Comscore Tracker

7 Tips Bikin Dapur Minimalis dengan Batuan Alam

Dapur minimalis dengan batuan alam? Bisa, kok!

Batuan alam biasanya memiliki corak khas yang mencolok dan cenderung meriah. Namun dengan pemilihan kombinasi yang tepat, batuan alam bisa bikin dapur minimalis makin indah, kok. Misalnya saja dipadu dengan kabinet kayu atau warna-warna lain yang lebih netral. 

Kamu bisa menilik beberapa referensi berikut untuk bikin dapur minimalis dengan batuan alam, khususnya yang memiliki corak kalem, ya. Idenya kreatif, bikin tergoda untuk segera rombak dapur jadul.

1. Padu dengan kabinet kayu yang seratnya tidak seberapa jelas 

7 Tips Bikin Dapur Minimalis dengan Batuan Alamcorak granit dan kayu (instagram.com/reformcph)

Kayu biasanya memiliki grain atau serat khas yang berbeda-beda tergantung spesiesnya. Untuk mengimbangi granit atau marmer yang bercorak cukup mencolok seperti contoh di atas, kamu bisa memilih kayu dengan bulir atau corak yang tak seberapa jelas. 

Kemudian, pilih warna kayu yang unsur warnanya ada dalam corak batuan alam. Tengok contoh di atas. Warnanya pas, serasi, dan kontras sekaligus. Nyaman dilihat. 

2. Kombinasi dengan dominasi warna putih di dapur

7 Tips Bikin Dapur Minimalis dengan Batuan Alamdapur batuan alam (instagram.com/formaconcreta)

Cara paling aman adalah dengan memadukan batuan alam bersama perabot berwarna putih. Ini akan langsung mengimbangi corak batuan yang sudah meriah atau ramai. 

Misalnya saja meja dan backsplash sudah penuh batuan alam, maka kabinet, dinding, dan lampunya berwarna putih. Kesan kalem dan harmonis pun tercipta. Tak ada tabrakan warna yang membuat dapur terlihat canggung. 

3. Pilih jenis batuan yang coraknya minimalis 

7 Tips Bikin Dapur Minimalis dengan Batuan Alamdapur limestone (instagram.com/reformcph)

Misalnya dapur di atas yang memilih batuan jenis limestone yang warnanya mirip semen dengan corak yang minimalis. Dari kejauhan pun coraknya tak jadi distraksi di pemandangan. 

Silakan padu dengan kabinet, dinding, dan lantai yang warnanya netral seperti putih atau kayu pinus yang terang. Ini memungkinkanmu dapat kelebihan batuan alam tanpa khawatir ia akan merusak konsep minimalis di hunian. 

4. Tambahkan lighting untuk menambah kesan premium

7 Tips Bikin Dapur Minimalis dengan Batuan Alamtravertine dan walnut (instagram.com/vandervelpen)

Di dapur ini, sang desainer menggunakan perpaduan batu travertine dan kayu walnut yang serasi meski kontras. Travertine bisa jadi pilihan tepat untuk penggemar minimalisme karena motifnya yang samar.  

Untuk dapat kesan lebih mewah dan elegan, biasanya bisa ditambahkan lighting yang mendukung di spot tertentu, misal di bawah kabinet. Selain sebagai penerangan, lighting bisa menambah estetika dapur sekaligus memperjelas corak batuan yang samar tadi. 

Baca Juga: Simpel Tapi Manis, 10 Inspirasi Dapur Minimalis Colorful

5. Cari batuan alam yang warnanya senada dengan dinding 

7 Tips Bikin Dapur Minimalis dengan Batuan Alamdapur batuan alam yang kalem (instagram.com/archdigest)

Jika ingin dapat kesan kalem, coba buru batuan alam yang warnanya mirip dengan dinding. Misal putih gading seperti ini. Perbedaan antara bagian yang dibangun dengan bahan semen dinding biasa dan yang berupa batuan alam pun tak terlihat jelas. 

Namun, tentu kamu tetap dapat fungsi dan ketahanan yang berbeda. Batuan alam tentu ditujukan untuk titik-titik yang akan sering terpapar air dan panas.  

6. Dipadu dengan warna hitam solid

7 Tips Bikin Dapur Minimalis dengan Batuan Alamdapur granit (instagram.com/mistovia)

Ternyata tak hanya warna putih yang bisa mengimbangi batuan alam dengan corak mencolok. Kamu juga bisa pilih kabinet berwarna solid seperti hitam atau warna gelap lainnya yang disuka seperti biru navy atau merah marun. 

Tengok dapur di atas sebagai referensi. Menarik banget perpaduan warnanya. Bold, tetapi tetap minimalis dan enak dipandang. 

7. Minimalkan ornamen tambahan

7 Tips Bikin Dapur Minimalis dengan Batuan Alammeja granit dan kabinet merah (instagram.com/mistovia)

Tips terakhir bikin dapur minimalis adalah dengan mengurangi ornamen tambahan di dapur. Misal dengan tidak menambahkan kabinet gantung lagi di atas meja. Ini akan memberikan kesan lapang meski kamu menggunakan granit bercorak tegas dan warna merah solid di kabinet.

Minimalisme tidak terbatas pada perabot polos. Kamu bisa meriset beberapa material lain dan melakukan sejumlah trik untuk membuatnya tetap berada di koridor minimalis. 

Baca Juga: 5 Kunci Mengatur Koleksi Barang di Dapur Minimalis, Anti Berantakan! 

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya