Comscore Tracker

6 Rekomendasi Model Plafon untuk Rumah Minimalis Modern

Opsi materialnya tak sebatas gipsum

Material dan desain plafon atau ceiling akan mempengaruhi nuansa bangunan. Misalnya, rumah-rumah klasik akan lebih cocok dibangun dengan model dropped ceiling atau multi-level yang dilengkapi detail dekoratif macam ukiran.

Sebaliknya, jika mendambakan rumah berkonsep minimalis modern, kamu akan cenderung melirik model plafon rumah lebih sederhana. Sederhana bukan berarti hanya gipsum yang dipasang rapi begitu saja.

Ada banyak format dan opsi material lain yang bisa kamu jelajahi. Bisa jadi inspirasimu saat membangun hunian, berikut beberapa rekomendasi model plafon untuk rumah minimalis modern.

1. Gipsum dan rooflight

6 Rekomendasi Model Plafon untuk Rumah Minimalis Modernplafon dengan rooflight (instagram.com/stellarooflight)

Kamu bisa  memakai material konvensional, seperti gipsum, yang dicat putih bersih. Pasang rapi dan beri tambahan rooflight atau semacam kaca untuk akses cahaya alami. Ini akan membuat rumah terasa terang dan lebih nyaman

Rooflight bisa jadi pengganti lampu tanam yang biasanya dipasang di plafon-plafon bangunan komersial macam hotel, pusat perbelanjaan, dan kantor. Lebih hemat energi dan nyaman, lho.

2. Kombinasi gipsum dan wood beams 

6 Rekomendasi Model Plafon untuk Rumah Minimalis Modernplafon kayu dan gipsum (instagram.com/thedesignfiles)

Supaya plafon gipsum di rumah lebih estetik, kamu bisa menambahkan wood beams atau rangka dari kayu solid. Model ini banyak diadopsi rumah-rumah modern masa kini. 

Perpaduan gipsum putih polos dengan wood beams yang antik menciptakan harmoni di rumahmu. Ideal untuk yang ingin membuat ruangan bertema mid-century modern atau bahkan Japandi, perpaduan Jepang dan Skandinavia. 

3. Wood beams yang super estetik 

6 Rekomendasi Model Plafon untuk Rumah Minimalis Modernwood beams di plafon rumah (instagram.com/dwellmagazine)

Jika ingin berbeda dan jauh lebih estetik, kamu bisa mencoba plafon wood beams yang dipasang berjajar. Pemilihan warna kayu ternyata juga berpengaruh.

Dengan tone terang, plafon jadi lebih cocok untuk konsep rumah minimalis modern ala Skandinavia. Apalagi kalau diserasikan dengan perabot dan material lantainya. Tinggal padu dengan dinding-dinding putih polos. 

Baca Juga: 5 Jenis Plafon Terbaik untuk Rumah Model Minimalis, Jangan Asal!

4. Panel kayu ala rumah kabin 

6 Rekomendasi Model Plafon untuk Rumah Minimalis Modernplafon kayu (instagram.com/dwellmagazine)

Plafon panel kayu mungkin tidak begitu lumrah kita temukan di Indonesia. Ini karena harga kayu cukup mahal dibandingkan gipsum. Namun, secara estetika memang beda jauh. 

Panel kayu menciptakan suasana hangat dari warnanya. Ia menjadi insulator alami yang menstabilkan temperatur dalam rumah. Tentunya untuk kebutuhan elemen bangunan, kayu solid lebih disarankan. 

5. Wood slats yang berikan kesan mewah 

6 Rekomendasi Model Plafon untuk Rumah Minimalis Modernplafon panel kayu (instagram.com/thedesignfiles)

Selain dipasang biasa dengan jarak minimal, beberapa desainer menyulap kayu menjadi wood slats atau panel berjarak. Wood slats cukup fleksibel. Jadi bahan pelapis daun pintu sampai dipasang di plafon pun boleh. 

Memang akan memberikan kesan mewah otomatis di ruangan. Namun, perhatikan pula perawatannya, mengingat ia berongga, maka proses pembersihannya pun cukup rumit.

6. Metal beams untuk rumah minimalis industrial 

6 Rekomendasi Model Plafon untuk Rumah Minimalis Modernplafon industrial (instagram.com/dwellmagazine)

Metal beams mungkin jauh dari bayanganmu saat bicara model plafon. Namun, ternyata bisa dipasang sebagai elemen hunian, kok. Seperti rumah di atas yang sengaja memasang rangka-rangka logam di bagian plafon sebagai aksen. 

Tak hanya berfungsi sebagai dekorasi, metal beams di ruangan tersebut dimanfaatkan pula untuk menggantung lampu. Unik tapi tak kelewat aneh. Boleh ditiru, nih!

Risih dengan plafon rumahmu yang mulai rembes, berjamur, atau desainnya tak lagi relevan dengan seleramu? Langsung niatkan renovasi, yuk. Pakai salah satu dari referensi model plafon rumah di atas, ya. 

Baca Juga: 11 Cara Mengusir Tikus dari Plafon Rumah, Dijamin Gak Bakal Balik Lagi

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya