Comscore Tracker

11 Tips Bikin Perabot Antik Jadi Relevan di Ruang Minimalis

Yuk, perpanjang masa pakai mereka!

Buat kebanyakan anak muda, melirik perabot antik mungkin tak pernah terpikirkan sekalipun. Kita lebih suka dengan perabot-perabot kekinian bertema Skandinavia yang modern dan berwarna terang. Alasannya pasti tak jauh dari keyakinan kalau perabot-perabot antik tentu gak cocok diletakkan di rumah atau ruang bertema minimalis. Salah tempat kesannya. 

Ternyata hal itu tidak sepenuhnya benar. Ini beberapa bukti kalau perabot antik relevan diletakkan di ruang minimalis. 

1. Rak buku lawas ciptakan kesan ringkas dan lapang

11 Tips Bikin Perabot Antik Jadi Relevan di Ruang Minimalisperabot antik minimalis (instagram.com/formspektrum)

Jauh dari kesan sumpek dan suram, ternyata rak buku lawas ini bisa bikin ruang terlihat lapang dan ringkas. Semua tergantung pintar-pintarnya kita memilih perabot antiknya. Kalau tahu ruangannya sempit, hindari perabot yang besar dan bulky

2. Perabot antik biasanya dari kayu solid asli yang kualitasnya baik 

11 Tips Bikin Perabot Antik Jadi Relevan di Ruang Minimalismeja belajar antik di kamar minimalis (instagram.com/i.tam.i.tu)

Jangan remehkan barang antik, justru mereka biasanya dibuat dari kayu solid. Bukan kayu olahan bahkan serbuk kayu yang kalau terkena air gampang berjamur dan lapuk. Biar gak suram dan terlalu antik suasana kamarnya, silakan padu dengan perabot-perabot yang modern atau warna-warna terang. 

3. Sofa kayu begini malah mudah dibersihkan 

11 Tips Bikin Perabot Antik Jadi Relevan di Ruang Minimalissofa antik di ruang tengah (instagram.com/studio_sra)

Kelebihan lain dari perabot antik macam sofa atau kursi kayu seperti ini tentu dari pembersihannya. Beda dengan sofa-sofa masa kini yang bantalannya menyatu satu sama lain, bantalan sofa kayu antik bisa dibongkar pasang. Jadi mudah dicuci dan diganti sarungnya. 

4. Kamar ala Korea juga bisa diisi lemari antik 

11 Tips Bikin Perabot Antik Jadi Relevan di Ruang Minimalislemari antik minimalis (instagram.com/mnmii___)

Ingin punya kamar bertema ala-ala kamar kos Korea? Siapa bilang kamu harus pakai perabot serba modern. Laci atau lemari antiknya gak terkesan misplaced. Walaupun besar, ia bisa membantumu meringkas perkakas karena muatannya banyak dan penamapangnya bisa dipakai wadah console.

5. Kursi rotan ini gak pernah salah tempat 

11 Tips Bikin Perabot Antik Jadi Relevan di Ruang Minimaliskursi penjalin antik di kamar minimalis (instagram.com/ad_spain)

Antik dan rustic banget, tetapi kursi rotan model ini memang versatile. Mau ditempatkan di manapun dia tak pernah terlihat salah. Termasuk di kamar minimalis yang satu ini. Terasa seperti berada di hotel dengan konsep jadul. 

6. Apartemen minimalis ala Jepang kuno 

11 Tips Bikin Perabot Antik Jadi Relevan di Ruang Minimalismeja makan dan lemari antik di apartemen (instagram.com/niwatori_life)

Ada beberapa elemen antik di ruang ini, lemari dan meja makannya. Namun, karena tak banyak ornamen-ornamen tambahan yang tak penting, ruang sempitnya tak terasa sesak. Pas dan homey. 

Baca Juga: 10 Potret Perabot Rumah ala Tukang Bangunan Ini Kreatif Abis

7. Perabot antik di ruang yang minimalis bikin rumah bak villa Mediterania

11 Tips Bikin Perabot Antik Jadi Relevan di Ruang Minimalismeja makan antik estetik (instagram.com/moroseta_villas)

Desain ruang seperti ini sedang disukai, terutama di kalangan pengembang villa. Mereka memadukan minimalisme dengan sentuhan antik. Kuncinya pada perabot-perabot yang berkonsep pedestal dan rustic seperti meja makan lusuh dan guci rotannya. Estetiknya tetap dapat. 

8. Piano klasik di ruang futuristik 

11 Tips Bikin Perabot Antik Jadi Relevan di Ruang Minimalispiano antik di ruang modern minimalis (instagram.com/_decolor_)

Di ruang yang futuristik seperti ini, electronic keyboard  mungkin terasa lebih cocok dibanding piano kayu klasiknya. Namun, siapa bilang piano antiknya salah tempat. Ia terlihat oke-oke saja, tuh. Justru jadi bisa jadi focal point di ruangan. 

9. Meski diisi perabot antik, kesan suram di kamar mandi lenyap 

11 Tips Bikin Perabot Antik Jadi Relevan di Ruang Minimaliskamar mandi pedestal (instagram.com/decomunica_)

Ini karena ruangan didesain punya pencahayaan yang baik. Ditambah warna dasar putih bersihnya yang mengimbangi perabot-perabot antiknya. Sesederhana itu, kok, mengakali perabot antik agar gak suram. 

10. Sama dengan cermin antik di kamar tidur ini 

11 Tips Bikin Perabot Antik Jadi Relevan di Ruang Minimaliscermin antik di kamar (instagram.com/moroseta_villas)

Konsep serupa juga dilakukan seorang desainer interior di kamar villa ini. Meski ada meja dan cermin antik di kamar, ruangan tidak terkesan seram dan gelap. Semua karena pencahayaan yang bagus, pemilihan warna dinding yang tepat, dan tata letak yang minimalis. 

11. Jangan singkirkan lampu antikmu!

11 Tips Bikin Perabot Antik Jadi Relevan di Ruang Minimalislampu antik (instagram.com/casa.soleto)

Gatal ingin segera menyingkirkan lampu antik peninggalan leluhur di rumah? Duh, semoga kamu melihat desain kamar yang satu ini. Ternyata kamar justru terlihat indah dan menawan karena keberadaan lampunya. Lagi-lagi, biar kamar tidak suram karena didominasi perabot vintage yang berwarna gelap, penerangannya harus bagus, ya. 

Memang perabot antik bukan untuk semua orang. Namun, kalau dipikir memanfaatkan atau menggunakannya kembali bisa jadi kontribusimu dalam berbuat baik pada Bumi dengan memperpanjang usia pakai mereka. 

Baca Juga: 10 Desain Perabot Keramik yang Unik dan Biodegradable

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya