Comscore Tracker

7 Cara Menata Cermin Asimetris untuk Dekorasi Ruangan

Bisa diletakkan di mana saja

Beberapa waktu ini cermin asimetris seringkali menampakkan diri di media sosial. Ia salah satu hot item di ranah dekorasi ruangan. Bentuknya yang berantakan ternyata memberikan efek estetik sendiri dan tak heran kalau banyak diburu. 

Tertarik memilikinya? Berikut beberapa varian cara meletakkan cermin asimetris di ruangan. Silakan pilih yang paling sesuai dengan kebutuhanmu. 

1. Bisa diletakkan di area pintu masuk dekat dengan gantungan jaket 

7 Cara Menata Cermin Asimetris untuk Dekorasi Ruangancermin asimetris (instagram.com/framacph)

Cermin kadang kita butuhkan di entryway, yaitu area dekat akses keluar masuk rumah. Biasanya dekat dengan gantungan jaket dan kunci. Sebelum keluar rumah, kamu mungkin perlu memastikan kalau rambut dan bajumu dalam keadaan rapi dan baik. Tak ada yang tertinggal atau kelupaan dipakai. 

Bentuk setengah lingkaran atau bulan separuh ini cocok untuk ruang sempit. Ukuran panjangnya juga pas untuk menilik setidaknya setengah badan kita. 

2. Di atas lemari atau console table

7 Cara Menata Cermin Asimetris untuk Dekorasi Ruangancermin asimetris (instagram.com/fermliving)

Kamu bisa meletakkannya di kamar atau ruang tengah, tepat di atas console table atau kabinet penyimpanan. Bagian penampang atau permukaan lemari bisa dipakai untuk meletakkan skincare dan kosmetik sebagai meja rias sekaligus. 

Kalau begini lebih hemat tempat dan biaya. Satu perabot untuk beberapa fungsi sekaligus. Ide bagus, bukan?

3. Ideal diletakkan di atas wastafel 

7 Cara Menata Cermin Asimetris untuk Dekorasi Ruangancermin irregular dengan neon (lola-rossi.com)

Jika punya wastafel di kamar mandi, jangan lupa gantung cermin di atasnya. Cermin asimetris boleh dipilih, kemudian beri tambahan penerangan berupa lampu neon. 

Eklektik pula hasilnya. Apalagi bila dipadu dengan warna perabot dan keramik yang menarik seperti cotton candy pink dan emas berikut. 

Baca Juga: 25 Kata-Kata Lucu tentang Cermin yang Bikin Senyum

4. Cermin full-length bisa disandarkan pada dinding 

7 Cara Menata Cermin Asimetris untuk Dekorasi Ruangancermin gelombang (instagram.com/mirrordesigns21)

Untuk cermin full-length, kamu bisa menyandarkannya langsung pada dinding seperti ilustrasi di atas. Pastikan ada pemberat yang menjamin posisinya aman, tidak mudah jatuh atau tersenggol. 

Boleh pilih yang berbentuk wavy seperti ini. Tidak harus yang berpigura tebal, cukup pilih cermin dengan pigura brass tipis yang elegan. 

5. Ditempel di papan akrilik, keren juga!

7 Cara Menata Cermin Asimetris untuk Dekorasi Ruangancermin asimetris (instagram.com/urbanoutfittershome)

Kamu juga bisa memodifikasi cermin asimetris dengan menempelkannya pada frame atau papan akrilik seperti contoh di atas. Bentuknya tidak harus sama persis, silakan berkreasi dengan kombinasi bentuk cermin dan papan akriliknya. 

Ketika terkena sinar matahari, pantulan cahayanya menawan. Bikin meja riasmu lebih meriah dan hidup. 

6. Tempel pada pemberat kayu 

7 Cara Menata Cermin Asimetris untuk Dekorasi Ruangancermin asimetris (instagram.com/shopkanyon)

Cara lain untuk mengamankan cermin asimetris adalah dengan meletakkannya pada pemberat kayu seperti contoh di atas. Aman dari risiko tersenggol dan pecah saat kelupaan menggeser meja. 

Pemberatnya bisa buat sendiri dari papan kayu yang diiris bagian tengahnya sesuai ketebalan cermin. Atau beli saja di marketplace kalau mager. 

7. Pengganti artprint untuk hiasan dinding 

7 Cara Menata Cermin Asimetris untuk Dekorasi Ruangancermin asimetris (architonic.com)

Merasa rumahmu terlalu sepi dan kosong? Silakan gunakan cermin asimetris sebagai pengganti artprint untuk dipasang di dinding. Tidak harus lebih dari tiga, kamu bisa menggunakan dua buah cermin saja untuk membuat ornamen macam ini. 

Itu beberapa tips memposisikan cermin asimetris di ruangan. Sebenarnya tidak beda dengan cermin biasa yang berbentuk bulat atau persegi. Cuma beda di kesan dan tampilannya yang jadi lebih unik. Kamu tim simetris atau asimetris, nih?  

Baca Juga: 5 Tips Membuat Kamar Tidur Lebih Terang, Manfaatkan Cermin!

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya