Comscore Tracker

5 Tips Menciptakan Suasana Sehat di Rumah, Sirkulasi Udara Harus Tepat

Demi kesehatan fisik dan mentalmu, lho

Rumah jadi pelarian paling tepat untuk beristirahat dan menenangkan diri. Apalagi di saat pandemik virus corona seperti ini, sebagian besar waktumu dihabiskan di dalam rumah. Dengan begitu, sangat penting untuk membuat hunian terasa lebih nyaman dan sehat.

Menciptakan suasana sehat di rumah tentu bukan hal yang mudah. Perlu niat dan usaha yang cukup ekstra. Nah, biar kesehatan tubuh dan mentalmu terjaga selama di rumah, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membuat hunianmu terasa lebih sehat.

1. Kurangi material berbahan zat kimia  

5 Tips Menciptakan Suasana Sehat di Rumah, Sirkulasi Udara Harus Tepatelledecor.com

Pemilihan material pada desain rumah nyatanya juga mempengaruhi, lho. Untuk mendapatkan suasana sehat yang maksimal, pastikan material dan perabotan yang kamu punya bebas dari zat kimia berbahaya.

Banyak material pada rumah yang mengandung zat kimia berbahaya. Hindari atap asbes, karena sangat tak direkomendasikan. Begitu pula dengan cat dan thinner yang mengandung zat kimia. Teliti terlebih dahulu sebelum menggunakan material tersebut, ya.

2. Perbanyak akses pencahayaan alami  

5 Tips Menciptakan Suasana Sehat di Rumah, Sirkulasi Udara Harus Tepatroofingoutlet.co.uk

Selain pemilihan material desain rumah, pastikan cahaya matahari bisa menembus masuk ke dalam rumah. Walaupun lampu cukup membuat ruangan tampak terang, cahaya matahari alami memberikan dampak baik untuk kesehatanmu.

Untuk merealisasikan hal ini caranya cukup mudah. Pastikan kaca jendelamu tak terlalu gelap agar tak menghalangi cahaya yang masuk. Selain itu, hindari menggunakan tirai yang terlalu tebal pula. Dengan begitu, rumah tak akan terasa lembab dan lebih sejuk.

Baca Juga: 5 Cara Mengecat Rumah Agar Dinding Tampil Beda, Rumah Pun Bikin Betah!

3. Sediakan ventilasi udara yang cukup  

5 Tips Menciptakan Suasana Sehat di Rumah, Sirkulasi Udara Harus Tepatestliving.com

Tak hanya pencahayaan saja yang perlu diperhatikan, tapi juga ventilasi udara. Dengan adanya sistem sirkulasi udara yang baik, kesehatanmu juga bakal terjaga, lho. Jika memungkinkan, terapkan sistem cross ventilation agar udara bisa keluar dan masuk dengan lancar.

Apabila kekurangan ventilasi udara, kamu bisa menggunakan kipas angin atau AC. Perlu diingat, penggunaan AC yang berlebihan juga tak baik buat kesehatanmu. Kipas angin dirasa lebih baik digunakan dibandingkan AC.

4. Letakkan tanaman di ruangan  

5 Tips Menciptakan Suasana Sehat di Rumah, Sirkulasi Udara Harus Tepatflymeso.com

Keberadaan tanaman ke dalam ruangan membuat suasana tampak asri dan segar. Dengan adanya tanaman, kualitas udara di dalam rumah dijamin semakin baik. Sebab, tanaman membantu mengatur temperatur dan kelembapan udara agar tetap bersih.

Selain membuat rumah makin estetik, tanaman juga bisa jadi media relaksasi yang ampuh, lho. Warnanya yang hijau membuat rasa stres dan jenuh jadi hilang, sehingga kesehatan mentalmu terjaga. Cobalah memberikan ruang untuk tanaman di dalam rumahmu, ya!

5. Buang barang yang tak diperlukan  

5 Tips Menciptakan Suasana Sehat di Rumah, Sirkulasi Udara Harus Tepatmymodernmet.com

Cara satu ini wajib dilakukan secara berkala, agar rumahmu tetap bersih. Meskipun telah mengeluarkan dana cukup besar, perabotan dan barang dalam rumah yang sudah tak dipakai sebaiknya dibuang. Selain jadi bersih, rumah terbebas dari bakteri dan kuman.

Seleksilah barang-barangmu secara teliti. Apabila masih dibutuhkan, simpan di tempat yang jauh dari jangkauan kotoran dan debu. Sediakan lemari khusus untuk menyimpan barang-barang tersebut. Semprotkan pula cairan disinfektan jika diperlukan.

Itu dia beberapa tips praktis menciptakan suasana hunian yang sehat dan nyaman. Dengan begitu kamu bakal merasa lebih betah saat berada di rumah. Hunian yang sehat bisa mempengaruhi kesehatan fisik dan mentalmu, lho.

Baca Juga: Bikin Sulit Istirahat, 5 Benda Ini Tidak Boleh Ditaruh di Kamar Tidur

Opal Opal Photo Verified Writer Opal Opal

I have a lot of things inside my head so that I love writing about everything based on my ideas, highly-enthusiastic seeks out new challenges and gains more knowledges.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya