sukses, hasilnya jauh dari ekspektasi. Tampak kurang profesional dan ternyata gampang banget rusak atau kotor setelah beberapa waktu. 

Coba beberapa hasil kurasi dekorasi buatan sendiri di bawah ini. Walaupun tetap tidak ada jaminan berhasil, setidaknya hasilnya yang memukau beserta tips-tipsnya bisa jadi inspirasimu buat memulai berkarya. Siapa tahu ketagihan buat mencoba sampai dapat hasil yang tampak profesional. 

1. Wadah berbahan clay 

10 Dekor Kamar Artsy Buatan Sendiri yang  Tampak ProfesionalClay (instagram.com/whitneybaldwinhome)

Siapa sangka wadah-wadah di bawah ternyata terbuat dari air dry clay, yaitu jenis clay paling murah di pasaran. Selain murah, clay model ini lebih ramah lingkungan dan gak perlu melalui proses pemanggangan. Cukup diangin-anginkan beberapa hari sampai kering. Setelah itu, ia bisa dicat dengan cat akrilik dan dilapis varnish atau resin agar lebih tahan lama dan mengkilat.

Namun, jika ingin kualitas lebih baik kamu bisa coba polymer clay. Harganya lebih mahal, tetapi akan menghasilkan adonan yang lebih mulus dan kuat saat kering. 

2. Karpet atau keset punch needle 

10 Dekor Kamar Artsy Buatan Sendiri yang  Tampak ProfesionalKarpet punch needle (instagram.com/lonefoxhome)

Punch needle belakangan jadi salah satu tren tersendiri di media sosial. Tak hanya cantik, proses pembuatannya dijamin terapeutik. Untuk ini, kamu perlu membeli beberapa peralatan khusus seperti jarum, benang, serta kain medianya. Desainnya tak perlu yang rumit. Bisa buat langit berhias awan, perpaduan warna abstrak, atau telur mata sapi seperti contoh di atas. 

3. Tanaman hias 

10 Dekor Kamar Artsy Buatan Sendiri yang  Tampak ProfesionalTanaman hias (instagram.com/elvysweethome)

Kalau ini gak ada yang bisa mendebat. Sudah cantik dari sananya, kamu tinggal merawatnya saja. Letakkan di pot-pot cantik dan tata di sekeliling kamar atau ruangan. Gak perlu beli yang mahal, dong. Silakan beli yang murah atau stek sendiri dari tanaman kerabatmu yang sudah duluan bercocok tanam. 

4. Manik-manik kayu untuk beragam benda 

10 Dekor Kamar Artsy Buatan Sendiri yang  Tampak ProfesionalManik-manik kayu (instagram.com/lonefoxhome)

Daripada plastik, coba manik-manik kayu atau wood beads yang elegan ini sebagai material utama proyek DIY-mu. Ia bisa ditempel di luar vas untuk memberikan tekstur dan detail yang menawan. Atau dijalin dengan kawat atau senar untuk membuat hiasan dinding. Disusun di atas lembaran cork untuk jadi coaster juga boleh.

5. Gantungan baju dari papan kayu dan pegangan laci

10 Dekor Kamar Artsy Buatan Sendiri yang  Tampak ProfesionalGantungan tas (instagram.com/diydanie)

Gantungan baju yang elegan ini bisa dibuat dengan tangan sendiri, lho. Modalnya papan kayu, wood beads ukuran besar, bor, sekrup, mur, dan cat semprot. Wood beads bisa kok diganti dengan pegangan laci bulat yang biasanya dijual di toko bangunan. Cat dulu papannya, kemudian tata dan pasang pegangan laci di atasnya. Jadikan gantungan tas atau baju di kamar. 

Baca Juga: 9 Elemen Dekor yang Sering Nongol di Media Sosial selain Perabot Rotan

6. Tray dari tampah bambu dan cermin

10 Dekor Kamar Artsy Buatan Sendiri yang  Tampak ProfesionalTampah bambu (instagram.com/xomacenna)

Ingin punya tray kekinian yang dasarnya cermin? Buat sendiri, yuk. Beli tampah bambu ukuran kecil, kemudian letakkan cermin bulat yang ukurannya lebih kecil sedikit di dalamnya. Sangat mudah. Teliti sebelum beli, pastikan ukuran kedua komponen tadi pas saat dipasangkan, ya. 

7. Art print di media kanvas atau blacu

10 Dekor Kamar Artsy Buatan Sendiri yang  Tampak ProfesionalArtprint (instagram.com/xomacenna)

Art print dari kertas kurang tahan lama? Melukislah dengan media kanvas atau blacu. Pakai cat akrilik atau cat khusus kain yang mudah banget didapat di pasaran. Harganya juga terjangkau. Kalau kurang pede dengan kemampuan melukismu, cari referensi gambar yang simple dari berbagai sumber. 

8. Taplak meja lukis 

10 Dekor Kamar Artsy Buatan Sendiri yang  Tampak ProfesionalTaplak lukis (instagram.com/matildaandruby)

Hal yang sama bisa diaplikasikan pada taplak meja. Beli kain linen atau katun polos, kemudian buat pola sendiri dengan kuas dan cat tekstil. Jika tak bisa menemukan warna yang kamu mau, ambil saja warna putih kemudian rendam dalam teh atau kopi untuk dapat nuansa earthy yang keren. 

9. Resin coaster 

10 Dekor Kamar Artsy Buatan Sendiri yang  Tampak ProfesionalResin coaster (instagram.com/rhetineart)

Punya sisa resin dari hasil mem-varnish clay? Jadikan coaster saja. Kamu bisa mereplika coaster yang berhiaskan bunga kering asli atau pakai cat akrilik untuk membuat lukisan seperti karya di atas. Saat menggunakan resin, baca baik-baik petunjuk di kemasan dan selalu pakai sarung tangan demi keamanan. 

10. Kap lampu kain vintage

10 Dekor Kamar Artsy Buatan Sendiri yang  Tampak ProfesionalKap lampu (instagram.com/kelseymarillis)

Gak punya kap lampu keren di rumah? Buat sendiri saja dari rangka kayu tipis atau kawat. Kemudian, lapis dengan kain linen polos yang dijahit serut. Hasilnya bisa sekeren ini. 

Memang proyek-proyek dekor seperti ini lebih mudah dilihat daripada dipraktikan. Namun, jangan jadi halangan untuk mencoba.

Baca Juga: 9 Ide DIY Lemari Tua Agar Terlihat Estetik, Seperti Baru Lagi!

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya