Comscore Tracker

7 Cara Update Dekorasi Dining Room dengan Budget Minim!

Dining room lebih berkelas, kantong tetap aman

Jika kamu berniat untuk memberikan sedikit perubahan dekorasi rumah, ruang makan atau dining room menjadi salah satu yang dipilih. Dekorasi dining room yang menawan bisa membuatmu merasa lebih nyaman dan percaya diri ketika kamu ingin menjamu tamu yang datang ke rumah. Selain itu, ruang makan yang nyaman dan elegan juga bisa membuatmu semakin senang menghabiskan waktu seharian.

Ada beberapa cara dari para ahli interior untuk membuat dekorasi dining room lebih baru dengan low budget bahkan tanpa budget tambahan. Tidak mau ketinggalan tipsnya? Simak artikel ini sampai selesai, ya!

1. Jangan membeli satu set meja makan, gunakan furnitur terpisah

7 Cara Update Dekorasi Dining Room dengan Budget Minim!inspirasi dekorasi ruang makan (homesandgardens.com)

Membeli satu set furnitur meja makan bersama kursi-kursinya pastinya akan memerlukan lebih banyak budget yang harus dikeluarkan. Untuk itu, kami bisa coba menyiasati furnitur baru untuk meja dan kursi makan ini yang dibeli terpisah.

Jika merujuk saran dari Jessica Hubner, pendiri Hubner Studio seperti contoh di atas, kamu bahkan bisa coba menggunakan kursi busa lama, kemudian dua kursi tunggal lainnya yang dicat ulang agar terlihat baru. Menciptakan dining nook berkelas, namun harga lebih ramah di kantong.

2. Hidupkan karakter dining room dengan ciptakan gallery wall

7 Cara Update Dekorasi Dining Room dengan Budget Minim!inspirasi dekorasi ruang makan (instagram.com/arborand.co)

Kunci dekorasi satu ini bisa selalu ingat terlepas dari ruang mana saja yang akan kamu dekorasi. Jika ingin memberikan suasana baru ketika mendekorasi sebuah ruangan, tips paling dasar dengan memberi lebih banyak karakter pada ruangan tersebut.

Memberikan banyak pajangan di dinding yang tadinya kosong, membuatnya tampak seperti galeri seni mulai dari foto figura biasa, hingga item dekoratif unik. Ini  jelas akan membuat dekorasi dining room-mu terlihat lebih bernyawa.

3. Cat dinding dengan warna lebih fresh terutama bold color

7 Cara Update Dekorasi Dining Room dengan Budget Minim!inspirasi dekorasi ruang makan (instagram.com/thistimeincolour)

Melakukan dekorasi dengan hanya memberi warna cat baru pada ruangan merupakan ide paling mudah sekaligus cenderung selalu aman di kantong. Agar suasana di ruang makanmu lebih fresh dan memiliki pesona berbeda, kamu bisa langsung memilih palet warna cat dinding yang lebih berani.

Pilihlah warna-warna terang. Kamu bisa langsung memikat tamu yang kamu jamu di atas meja makan tersebut. Warna bold identik dengan suasana lebih membahagiakan.

Baca Juga: 9 Ide Dekorasi Kamar dengan Tempat Tidur Kayu, Bisa Menghemat Budget

4. Beri lebih banyak warna pada bagian lantai

7 Cara Update Dekorasi Dining Room dengan Budget Minim!inspirasi dekorasi ruang makan (downtherabbitholewines.com.au)

Tidak hanya dari pemilihan furnitur maupun dekorasi dinding, kamu bisa meng-upgrade dekorasi dining room dari bagian lantai. Misalnya, fokus hanya pada memberi lebih banyak corak untuk jenis keramiknya.

Namun, untuk mengganti keramik pasti budget-nya lebih mahal. Kamu bisa coba dengan memasang permadani atau karpet dengan corak dan warna yang keren di dining room-mu. Akan sangat cocok untuk menciptakan rumah bertema desain mediteranian atau California classic, nih!

5. Dekorasi dari segi lampu pencahayaan

7 Cara Update Dekorasi Dining Room dengan Budget Minim!inspirasi dekorasi ruang makan (instagram.com/onceuponabungalow)

Cara lain untuk membuat dekorasi berbeda di dining room bisa dengan memberi lebih banyak pencahayaan. Mulai dari lampu gantung menawan di atas meja makan atau lampu-lampu sederhana yang mungkin lebih pas untuk budget minim.

Gunakan lampu meja atau lampu yang bisa diletakkan di sudut lain namun tetap memancarkan keindahan. Jangan ragu menggunakan lampu yang biasanya hanya terlihat di ruang tamu. Harganya juga cenderung bisa lebih murah, dibandingkan lampu liontin (gantung).

6. Gunakan wallpaper di salah satu sisi dining room

7 Cara Update Dekorasi Dining Room dengan Budget Minim!inspirasi dekorasi ruang makan (homesandgardens.com)

Jika kamu masih menyimpan wallpaper sisa dari ruangan lain, kamu bisa memanfaatkannya untuk dekorasi dining room ini. Tempelkan wallpaper cukup di salah satu sisi dinding ruang makan saja. Maka, sebenarnya kamu sudah cukup memberikan statement pada ruang.

Wallpaper bercorak yang digantung sebagai latar dinding meja makan bisa memberikan suasana yang lebih mencolok. Memberi lebih banyak karakter pada dinding polos yang mungkin sebelumnya mungkin terkesan terlalu biasa.

7. Warnai furnitur dengan cat

7 Cara Update Dekorasi Dining Room dengan Budget Minim!inspirasi dekorasi ruang makan (homesandgardens.com)

Cara mudah sekaligus murah lainnya untuk memperbaharui dekorasi ruang makan ini adalah dengan mewarnai furnitur di ruangan itu sendiri. Mungkin budget yang kamu miliki memang belum cukup untuk membeli perabotan baru. Kamu bisa coba beri perubahan pada item yang udah ada dengan cat menggunakan warna lebih terang yang terkesan dramatis sekaligus chic. Kreasikan juga pengecatan warna ini dengan warna-warna berbeda pada setiap bagian sudut furniturnya. Misalnya antara tempat untuk duduk dengan kaki kursinya.

Beberapa ide cemerlang di atas bisa mulai kamu terapkan untuk menciptakan hunian lebih indah terutama pada bagian ruang makan. Untuk mendekorasi yang hemat budget pada dasarnya yang harus kamu perhatikan adalah berpikir kreatif melihat peluang berbagai benda dan cara dekoratif untuk diterapkan. Bahkan, tidak harus selalu membeli yang baru, kamu bisa membuat sebuah benda menjadi terlihat baru dengan sedikit keahliaan berkreasi. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: 10 Tips Dekorasi Dining Nook, Solusi Menghemat Ruang di Rumah Mungil

Nadhifa Salsabila K Photo Verified Writer Nadhifa Salsabila K

Pencinta literasi penyuka fiksi, menulis kapan dan dimana saja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya