Comscore Tracker

7 Tips Ciptakan Rumah Artsy Sendiri Tanpa Bantuan Desainer

Coba dulu

Memiliki rumah dengan desain ideal dan berseni tinggi memang impian banyak orang. Namun, banyak pula yang menyisihkannya, menganggapnya kebutuhan tersier belaka. Alasan ekonomi biasanya jadi momok utamanya. Apalagi kalau harus menyewa jasa desainer interior profesional, pasti bakal membengkak tagihan ini. 

Sebenarnya, kamu bisa kok mendesain sendiri dekor rumahmu. Coba cek beberapa tips di bawah ini, sangat bisa banget dilakukan sendiri. 

1. Kombinasi dinding polos dan tanaman kaktus

7 Tips Ciptakan Rumah Artsy Sendiri Tanpa Bantuan Desainerinstagram.com/isafromnowon

Mulai dari yang paling mudah dulu, memadukan dinding polos dengan tanaman kaktus tinggi ini. Kamu bisa menambahkan tekstur pada dinding dengan mencoba teknik cat washed-out atau cat biasa saja. Sudah oke banget hasilnya. Coba sendiri, deh. 

2. Bikin sudut sepi lebih hidup dengan tanaman hias dan bangku kekinian

7 Tips Ciptakan Rumah Artsy Sendiri Tanpa Bantuan Desainerserenaandlily.com

Punya sudut yang masih kosong di rumah, coba jadikan spot bersantai yang cozy. Tata meja dan kursi kekinian di sana. Tinggal tambahkan sentuhan terakhir berupa bantal dekoratif, knick-knacks, dan tanaman hias, maka spot kece di rumahmu pun sudah tercipta. 

3. Pilihan warna yang tepat untuk ruangan

7 Tips Ciptakan Rumah Artsy Sendiri Tanpa Bantuan Desainerinstagram.com/deer.home

Cara mudah lainnya adalah memanfaatkan sensitivitasmu dalam memilih warna yang tepat untuk ruangan dan memadukannya dengan furnitur. Mulai dengan menentukan tone warna apa yang hendak kamu padukan. Mulai dengan mencari dulu inspirasi gambar yang kamu suka di internet, kemudian ekstrak warnanya menggunakan color palette generator  yang tersedia di berbagai situs. Jadikan pedoman saat memilih cat dan perabot. 

Baca Juga: 7 Tips Bikin Gallery Wall untuk Wujudkan Kamar Artsy 

4. Perpaduan motif atau corak yang saling bertabrakan tapi harmonis

7 Tips Ciptakan Rumah Artsy Sendiri Tanpa Bantuan Desainerinstagram.com/anastasia_vochkanova

Memadukan dua motif sekaligus dalam satu ruangan juga bukan hal yang tabu. Asalkan kamu bisa memilih warna yang tepat, ruangan pun bisa tampak indah seperti contoh di atas. Tips memilihnya bisa kamu mulai dari keberadaan warna yang sama, kemudian tingkat density motifnya. Jika salah satu sudah ramai atau penuh, untuk corak lain pilih yang lebih sederhana. 

5. Tidak harus serasi dan serupa, kadang yang berbeda-beda justru punya nilai seni tersendiri

7 Tips Ciptakan Rumah Artsy Sendiri Tanpa Bantuan Desainerinspirationsdeco.blogspot.com

Jangan takut pula untuk menggunakan barang bekas atau perabot yang sudah ada. Jikalau kamu menemukan kursi atau lemari bekas di toko antik tak ada salahnya kamu masukkan dalam ide dekor rumahmu. Contoh di atas misalnya, terlihat jelas bahwa desain serta warna kursi di ruang makan tersebut berbeda satu sama lain. Namun, hasil perpaduannya justru keren. 

6. Tambahan tekstur di dinding atau meja

7 Tips Ciptakan Rumah Artsy Sendiri Tanpa Bantuan Desainerinstagram.com/lonnymag

Tambahan tekstur di dinding atau meja juga bisa meng-upgrade dekor rumahmu. Tak perlu dengan cat atau bahan-bahan mahal seperti granit atau kayu tertentu. Kamu bisa mengakalinya dengan memasang wallpaper untuk dinding atau contact paper di meja. 

7. Bentuk storage yang sederhana, tetapi mengikuti tren terkini

7 Tips Ciptakan Rumah Artsy Sendiri Tanpa Bantuan Desainerinstagram.com/lonnymag

Cara lainnya adalah mencari inspirasi tren desain kekinian yang tersebar di internet. Kamu bakal menemukan desain-desain out of the box yang sederhana tapi bikin terkesima. Seperti rak storage di dapur ini. Gak perlu tambahan handle, lebih ringkas dan keren. Coba konsultasikan ke pengrajin kayu terdekat deh. 

Tidak ada yang tidak mungkin, kok. Manfaatkan kreativitas dan inspirasi yang bertebaran di dunia maya, maka kamu pun bisa wujudkan rumah impian tanpa harus sewa jasa desainer profesional. Selamat mencoba. 

Baca Juga: 7 Ide Storage Hacks untuk Rumah Mungil, Biar Rumah Jadi Lebih Lega 

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya