Comscore Tracker

Tanpa Humidifier, Ini Cara Melembapkan Rumah dari Hawa Kering & Panas 

Udara makin terasa lembap dan sejuk!

Kelembapan udara yang tepat, bisa membuat suasana rumah menjadi semakin sejuk. Karena itu, kini banyak alat pelembap udara (humidifier) yang beredar di pasaran. Namun, kita juga bisa membuat pelembap udara secara alami dengan barang di rumah lho!

Dikutip dari berbagai sumber, berikut cara melembapkan rumah dari hawa kering dan panas. Cobain, deh!

1. Pelihara tanaman indoor di sudut ruang

Tanpa Humidifier, Ini Cara Melembapkan Rumah dari Hawa Kering & Panas unsplash/ Milada Vigerova

Apabila rumahmu sering terasa kering dan sumpek, kamu bisa memelihara tanaman indoor. Dijamin, rumahmu bakal selalu segar!

Ketika kita menyirami tanaman indoor secara teratur, tanaman akan melakukan fotosintesis dan menghasilkan uap air berupa oksigen. Hal inilah yang membuat banyak rumah memiliki tanaman indoor.

2. Buat pelembap alami dari spons cuci piring

Tanpa Humidifier, Ini Cara Melembapkan Rumah dari Hawa Kering & Panas unsplash/ Artem Makarov

Kamu juga bisa melembapkan udara dengan spons dan air, lho! Spons mampu menyerap air dalam jumlah besar, sehingga mampu melepaskan kelembapan secara maksimal ke udara. 

Untuk membuat pelembap alami ini, cukup celupkan spons dalam air dan biarkan air menyerap sebanyak mungkin. Setelahnya, masukkan spons ke dalam mangkuk terbuka atau kantong plastik. Jadi deh penyejuk buatan!

3. Biarkan pintu kamar mandi terbuka sehabis mandi air hangat

Tanpa Humidifier, Ini Cara Melembapkan Rumah dari Hawa Kering & Panas unsplash/Sidekix Media

Apakah kamu sering mandi dengan air hangat dari shower? Ketika selesai mandi, cobalah biarkan pintu kamar mandi tetap terbuka!

Air hangat yang kita gunakan untuk mandi, mampu menyebarkan uap air secara alami untuk menambahkan tingkat kelembapan ruangan. Simpel banget, kan?

Baca Juga: Ide Taman Belakang yang Bikin Rumah Sejuk & Keluarga Senang Berkumpul

4. Rebus air

Tanpa Humidifier, Ini Cara Melembapkan Rumah dari Hawa Kering & Panas qualityhomeaircare.com

Ketika kamu merebus sayuran, membuat mie instan, atau sekadar memasak air panas, sesungguhnya kamu juga sedang mengubah kelembapan udara secara alami lho! Dengan merebus, kita melepaskan kembali air ke udara.

Karena itu, ruangan semakin terasa lembap. Pastikan kamu membuka tutup panci rebusan, ya!

5. Keringkan pakaian di dalam rumah

Tanpa Humidifier, Ini Cara Melembapkan Rumah dari Hawa Kering & Panas qualityhomeaircare.com

Banyak orang senang menjemur pakaian di luar rumah supaya cepat kering. Padahal, ketika kita mengeringkan pakaian secara alami di dalam ruangan, kelembapan udara bisa semakin meningkat lho! 

Meskipun begitu, cara ini hanya berlaku untuk baju yang sudah melewati proses peras maksimal supaya air tidak berceceran. Selain itu, tetap letakkan baju di dekat jendela atau sumber matahari supaya tetap cepat kering.

6. Semprotkan air ke tirai jendela

Tanpa Humidifier, Ini Cara Melembapkan Rumah dari Hawa Kering & Panas qualityhomeaircare.com

Tirai rumah adalah objek yang menyaring langsung intensitas matahari. Nah, kamu bisa memanfaatkan tirai rumahmu ini untuk menjadi pelembap ruangan alami lho!

Caranya, cukup semprotkan air secukupnya ke tirai jendela. Panas matahari yang diserap tirai, akan melepaskan uap untuk menambah kelembapan ruangan secara alami.

7. Letakkan segelas air di dekat jendela

Tanpa Humidifier, Ini Cara Melembapkan Rumah dari Hawa Kering & Panas pexels/Castorly

Terakhir, kamu juga bisa menambah kelembapan udara hanya dengan meletakkan segelas air di jendela rumahmu, kok! Cara ini bisa kamu lakukan di siang hari. Air akan menyerap panas matahari dan mengeluarkan uap yang meningkatkan kelembapan.

Demikian trik melembapkan rumah secara alami dengan barang-barang yang ada di rumah. Sekarang rumahmu gak terasa sumpek dan kering lagi, kan?

Baca Juga: 9 Inspirasi Desain Rumah dengan Open Space, Adem & Hemat Listrik

Topic:

  • Klara Livia
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya