Comscore Tracker

5 Tips Sederhana Menata Meja Belajar yang Efisien di Ruang Sempit

Biar fokus dan tidak gampang terdistraksi

Menata meja belajar di ruangan yang sempit terkadang membutuhkan pertimbangan yang cukup. Ini supaya setiap bagian yang ada di ruangan tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik, sehingga ruangan jadi lebih efisien meskipun pada ukuran yang terbatas.

Kamu dapat mencatat lima tips berikut ini supaya ruang belajar lebih nyaman, efektif, dan mempermudah kegiatan meski ditaruh pada sudut yang sempit. Sederhana dan bisa dipraktikkan segera, lho!

1. Gunakan tema minimalis 

5 Tips Sederhana Menata Meja Belajar yang Efisien di Ruang Sempitilustrasi ruang belajar (pexels.com/Maria Orlova)

Penerapan gaya minimalis sangat cocok untuk membangun ruang belajar yang simpel tetapi efisien saat digunakan dalam bekerja, belajar, ataupun berkegiatan lainnya. Biasanya tipikal gaya seperti ini cocok digunakan termasuk pada ruangan sempit sekalipun.

Menata meja belajar dengan gaya minimalis akan membuat kamu lebih nyaman dan tidak gampang terdistraksi, mengingat ruang tersebut memang dipakai untuk berkonsentrasi penuh. Terlebih gaya yang satu ini didesain dengan mengutamakan kebutuhan agar lebih efektif, sehingga seluruh bagian ruang belajar akan terasa maksimal.

2. Kurangi furnitur tidak perlu di atas meja 

5 Tips Sederhana Menata Meja Belajar yang Efisien di Ruang Sempitilustrasi meja belajar (pexels.com/Cup of Couple)

Peletakan meja belajar di ruangan yang sempit mengharuskan kamu untuk meringkas barang-barang yang diperlukan. Itu karena luas meja yang tidak seberapa akan mengganggu konsentrasi ketika ruang tersebut dipakai untuk belajar atau bekerja dengan banyak furnitur.

Selain itu, dengan meminimalisir furnitur yang ada di permukaan meja belajar, maka kamu akan cenderung lebih leluasa. Konsep ini akan menghasilkan pemandangan meja yang rapi dan kamu pun bisa melakukan aktivitas seperti bekerja atau belajar secara lebih nyaman.

Baca Juga: 7 Inspirasi Desain Ruang Belajar Anak, Bikin si Kecil Semangat!

3. Tempatkan rak buku dekat meja belajar 

5 Tips Sederhana Menata Meja Belajar yang Efisien di Ruang Sempitilustrasi rak buku (pexels.com/George Milton)

Dalam usaha memaksimalkan sudut ruang belajar supaya lebih efisien, kamu juga dapat meletakkan rak buku di dekat meja utama. Dengan begini, maka bahan bacaan yang diperlukan bisa diambil dan ditata kembali dengan mudah.

Selain itu, menyimpan rak buku di dekat meja belajar akan membuat meja utama terbebas dari kelebihan furnitur yang kerap ditaruh sembarangan. Sudut belajar pun akan nampak rapi dan efektif untuk menunjang kegiatan kamu dalam bekerja atau bersekolah.

4. Pastikan meja belajar dekat dengan sumber cahaya 

5 Tips Sederhana Menata Meja Belajar yang Efisien di Ruang Sempitilustrasi ruang belajar (pexels.com/Rachel Claire)

Bila memungkinkan, sebaiknya taruh meja belajar di dekat sumber cahaya alami. Pemilihan ini akan lebih bermanfaat dari berbagai sisi, mulai dari kenyamanan hingga penggunaan listrik yang cenderung lebih hemat karena bisa mengandalkan cahaya matahari saat suasana masih terang.

Biasanya sudut terbaik yang dapat dipilih adalah di dekat jendela. Bukan cuma soal cahaya, sirkulasi udaranya pun cenderung lebih lancar sehingga kamu akan lebih relaks dalam menjalankan tugas-tugas seperti belajar maupun bekerja sepanjang hari.

5. Tempatkan meja di dekat akses listrik     

5 Tips Sederhana Menata Meja Belajar yang Efisien di Ruang Sempitilustrasi meja belajar dengan lampu (pexels.com/Polina Zimmerman)

Menempatkan meja belajar tidak bisa sembarangan dilakukan pada sudut yang kosong saja. Tetapi ada beberapa faktor yang perlu kamu perhatikan supaya kegiatan sehari-hari ini jadi lebih efisien dan mudah dilakukan.

Salah satu perhatian yang perlu kamu cek secara seksama adalah sumber listrik. Meletakkan meja belajar di dekat sumber listrik akan lebih memudahkan karena kamu bisa mengakses beberapa keperluan, seperti mengisi daya perangkat elektronik untuk menunjang pekerjaan atau belajar, hingga untuk menyalakan lampu ketika cahaya alami sudah meredup.

Manfaat lainnya sangat terasa karena kebutuhan ini dapat meringkas waktu supaya tidak terbuang lebih lama untuk mencari barang-barang tambahan untuk bisa mengakses sumber listrik yang berada di sudut lain. Jadi pastikan bahwa faktor satu ini sudah kamu pikirkan ketika hendak membangun ruang belajar.

Meskipun meletakkan meja belajar di ruangan terbatas namun jika penataannya sudah dipikirkan dengan seefektif mungkin, maka belajar bisa terasa sangat nyaman. Maka dari itu, kamu dapat memperhatikan lima tips di atas supaya tempat ini cocok dipakai untuk menunjang kegiatan sehari-hari.

Baca Juga: 9 Tips Dekorasi Ruang Belajar Simpel, Biar Makin Semangat Belajar

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya