Comscore Tracker

5 Bau di Rumah yang Tidak Boleh Diabaikan, Bisa Jadi Tanda Bahaya!

Segera atasi agar tidak membahayakan

Terkadang, di rumah bisa timbul bau-bau yang aneh, seperti bau sampah, rokok, pembersih lantai, atau pewangi pakaian. Bau-bau tersebut adalah normal. Namun, pada titik tertentu, kamu akan menemukan adanya bau yang tidak biasa.

Beberapa bau tidak boleh diabaikan, terutama jika ini sangat tidak biasa tercium dari rumahmu. Sebab, beberapa jenis bau bisa menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang salah di rumah. Hal itu bisa berkembang menjadi komplikasi yang berpotensi mengancam nyawa jika terus dibiarkan, lho.

Nah, berikut lima jenis bau di rumah yang tidak boleh diabaikan dan langkah-langkah yang perlu kamu ambil untuk mengatasinya. Ini dia informasinya yang dikutip dari laman Reader's Digest dan Good Home Air.

1. Bau gas

5 Bau di Rumah yang Tidak Boleh Diabaikan, Bisa Jadi Tanda Bahaya!ilustrasi api kompor (pixabay.com/PublicDomainPictures)

Gas alam sebenarnya tidak berbau, jadi untuk membuatnya dapat dideteksi, produsen menambahkan bahan kimia merkaptan yang menciptakan bau gas seperti yang selama ini kita kenal. Jika kamu mencium bau gas di rumah, ini bisa jadi tanda gas akan habis atau adanya kebocoran gas yang dapat menyebabkan kebakaran atau ledakan.

Lebih amannya, jika kamu mencium bau gas di rumah, segera tinggalkan rumah dan hubungi perusahaan gas. Hindari menyalakan lampu, peralatan rumah tangga, menggunakan mobil, atau apa pun yang dapat menimbulkan percikan api.

2. Bau karet terbakar  

5 Bau di Rumah yang Tidak Boleh Diabaikan, Bisa Jadi Tanda Bahaya!ilustrasi blender (pexels.com/cottonbro)

Bau karet terbakar adalah salah satu aroma yang wajib diperhatikan. Saat kamu mencium bau karet terbakar, ini bisa jadi tanda adanya kerusakan pada mesin perangkat elektronik, seperti blender atau mixer. Bisa juga artinya ada alat yang mengalami overheating.

Jika kamu mencium aroma karet terbakar, tetapi tidak dapat mengidentifikasi apa yang salah, seperti peralatan apa yang rusak, overheating, atau sumber plastik, bisa jadi sumber masalah ada di dalam dinding.

Api listrik bisa menjadi sumber bau karet yang tidak terlihat dan jelas bisa meningkat dengan sangat cepat. Untuk itu, segera hubungi ahli servis elektronik atau ahli listrik jika mencium aroma karet terbakar.

Baca Juga: 5 Bahan Makanan yang Memicu Bau Badan pada Pria, Bikin Gak Pede!

3. Bau apek  

5 Bau di Rumah yang Tidak Boleh Diabaikan, Bisa Jadi Tanda Bahaya!ilustrasi jamur pada dinding (unsplash.com/Jazael Melgoza)

Bau apek dapat menjadi indikasi adanya kebocoran wastafel atau pipa yang menimbulkan jamur. Tumbuhnya jamur di dalam rumah bisa membahayakan orang dengan masalah alergi dan asma.

Untuk mengatasi jamur di permukaan berpori, kamu bisa mendesinfeksi menggunakan larutan pemutih dan air dengan perbandingan 1:9 dan diamkan selama sepuluh menit sebelum disikat. Kadang, jamur tumbuh di balik wallpaper, dan solusi untuk hal ini adalah menyikat tembok dan mengganti wallpaper.

4. Bau amis

5 Bau di Rumah yang Tidak Boleh Diabaikan, Bisa Jadi Tanda Bahaya!ilustrasi ikan mentah (pexels.com/mali maeder)

Mencium bau amis di rumah padahal tidak ada ikan dan makanan laut lainnya di rumah? Ini bisa mengndikasikan adanya perlengkapan listrik di rumah yang mengalami overheating. Bau amis ini bisa disebabkan karena plastik, karet, atau bahan lain di sekitar alat yang bermasalah meleleh.

Jika hal ini diabaikan terlalu lama, itu bisa menyebabkan kebakaran. Solusinya, hubungi ahli reparasi untuk menentukan apakah alat yang rusak dapat diperbaiki atau perlu diganti.

5. Bau kamar mandi  

5 Bau di Rumah yang Tidak Boleh Diabaikan, Bisa Jadi Tanda Bahaya!ilustrasi membersihkan kloset (pexels.com/Karolina Grabowska)

Jika akhir-akhir ini bau kamar mandi menjadi lebih menyengat, mungkin sudah waktunya untuk menghubungi tukang ledeng. Bau tersebut bisa jadi karena sistem pemipaan atau pipa ventilasi tersumbat, atau pipa saluran pembuangan yang rusak.

Selain itu, pemanas air juga merupakan penyebab umum lain dari bau kotoran atau bau belerang. Jika kamu merasa baunya meningkat saat kamu menjalankan air panas, kamu mungkin perlu memeriksa pemanas untuk mengetahui apakah ada komponen yang perlu diganti.

Banyak bau di rumah yang sebenarnya tidak menimbulkan bahaya nyata bagi keluarga. Namun, kamu juga harus peka terhadap fenomena yang tidak biasa di rumah. Bau yang tidak biasa dapat menjadi tanda pertama dari sesuatu yang serius. Semakin cepat kamu sadar, akan lebih cepat masalah ini dapat diselesaikan dan dapat menghindari masalah yang lebih parah.

Baca Juga: 5 Benda di Dapur yang Sering Gak Dibersihkan, Jadi Sumber Bau

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya