Comscore Tracker

Memasuki Musim Hujan, Ini 5 Tips Persiapan Menghadapi Cuaca Ekstrem

Biar aman dan selamat

Saat ini, sebagian besar daerah di Indonesia sudah memasuki musim hujan. Walaupun disambut dengan suka cita, tak jarang pergantian musim ini disertai dengan cuaca yang ekstrem yang tak jarang justru merugikan manusia, bahkan menjadi bencana.

Kita semua memang tidak dapat mengontrol fenomena alam, termasuk menolak cuaca ekstrem. Akan tetapi, kita semua bisa melakukan persiapan dalam menghadapi cuaca ekstrem agar tetap dalam keadaan aman dan sehat. Berikut ini hal-hal yang harus kamu lakukan sebagai persiapan untuk menghadapi cuaca ekstrem.

1. Pastikan tidak ada masalah pada selokan dan drainase

Memasuki Musim Hujan, Ini 5 Tips Persiapan Menghadapi Cuaca Ekstremunsplash.com/Gibbon FitzGibbon

Sebelum memasuki cuaca ekstrem, periksa baik-baik selokan dan drainase di tempat tinggalmu untuk mencari tahu apakah ada masalah atau sumbatan. Bisa jadi, selokan dan drainase bekerja secara memadai dalam hari-hari biasa atau selama musim hujan normal, tetapi ternyata di sana terdapat sumbatan yang berisiko menyebabkan banjir saat digenangi dalam jumlah besar.

Jadi, pastikan kamu sudah memeriksa dan memperbaikinya sebelum cuaca ekstrem benar-benar terjadi. Selain itu, pastikan untuk menjaganya tetap bersih sehingga bekerja secara efektif dan efisien. 

2. Periksa rumah dan lakukan perbaikan pada bagian yang diperlukan 

Memasuki Musim Hujan, Ini 5 Tips Persiapan Menghadapi Cuaca Ekstrempexels.com/Curtis Adams

Saat memasuki cuaca ekstrem, rumah semestinya menjadi tempat paling aman untuk berlindung. Jadi, kamu wajib memastikan kondisi rumah memang dalam keadaan yang baik. Periksa struktur di sekitar rumah untuk mencari titik-titik lemah, membersihkan puing-puing dari selokan, memeriksa atap, memotong pohon dan dahan mati, serta memastikan drainase air memadai.

Hal ini sangat penting dan akan mengurangi risiko terjadinya kerugian secara signifikan. Memperkuat bangunan juga penting jika kamu tinggal di daerah rawan banjir.

Baca Juga: Wajib Mengempeskan Ban Motor di Musim Hujan, Begini Penjelasannya

3. Siapkan beberapa karung pasir untuk membuat tanggul sederhana  

Memasuki Musim Hujan, Ini 5 Tips Persiapan Menghadapi Cuaca Ekstremunsplash.com/Vinicius Benedit

Untuk kamu yang tinggal di pinggir sungai, lereng bukit, dan daerah rawan banjir, kamu mungkin perlu membeli persediaan karung pasir untuk membuat tanggul sederhana. Nantinya, karung pasir ini akan ditempatkan di depan setiap pintu pada saat hujan deras untuk membantu meminimalkan jumlah air yang masuk ke rumah. 

Selain itu, amankan barang-barang berharga dan pindahkan ke lantai atas atau tempat yang tinggi untuk mengamankannya dari banjir.

4. Menghindari sambaran petir saat hujan lebat 

Memasuki Musim Hujan, Ini 5 Tips Persiapan Menghadapi Cuaca Ekstremunsplash.com/Scott Osborn

Hujan deras sering kali disertai dengan petir. Lonjakan listrik dari sambaran petir berisiko membahayakan berbagai perangkat yang terhubung dengan listrik. Jadi, sebaiknya cabut semua peralatan elektronik dari stop kontak saat hujan deras.

Selain itu, jauhi jendela dan pintu karena dapat tertiup angin saat hujan lebat dan angin kencang. Sebisa mungkin, jangan mandi atau mencuci piring saat mandi. Sebab, sambungan pipa juga dapat menghantarkan listrik.

5. Pastikan kamu memiliki kotak darurat 

Memasuki Musim Hujan, Ini 5 Tips Persiapan Menghadapi Cuaca Ekstrempexels.com/Roger Brown

Siapkan kotak darurat yang berisi barang-barang penting untuk menghadapi mati listrik atau saat kamu harus mengungsi. Sebab, akan sulit untuk menemukan barang-barang dalam keadaan mati listrik atau jika kamu harus meninggalkan rumah dengan terburu-buru. Kotak darurat ini harus terbuat dari bahan yang kokoh dan tahan air.

Kotak darurat ini bisa berisi obat-obatan pribadi, dokumen penting, bahkan barang berharga. Selain itu, pastikan kamu menyimpannya di lokasi yang mudah diakses.

Dengan melakukan persiapan di atas, harapannya kamu bisa lebih siap dalam menghadapi cuaca ekstrem dengan tetap sehat dan dalam keadaan aman. Selain melakukan langkah-langkah di atas, jangan lupa untuk menyimak ramalan cuaca di daerah tempat tinggalmu untuk meningkatkan kewaspadaan.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Biker di Musim Hujan Ini Bisa Berujung Celaka 

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya