Comscore Tracker

6 Ide Desain Rumah ala Santorini, Setiap Sudut Jadi Estetik

Pastikan cahaya matahari masuk dengan optimal

Santorini merupakan kepulauan yang terletak di sebelah tenggara daratan Yunani. Pulau ini terkenal akan objek pariwisatanya dengan daya tarik arsitektur yang khas. 

Jika diperhatikan dengan saksama, bangunan penduduk Santorini terbuat dari pahatan batu kapur yang menyatu dengan alam. Dominasi warna putih dan biru menciptakan kesan selaras dengan nuansa Laut Mediterania.

Berkat keindahannya, banyak orang mengidamkan desain bangunan ini. Bagi kamu yang tertarik untuk menerapkan desain rumah ala Santorini, tiru referensi berikut ini, deh.

1. Aplikasikan warna-warna segar

6 Ide Desain Rumah ala Santorini, Setiap Sudut Jadi Estetikpotret pintu di Santorini (unsplash.com/@eikosipente)

Muka bangunan rumah ala Santorini dibuat dari batu kapur yang cenderung arch atau melengkung. Untuk memberikan tampilan serupa, kamu bisa mengecat tembok dengan warna putih.

Biar makin mirip, aplikasikan juga warna biru pada permukaan jendela dan pintu. Perlu kamu tahu, warna biru punya efek positif untuk psikologis, lho. Warna ini mampu memberikan stabilitas, ketenangan, dan rasa damai.

2. Pastikan ruangan mendapat cahaya matahari

6 Ide Desain Rumah ala Santorini, Setiap Sudut Jadi Estetikilustrasi jendela (unsplash.com/@robwingate)

Rumah ala Santorini identik dengan nuansa cerah dan alami. Pemasangan jendela berbingkai besar atau pintu geser full kaca akan memberi akses cahaya matahari masuk. Dengan begitu, ruangan memperoleh pencahayaan optimal yang alami.

Agar panasnya tidak terlalu menyengat, pasang dua gorden pelapis. Lapisan satu berwarna putih dan lapisan kedua boleh bermotif. Ini berfungsi memberikan tampilan menarik, sekaligus menghalangi masuknya panas matahari berlebih.

3. Gunakan furnitur berbahan kayu

6 Ide Desain Rumah ala Santorini, Setiap Sudut Jadi Estetikilustrasi furnitur kayu (unsplash.com/@lianamikah)

Furnitur kayu memberikan citra natural yang serasi dengan cat warna putih. Warna natural pada kayu menimbulkan kesan sederhana dan homey. Kamu bisa pilih furnitur berbahan dasar rotan, mahoni, atau kayu jati.

Apabila ingin mendapat vibe yang Santorini banget, kamu bisa juga terapkan gaya furnitur built-in. Furniturbuilt-in selain fungsional juga unik dan estetik, lho!

Baca Juga: 9 Inspirasi Desain Perabot Rumah dari Kardus yang Low Budget

4. Beri sentuhan ubin yang menarik   

6 Ide Desain Rumah ala Santorini, Setiap Sudut Jadi Estetiklantai mosaik (unsplash.com/@orlovamaria)

Ubin bermotif akan memberi impresi tegas sekaligus mempercantik tampilan rumahmu. Kamu bisa implementasikan ubin bermodel mosaik atau keramik dengan motif minimalis. Ingat, pastikan serasi dengan warna dindingmu biar gak bikin pusing.

Jika ingin lebih simpel, cukup plester lantai dengan semen berwarna abu-abu. Warna natural semen akan memancarkan suasana netral yang nyaman. Menarik banget, kan?

5. Tambahkan tanaman di dalam dan luar ruangan

6 Ide Desain Rumah ala Santorini, Setiap Sudut Jadi Estetikaneka jenis sukulen (unsplash.com/@maxandrey)

Hunian Santorini umumnya memajang tanaman segar di interior maupun eksterior rumah. Keberadaan tanaman membuat pikiran lebih rileks. Suplai oksigen dari tanaman juga baik untuk paru-paru.

Pilihlah tanaman praktis yang mudah dipindahkan. Ini untuk mengimbangi furnitur built-in yang sulit digerakkan. Jenis tanaman indoor seperti kaktus, bonsai, atau sukulen cocok mengisi ruangan. Jika suka bunga, kamu bisa letakkan rosemary atau lavender di jendela.

6. Pertegas dengan ornamen serasi

6 Ide Desain Rumah ala Santorini, Setiap Sudut Jadi Estetikayunan gantung (unsplash.com/@littlegreeneyes)

Biar gak bosan, beri dekorasi unik. Kamu bisa pasang ayunan gantung di bagian teras atau balkon. Ornamen unik ini akan memperindah tampilan dan memaksimalkan fungsi ruangan.

Selain itu paduan dari kain pelapis juga gak kalah penting. Pilihlah selimut, sarung bantal, tirai, taplak, dan karpet bernuansa biru. Nuansa warna biru memberikan tampilan windy dan airy khas Santorini, lho.

Referensi desain rumah ala Santorini yang sudah dibahas di atas bisa banget kamu terapkan, lho. Dengan begitu, tampilan rumahmu lebih segar dan nyaman. Gimana, sudah siap untuk merombak desain rumahmu?

Baca Juga: 10 Tips Merawat Furnitur Kayu Ini supaya Jadi Awet dan Tahan Lama

Firda Widi Astuti Photo Verified Writer Firda Widi Astuti

Seorang insan yang berharap keberadaannya punya manfaat untuk sesama. | Instagram: @firdaus_wa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya