Comscore Tracker

5 Kebiasaan Biker di Musim Hujan Ini Bisa Memicu Celaka

Sering kali lima kebiasaan ini tidak disadari

Jakarta, IDN Times - Sebagian wilayah Indonesia kini mulai diguyur hujan. Kondisi ini patut diwaspadai, terutama untuk para biker yang kerap merobos hujan lebat. Sebab berkendara di tengah hujan itu sangat berisiko, loh.

Karena itu kamu harus ekstra waspada. Sebab banyak kecelakaan justru terjadi karena kelalaian diri sendiri. Nah, berikut beberapa kelakuan biker yang secara tidak sadar dapat memicu kecelakaan. 

1. Menggunakan sandal

5 Kebiasaan Biker di Musim Hujan Ini Bisa Memicu Celaka(IDN Times/Daffa Maududy Fitranaarda)

Kebanyakan biker tak ingin mengotori sepatu yang ia kenakan saat menerobos hujan. Mereka lebih memilih menggunakan sandal karena lebih praktis dan fleksibel. Bahkan ada juga yang tidak menggunakan alas kaki.  

Kebiasaan ini sangat membahayakan. Sebab sandal itu tidak melindungi kaki dengan sempurna. Sehingga, jika motormu tegelincir, kakimu kemungkinan besar akan cedera atau setidaknya terbaret aspal atau jalanan. Karena itu, selalu gunakan sepatu saat naik motor, ya!  

Baca Juga: Ini 4 Alasan Kenapa Motor-motor Tua Tetap Lestari

2. Mengangkat kaki saat menerjang banjir

5 Kebiasaan Biker di Musim Hujan Ini Bisa Memicu CelakaIDN Times/Daffa Maududy Fitranaarda

Mengangkat kaki saat melewati genangan juga sering dilakukan biker. Tujuannya agar sandal atau sepatu tidak basah. Tidak salah sih, hanya saja bisa membahayakan diri sendiri.

Sebab dengan mengangkat kedua kaki, keseimbangan pengendara bisa terganggu. Belum lagi aliran air yang biasanya lumayan deras. Akibatnya bisa motor dan pengendaranya bisa terjatuh. Kalau sudah begitu, bukan cuma sepatu aja yang basah, tapi baju dan celanamu juga.

Baca Juga: Cegah Kecelakaan, 5 Hal Ini Wajib Diperhatikan Pengendara Motor 

3. Berhenti atau berbelok secara mendadak untuk menghindari genangan

5 Kebiasaan Biker di Musim Hujan Ini Bisa Memicu CelakaIlustrasi genangan air (IDN Times/Dwi Agustiar)

Saat hujan tiba-tiba turun, biasanya para biker secara naluriah akan langsung berhenti atau membelokkan kendaraannya di tempat yang teduh. Hal ini sangat berbahaya sebab bisa-bisa kamu ditabrak kendaraan lain dari belakang. 

Karena itu, meski hujan mendadak turun, jangan langsung berbelok atau berhenti. Sebaliknya, berhentilah secara perlahan dan nyalakan lampu sein. Setelah aman, silakan berteduh.

4. Pemilihan jas hujan yang salah

5 Kebiasaan Biker di Musim Hujan Ini Bisa Memicu CelakaFoto hanya ilustrasi. (IDN Times/Reza Iqbal Ghifari)

Pemilihan model jas hujan yang salah juga sangat berpotensi menyebabkan kecelakaan bagi biker. Penggunaan jas hujan ponco memiliki potensi kecelakaan yang lebih besar.

Sebab, modelnya yang panjang dikhawatirkan akan tersangkut pada ban motor saat melaju. Oleh sebab itu, jas hujan model setelan adalah rekomendasi terbaik untuk biker. 

Baca Juga: Jas Hujan Model Ponco Berbahaya Buat Biker, Begini Penjelasannya 

5. Tekanan ban yang tidak pas

5 Kebiasaan Biker di Musim Hujan Ini Bisa Memicu Celakaericomotorsports.com

Tidak memperhatikan tekanan ban juga sangat berpengaruh. Tekanan ban yang berlebihan dapat menyebabkan ban akan lebih licin saat melaju, sedang tekanan ban yang kurang juga akan menambah beban sehingga motor akan terasa lebih berat. 

Untuk itu, sebaiknya biker harus lebih memperhatikan tekanan ban saat musim hujan seperti ini. Jangan berlebihan dan jangan juga kekurangan, ya!

Baca Juga: Motor Mogok Terendam Banjir, Lakukan 6 Hal Ini!

Topic:

  • Dwi Agustiar
  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya