Comscore Tracker

5 Ide Memasang Jendela Nako dengan Kesan Modern di Rumah

Akses masuk cahaya alami dan sirkulasi udara sekaligus

Saat mendengar kata kaca atau jendela nako, kamu pasti membayangkan rumah tahun 1980-1990-an. Di benakmu mungkin membaykan jika benda ini sudah ketinggalan zaman dan tak lagi menarik buat diaplikasikan di hunian modern.

Nyatanya anggapan tersebut salah besar. Beberapa tahun belakangan, kaca nako kembali dilirik oleh para pengembang dan arsitek. Jendela nako bukan hanya memungkinkan masuknya cahaya alami ke dalam rumah, tetapi juga memungkinkan terjadinya sirkulasi udara lewat bukaannya yang khas. Agar tetap dalam koridor modern dan minimalis, kamu bisa sontek sederet ide memasang jendela nako di bawah ini. 

1. Kombinasi sebagai bagian dari pintu utama ala gaya mid-century modern

5 Ide Memasang Jendela Nako dengan Kesan Modern di Rumahjendela nako di samping pintu utama (instagram.com/cios.ph)

Cara paling mudah adalah memasang kaca atau jendela nako sebagai bagian dari pintu utama rumah. Letakkan persis di samping pintu utama dengan membuat rangka gabung. Desainnya bebas, bisa pilih yang ukurannya proporsional antara jendela dan pintu atau pakai ukuran perbandingan yang asimetris seperti. 

Untuk privasi, kamu bisa meletakkan tirai atau memilih jenis kaca ribbed ataupun frosted. Jangan lupa pilih frame yang memberikan kesan modern seperti kayu. 

2. Rangka alumunium lebih ekonomis

5 Ide Memasang Jendela Nako dengan Kesan Modern di Rumahjendela nako dengan frosted glass (instagram.com/kyalandkara)

Bila ingin sedikit berhemat, rangka aluminium bisa kamu jadikan opsi untuk jendela nako. Serasikan pemilihan bentuk dan warna dengan nuansa rumah. Warna hitam dan putih biasanya sering dipilih untuk rumah-rumah berdesain minimalis karena netral dan cocok dikombinasikan dengan cat dinding yang bernuansa earthy. 

Selain itu, jendela nako bisa juga diletakkan di kamar mandi, nih. Tentunya gunakan kaca yang bisa menjamin privasi layaknya frosted glass seperti tertera pada ilustrasi gambar.

Baca Juga: 5 Alasan untuk Gak Menyepelekan Keberadaan Jendela di Kamar Tidur

3. Jendela nako ramping untuk pengganti breeze block 

5 Ide Memasang Jendela Nako dengan Kesan Modern di Rumahjendela nako ramping (instagram.com/carterwilliamson_architects)

Bila ingin dapat udara segar di dalam rumah, orang biasanya akan memilih antara jendela biasa atau roster alias breeze block. Sekarang, ada alternatif lain yang tak kalah menarik, yaitu jendela nako. Kamu bisa menyulapnya dalam bentuk ramping seperti ini. 

Cocok banget untuk bikin jendela sudut yang langsung mengarah ke taman samping atau halaman belakang rumah. Saat cuaca sedang panas, kamu bisa membukanya. Sebaliknya, tutup rapat saat hujan tiba. Memudahkan dan menenteramkan, bukan? 

4. Gabung dengan jendela mati 

5 Ide Memasang Jendela Nako dengan Kesan Modern di Rumahkombinasi jendela nako dan jendela mati (instagram.com/the_talle_valley_house)

Sebagai variasi, kamu bisa memasang kaca nako bersamaan dengan kaca mati dalam satu jendela. Silakan tengok desain di atas sebagai inspirasi. Ide bagus untuk jendela utama rumah yang menghadap fasad maupun jendela yang mengakses pekarangan. 

Bayangkan sejuknya saat angin berhembus di siang hari. Agar dapat kesan seamless, kamu bisa memadankan warna frame dengan warna dinding. 

5. Jendela nako untuk ventilasi 

5 Ide Memasang Jendela Nako dengan Kesan Modern di Rumahjendela nako untuk ventilasi (instagram.com/our.newport.house)

Karakternya yang khas membuat kaca nako jadi material ideal untuk ventilasi bangunan. Agar mudah dibuka dan ditutup sesuai kebutuhan, letakkan jendela di dekat tangga menuju lantai dua. Model bukaan seperti ini sering pula disebut jendela clerestory karena letaknya berada di dekat plafon. 

Dengan begitu, kamu bisa mengaksesnya dengan mudah tanpa perlu tangga tambahan. Ingat pula kalau kamu juga tetap harus membersihkannya secara rutin. Biasanya jendela nako dihindari karena perawatannya memang lebih rumit mengingat kepingan kaca harus dibersihkan satu per satu. Pastikan peletakkan jendela nako ini masih berada dalam jangkauan tangan, ya! 

Setuju gak kalau lima ide di atas bisa langsung mematahkan segala keraguanmu tentang jendela nako? Dengan beberapa modifikasi di bagian kerangka dan pemilihan posisi, jendela nako yang terkesan retro bisa jadi bagian dari hunian modern minimalis yang sedang kamu rintis. 

Baca Juga: 6 Ide Desain Jendela Kamar Tidur, Dekorasi bikin Memesona

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya