Comscore Tracker

5 Peralatan Elektronik yang Perlu Dimiliki Anak Kos biar Lebih Hemat

Jadi gak perlu laundry dan sering jajan

Sebagai anak kos, kelengkapan fasilitas di kos-kosan tentu memengaruhi kenyamananmu. Jika segala macam peralatan telah disediakan oleh pemilik kos, termasuk perlengkapan dapur, kamu gak perlu banyak menambah peralatan lain.

Namun jika fasilitas di kos-kosanmu terbilang minim, kamu perlu membawa sendiri sejumlah peralatan elektronik. Sekalipun kamu harus menambah biaya untuk listriknya, uang yang dapat dihemat lumayan juga. Dari daftar berikut, mana peralatan yang sudah kamu miliki?

1. Rice cooker

5 Peralatan Elektronik yang Perlu Dimiliki Anak Kos biar Lebih Hematilustrasi makan nasi (pexels.com/Vivaan Rupani)

Dengan adanya rice cooker, kamu bisa memasak nasi sendiri. Bila nasi sudah tersedia, dirimu tinggal membeli sayur dan lauk. Ini lebih hemat ketimbang kamu membeli nasi bungkus 3x sehari. 

Pun jika kamu lebih sering di kos-kosan, memasak nasi sendiri juga lebih praktis. Kamu jadi gak perlu keluar beli makan setiap 6 jam. Apabila kamu muslim, ini juga memudahkanmu buat bersantap sahur. Gak perlu keluar beli makanan sahur saat kamu masih mengantuk berat.

2. Dispenser atau teko pemanas air

5 Peralatan Elektronik yang Perlu Dimiliki Anak Kos biar Lebih Hematilustrasi membuat minuman (pexels.com/Mikael Blomkvist)

Ada kos-kosan yang menyediakan dispenser dan air galon secara gratis buat seluruh anak kos. Namun ada pula yang tidak. Padahal, kamu pasti sesekali ingin minum minuman hangat atau dingin. 

Ketimbang kamu harus membeli minuman panas atau dingin, kenapa tak membawa dispenser saja? Harga minuman panas atau dingin di luar kalau dikumpulkan dalam sebulan pasti lebih besar daripada tambahan biaya listrik saat kamu membawa dispenser.

Jika kamu tak terlalu suka minuman dingin atau harga dispenser lumayan mahal, beli saja teko pemanas air. Ini juga praktis dan mudah kamu bawa kapan pun hendak pindah kos-kosan. Kamu jadi bisa menyeduh mi juga.

Baca Juga: Harga Serba Naik, Ini 5 Jurus Berhemat untuk Anak Kos

3. Kompor listrik

5 Peralatan Elektronik yang Perlu Dimiliki Anak Kos biar Lebih Hematilustrasi memasak (pexels.com/Mike Jones)

Apabila kamu membawa kompor gas dan menyimpannya dalam kamar yang sempit serta kurang ventilasi, ini lebih berisiko kalau sewaktu-waktu terjadi ledakan. Jangan sampai kamu terjebak di kamar.

Kompor listrik lebih baik asalkan kamu menyesuaikannya dengan daya listrik kos-kosan. Belilah kompor listrik yang berdaya rendah supaya listrik kos-kosan gak anjlok. Jangan lupa langsung cabut kabelnya jika telah selesai digunakan. 

4. Setrika

5 Peralatan Elektronik yang Perlu Dimiliki Anak Kos biar Lebih Hematilustrasi menyetrika (pexels.com/cottonbro)

Meski ada banyak jasa laundry di sekitar kos-kosan, biayanya bakal besar kalau kamu gak pernah mencuci dan menyetrika sendiri. Padahal, harga setrika juga terjangkau. Menyetrika pakaian sendiri tidak akan merepotkan dengan catatan kamu mencicilnya.

Pun terkadang setrikaan laundry tak serapi harapan. Belum lagi apabila kamu gak bisa memilih pewanginya. Kamu mungkin tidak suka dengan baunya yang terlalu tajam, tapi tetap harus membayarnya.

5. Kipas angin

5 Peralatan Elektronik yang Perlu Dimiliki Anak Kos biar Lebih Hematilustrasi kipas angin (pexels.com/cottonbro)

Kipas angin penting dibawa jika kamarmu gak dilengkapi dengan AC. Jangan sampai kamu kegerahan di puncak musim panas sampai gak bisa tidur. Sesuaikan ukuran kipas angin dengan luas kamarmu. 

Sekalipun kipas anginnya tidak besar, ini telah cukup untuk menyegarkan kamarmu daripada sama sekali tak ada. Namun saat tidur, sebaiknya kipas angin dimatikan atau diputar sampai gak langsung mengenai tubuhmu.



Adanya peralatan elektronik di atas akan membuat tinggal di kos-kosan tidak terlalu berbeda dari di rumah. Dengan segala keterbatasannya, kebutuhan-kebutuhanmu masih dapat terpenuhi dengan baik. Sudah berencana mau beli yang mana?

Baca Juga: 7 Jenis Obat yang Harus Dimiliki Anak Kos, Wajib Ada!

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya