Comscore Tracker

5 Kunci Mengatur Koleksi Barang di Dapur Minimalis, Anti Berantakan! 

Harus kurangin yang gak diperlukan, nih

Dapur minimalis memang jadi andalan akhir-akhir ini. Selain lebih tampak modern, dapur minimalis juga bikin kita gak lelah buat membereskan. Namun, bila kamu gak pandai menata ruang, jatuhnya malah bikin berantakan.

Terlebih jika kamu tipe orang yang selalu belanja banyak dalam satu waktu, tentu bakal runyam buat menata semua hal. Biar lebih ringan menata ruang dapur minimalis, simak dulu lima kuncinya berikut ini.

1. Jangan berlebihan dalam menyediakan bahan masak 

5 Kunci Mengatur Koleksi Barang di Dapur Minimalis, Anti Berantakan! ilustrasi bumbu dapur (pexels.com/@pixabay)

Terkadang ada orang yang menyediakan bahan masak terlalu banyak, seperti tepung atau bumbu dapur lainnya dan membuat muatan lemari penyimpanan pun penuh. Alhasil, hal tersebut pun hanya akan membuang-buang ruang saja.

Jika kamu bakal memakainya dalam waktu dekat itu bakal aman. Namun, jika jarang menggunakan barang persediaan tersebut, takutnya bakal kedaluwarsa dalam waktu dekat. Selalu cek juga barang persediaan secara berkala untuk menghindarinya, ya.

2. Kurangi koleksi barang berukuran besar 

5 Kunci Mengatur Koleksi Barang di Dapur Minimalis, Anti Berantakan! ilustrasi panci (unsplash.com/@armgd)

Menyediakan barang yang berukuran besar memang menjadi pilihan agar bisa menampung lebih banyak. Namun, sediakan secukupnya saja, ya. Terlebih jika ruangan dapur kamu berukuran minimalis.

Seperti koleksi stoples, sediakan ukuran besar hanya beberapa saja. Lengkapi koleksi dengam ukuran mini dan sedang. Dengan begitu gak bakal memenuhi ruang meja juga.

Baca Juga: 13 Ide Dekorasi Keramik untuk Dapur, Gaya Modern yang Estetik

3. Gunakan peralatan masak yang multifungsi 

5 Kunci Mengatur Koleksi Barang di Dapur Minimalis, Anti Berantakan! ilustrasi peralatan dapur (unsplash.com/@hjkp)

Untuk peralatan membuat kue, memang terkadang punya model khusus dan berbeda-beda. Namun, jika buat perlengkapan masak sebisa mungkin gunakan yang multifungsi. Jadi, gak bakal penuhi ruangan dapur kamu.

Menata peralatan masak juga penting diperhatikan, ya. Kamu juga bisa membuat papan gantung buat menaruh beragam panci biar gak memakan tempat di bawah. Kamu juga bisa eksplorasi tentang penataan ruang dapur juga.

4. Kurangi peralatan makan di rak dapur 

5 Kunci Mengatur Koleksi Barang di Dapur Minimalis, Anti Berantakan! ilustrasi alat makan (pexels.com/PhotoMIX Company)

Biar ruang dapur terkesan luas dan gak berserakan, sediakan peralatan makan secukupnya saja. Kamu bisa memajang peralatan makan yang hanya kamu gunakan sehari-hari, seperti gelas, piring, dan mangkuk saja. Dengan begini rak bakal terlihat lebih rapi dan tertata.

Jika kamu punya stok peralatan makan yang banyak untuk pertemuan keluarga, simpan terlebih dahulu di lemari khusus. Namun, tetap saja kamu perlu mengecek kebersihan peralatannya. Sangat mudah, kan?

5. Bersihkan dan cek kondisi peralatan dapur secara berkala

5 Kunci Mengatur Koleksi Barang di Dapur Minimalis, Anti Berantakan! ilustrasi dapur (homedecorbliss.com)

Walaupun peralatan dapur selalu kita pakai, tapi mungkin ada beberapa item yang jarang dipakai. Sebagai contohnya mixer, blender, ataupun peralatan lainnya yang belum tentu kita pakai di tiap harinya. Sebab alat yang jarang kita perhatikan, memungkinkan akan berkarat ataupun menjadi timbunan debu.

Jika sekiranya memerlukan perawatan khusus, segera perbaiki agar tidak terjadi kerusakan lebih lanjut. Jika ternyata sudah tidak terpakai, segera singkirkan barang agar tidak memenuhi ruang penyimpananmu. Begitu pula dengan barang-barang kecil seperti pisau ataupun gunting dapur.

Simpel tapi jarang terpikirkan, ya? Intinya, tetap meminimalisir koleksi barang. Terlebih yang berukuran besar, bakal memakan ruang dapur dan bikin berantakan.

Baca Juga: 10 Jenis Panci dan Penggorengan Serta Penggunaannya, Sudah Tahu? 

senja sandera Photo Verified Writer senja sandera

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya