Comscore Tracker

5 Kesalahan Menyimpan Barang yang Membuatnya Cepat Rusak

Jangan simpan produk kecantikan di tempat terbuka! 

Sebagian besar orang cenderung memutuskan untuk menyimpan sesuatu berdasarkan kenyamanan. Padahal, ada banyak faktor penting lainnya yang harus dipertimbangkan ketika memutuskan untuk menyimpan suatu barang. Suatu barang jika disimpan di tempat yang tidak tepat maka akan mempengaruhi kualitasnya. Hal ini tentunya akan menyebabkan barang tersebut cepat rusak. 

Untuk menghindarinya, berikut adalah lima kesalahan penyimpanan paling umum yang sebaiknya kamu hindari.

1. Menyimpan handuk di kamar mandi

5 Kesalahan Menyimpan Barang yang Membuatnya Cepat Rusakilustrasi handuk mandi (unsplash.com/Rinku Shemar)

Dari semua tempat yang ada di rumah, kamar mandi menjadi salah satu tempat yang akan menimbulkan masalah jika menyimpan barang-barang di dalamnya. Hal ini dikarenakan kamar mandi merupakan tempat yang sangat lembap.

Stok handuk bersih sebaiknya disimpan di luar kamar mandi, seperti di lemari. Jika kamu menyimpan handuk di kamar mandi, handuk tersebut kemungkinan akan terus-menerus terpapar kelembapan. Seiring berjalannya waktu, kelembapan akan menjadi penyebab timbulnya jamur.

2. Menyimpan produk kecantikan di tempat terbuka

5 Kesalahan Menyimpan Barang yang Membuatnya Cepat Rusakilustrasi produk kecantikan (unsplash.com/Jessica Johnston)

Menyimpan produk kecantikan pada tempat yang terbuka akan membuatnya lebih rentan terkena sinar matahari langsung. Panas matahari dapat mempersingkat produk kecantikan dan memengaruhi kualitasnya. Begitu juga dengan sikat rias, di tempat terbuka cenderung menarik kotoran dan bakteri yang tidak baik untuk kulit. 

Sebagian besar produk perawatan kulit dan kosmetik akan bertahan lebih lama jika disimpan di lokasi yang gelap, kering, aman dari kelembapan dan sinar matahari langsung. Kamu dapat menyimpannya di lemari atau laci yang bersih dan kering. Jika kamu tetap ingin meletakkannya di rak terbuka, maka pastikan jauh dari sinar matahari langsung.

Untuk sikat rias, bersihkan sesering mungkin dan simpan di wadah sikat rias atau kantong. Dengan begitu, mereka tidak akan terkena kotoran apa pun.

Baca Juga: 5 Trik Menyimpan Barang Lebih Banyak dan Tetap Rapi di Walk in Closet

3. Menyimpan barang-barang pantry di dalam kotak kemasannya

5 Kesalahan Menyimpan Barang yang Membuatnya Cepat Rusakilustrasi pantry (closetworksinc.com)

Pantry merupakan salah satu tempat yang biasanya dijadikan sebagai penyimpanan bahan makanan. Tempat ini membantu pencarian bahan makanan lebih mudah karena lebih rapi dan teratur.

Bahan makanan sebaiknya tidak dibiarkan untuk tetap berada di kemasannya dan disimpan begitu saja ke dalam pantry. Ini akan memungkinkan masuknya serangga atau hama dengan mudah ke dalamnya.

Sebaiknya, pindahkan bahan makanan yang akan disimpan di pantry ke dalam wadah kedap udara segera setelah membelinya dari toko. Tidak hanya membantu memperpanjang umur bahan makanan, kamu bahkan juga dapat menggunakan kembali wadahnya selama bertahun-tahun yang akan datang.

4. Menyimpan panci atau wajan anti lengket dengan saling menumpuk

5 Kesalahan Menyimpan Barang yang Membuatnya Cepat Rusakilustrasi tumpukan wajan (unsplash.com/Ra Dragon)

Mengetahui cara penyimpanan panci atau wajan yang benar sangatlah penting. Hal ini dikarenakan finish pada panci atau wajan antilengket cukup rapuh. Jika kamu menyimpannya dengan menumpuknya bersama-sama, maka lama kelamaan panci atau wajan tersebut akan lecet dan tergores. 

Agar hal ini tidak terjadi, cukup masukkan handuk kertas atau selembar kertas tisu di antara masing-masing wajan antilengket. Penghalang tipis akan membantu melindunginya dari goresan. 

5. Menyimpan foto lama dalam kotak sepatu

5 Kesalahan Menyimpan Barang yang Membuatnya Cepat Rusakilustrasi kotak sepatu (unsplash.com/Dan Cristian Pădureț)

Kotak sepatu tak terpakai biasanya menjadi pilihan untuk menyimpan foto-foto lama. Namun, sebenarnya ini bukanlah pilihan yang tepat. Kardus dapat menyebabkan foto menguning dan memudar dari waktu ke waktu.

Selain itu, kotak sepatu tidak menyediakan banyak ventilasi. Ketika foto terkurung di dalamnya, mereka sering menjadi korban kerusakan kelembapan dan pertumbuhan jamur. Untuk menghindari kerusakan, foto lama sebaiknya disimpan di dalam album khusus foto.

Penting untuk mempertimbangkan bagaimana kondisi lokasi penyimpanan tertentu dapat memengaruhi barang-barang kita. Lima daftar di atas akan membantumu menghindari kesalahan penyimpanan yang dapat mempercepat rusaknya barang.

Baca Juga: 8 Ide Tempat Tak Terduga Untuk Menyimpan Barang Berharga di Rumah

Sharma Khan Photo Verified Writer Sharma Khan

Cukup baca tulisanku tanpa harus tahu siapa aku

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya