Comscore Tracker

9 Elemen Dekor yang Sering Nongol di Media Sosial selain Perabot Rotan

Kenali namanya mulai sekarang #IDNTimesLife

Jika kamu penggemar segmen dekor di media sosial, beberapa perabot dan ornamen tertentu pasti sering nongol di linimasa-mu. Salah satunya perabot rotan mulai dari kursi sampai lemari dan dipan. Tak terbatas di situ, ada beberapa elemen dekor lain yang sering banget muncul di media sosial dan kadang menggoda mata karena desainnya yang menawan. Sembilan di antaranya sudah dirangkum di bawah. Mulai sekarang wajib tahu namanya. 

1. Togo sofa

9 Elemen Dekor yang Sering Nongol di Media Sosial selain Perabot RotanTogo (instagram.com/leweekend_official)

Sofa yang viral di media sosial ini ternyata bernama Togo dan merupakan karya desainer asal Prancis bernama Michel Ducaroy. Dengan konsep pop-art, sofa yang ia rilis di tahun 1973 ini tersedia dalam beragam warna dan sangat nyaman dipakai untuk rebahan. 

Pilihannya cukup beragam, ada yang berupa sofa tunggal seperti ilustrasi di atas. Namun, ada pula yang ukurannya lebih panjang muat untuk beberapa orang, serta tersedia juga dalam model sudut. Bahan sofa ini busa yang dilapisi kain polyester yang dijahit dengan metode quilt sehingga membentuk lipatan atau garis-garis khas pada tampilannya. 

2. Flowerpot lamp

9 Elemen Dekor yang Sering Nongol di Media Sosial selain Perabot RotanFlowerpot (instagram.com/andtradition)

Lampu Flowerpot didesain oleh Verner Panton di tahun 1960an, era yang cukup sakral untuk perkembangan desain interior dunia. Lampu mungil nan eksentrik ini tersedia pula dalam versi tanpa kabel, sehingga menggunakan metode pengisian daya dengan kabel micro-USB.

Bisa diletakkan di mana saja, meja nakas sebelah tempat tidur, meja belajar, console table di ruang tengah, sampai dapur pun bisa. Ia tersedia pula dalam versi gantung. Tak hanya cantik, lampu ini kokoh karena terbuat dari lacquered steel atau baja yang diwarnai dan diberi coating mengkilap hingga menyerupai porselen. 

3. Develius sofa

9 Elemen Dekor yang Sering Nongol di Media Sosial selain Perabot RotanDevelius (andtradition.com)

Didesain Edward van Vliet, sofa ini termasuk anyar karena baru diperkenalkan tahun 2018 lalu. Desainnya super minimalis dengan fitur kustomisasi yang memanjakan konsumennya.

Tidak hanya warna, kamu bisa memilih model, keberadaan hand-rest, serta jenis kainnya. Tak heran, tiap orang bisa saja memiliki perpaduan sofa Develius yang berbeda-beda. Bisa jadi sofa tunggal, sofa dua dudukan atau lebih, bahkan bisa pilih yang bentuknya L. 

Baca Juga: Usir Penat dengan 5 Tips Jitu Dekorasi Kamar Tidur untuk INFP

4. Betty chair

9 Elemen Dekor yang Sering Nongol di Media Sosial selain Perabot RotanKursi Betty (instagram.com/andtradition)

Didesain oleh duo Jakob Thau dan Sami Kallio, kursi ini punya ciri khas di bagian dudukannya yang terbuat dari anyaman berbahan kain linen kuat. Rangkanya biasanya dari kayu solid yang juga melalui proses lacquered. Warna rangkanya sangat beragam, tidak hanya cokelat kayu alami. 

Selain kursi dengan sandaran, ia juga tersedia dalam bentuk stool. Kelebihannya ringan, bisa ditumpuk, dan cocok diletakkan di ruangan berkonsep minimalis. 

5. Wire chair 

9 Elemen Dekor yang Sering Nongol di Media Sosial selain Perabot RotanWire chair (instagram.com/hkliving)

Wire chair atau kursi kawat adalah salah satu karya duo desainer asal Amerika Serikat, Charles dan Ray Eames yang kini sudah banyak dimodifikasi oleh produsen perabot lain. Mereka merupakan pelopor kursi-kursi mid century yang hits di tahun 50-60an, kemudian kembali populer beberapa tahun belakangan.

Salah satunya wire chair ini. Bahannya tentu dari logam yang dirangkai sedemikian rupa untuk membentuk kaki, dudukan, dan sandaran. Biasanya ia dikustomisasi dengan tambahan bantalan. Bahan logam membuat kursi ini aman untuk penggunaan di luar ruangan sekalipun. 

6. Bellevue lamp

9 Elemen Dekor yang Sering Nongol di Media Sosial selain Perabot RotanBellevue (instagram.com/pernillebaastrup)

Bellevue ditemukan oleh Arne Jacobsen pada tahun 1929 dan sampai sekarang masih dicintai. Bellevue menjadi salah satu perabot kebanggan Denmark yang sederhana, tetapi elegan. Dikemas dalam bentuk lampu gantung, lampu meja, dan model berdiri, keberadaan perabot yang sering nongol di media sosial ini memang bisa meng-upgrade ruangan seketika. 

7. Matin lamp

9 Elemen Dekor yang Sering Nongol di Media Sosial selain Perabot RotanMatin (instagram.com/annas_laden)

Lampu berbentuk payung ini merupakan karya Inga Sempé, desainer asal Prancis yang dikenal dengan karya-karya eklektik-nya. Ia mendesain lampu ini meja Matin dengan kaki logam yang ramping dan kokoh sekaligus. Dipadu dengan kain katun dilipat dan dibentuk kerucut sebagai kapnya. 

8. Taper candle holder

9 Elemen Dekor yang Sering Nongol di Media Sosial selain Perabot RotanTaper candle holder (instagram.com/whiskeyandwineshop)

Taper candle holder sebenarnya sudah lama ada dan produsennya beragam, mulai dari partai besar sampai perseorangan. Wadah lilin ini terbuat dari keramik, logam, atau semen sehingga aman dari risiko leleh atau terbakar. Bisa dilap dan dibersihkan dengan mudah pula. Bentuknya beragam, tak hanya yang berisi satu lubang, kini banyak pula yang dibuat dengan berbagai bentuk yang artsy lengkap dengan beberapa lubang untuk wadah lilin. 

9. Pedestal coffee table 

9 Elemen Dekor yang Sering Nongol di Media Sosial selain Perabot RotanPedestal coffee table (instagram.com/sineadcrowehome)

Fokus ke meja kopi di tengah ruang tamu. Meja berdesain klasik dan basic. Hanya punya satu kaki, tetapi dibuat dengan bahan solid yang kokoh. Meja ini banyak dimodifikasi jadi berbagai bentuk, salah satunya jam pasir dan dimodif ke berbagai fungsi termasuk bedside table.

Satu yang tak berubah adalah bahan yang dipakai, selalu bahan solid yang meski bulky dan berat, tetap minimalis saat diletakkan di ruangan. Selain kayu, banyak juga produsen yang menggunakan batuan alam atau semen sebagai material utamanya.

Sudah tahu namanya, sekarang kamu bisa memburunya dengan lebih mudah. 

Baca Juga: 9 Ide Dekorasi Dinding Minimalis, Cocok untuk Budget Minim

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya