Comscore Tracker

5 Cara Merawat Tas Kulit Biar Gak Gampang Berjamur

Ternyata gak susah lho!

Memiliki tas berbahan kulit memang sangatlah istimewa. Bukan hanya karena kualitasnya, tapi juga istimewa dalam hal perawatannya. Orang seringkali enggan memiliki tas kulit karena berpikir akan mengalami kesulitan saat merawatnya. Bukan hanya ketakutan mudah mengelupas, masalah jamur juga rentan sekali menyerang tas kulit.

Sebenarnya merawat tas kulit gak sulit dan gak ribet sama sekali. Kita hanya perlu melakukan beberapa rutinitas sederhana demi menjaga agar tas kulit tidak berjamur. Berikut beberapa cara merawat agar tas kulit awet dan terbebas dari masalah jamur.

1. Simpan tas di tempat yang memiliki sirkulasi udara baik

5 Cara Merawat Tas Kulit Biar Gak Gampang Berjamurfutureloka.com

Hal utama yang penting untuk diperhatikan adalah tentang cara penyimpanannya. Cobalah untuk menyimpan tas di tempat dengan sirkulasi udara yang baik. Jamur akan mudah tumbuh jika berada di tempat tertutup dan lembap. Oleh karena itu, tempat penyimpanan tas pun menjadi poin penting jika ingin tetap awet dan bebas dari jamur.

2. Rajinlah memeriksa dan membersihkan isi tas

5 Cara Merawat Tas Kulit Biar Gak Gampang Berjamurgetsready.com

Seringkali kita memasukkan berbagai macam barang ke dalam tas. Bukan hanya benda-benda umum seperti dompet, ponsel, atau buku, tapi terkadang kita juga memasukkan makanan ataupun bungkus plastik. Benda-benda semacam ini jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama akan membuat tas kotor dan rentan jamur. Rajinlah mengeluarkan isi tas dan membersihkannya agar tas terbebas dari jamur hingga mengalami kerusakan.

Baca Juga: 10 Benda yang Wajib Ada di Dalam Tas Bug-Out untuk Menghadapi Bencana

3. Gunakan penyerap kelembapan (silica gel)

5 Cara Merawat Tas Kulit Biar Gak Gampang Berjamurbahanpengawet.com

Selain menyimpan tas di tempat dengan sirkulasi udara baik, yang tidak kalah penting adalah juga membiarkan tas berada di luar ruang penyimpanan. Gantunglah tas di luar ruangan selama beberapa jam pada siang hari untuk menjaganya tetap kering.

Usahakan tas tidak langsung terkena sinar matahari agar tidak terkelupas. Setelah itu baru simpan tas kembali dalam bag kain dan beri silica gel untuk menjaga kelembapannya agar terbebas dari jamur.

4. Segera keringkan tas saat basah

5 Cara Merawat Tas Kulit Biar Gak Gampang Berjamurjustrandom-rin.blogspot.com

Saat memakai tas, kita terkadang tidak bisa menghindari beberapa situasi yang sifatnya tidak terduga. Seperti tas jadi basah karena kehujanan atau malah tersiram air. Hal pertama yang harus segera dilakukan adalah mengeringkannya.

Gunakan lap kain kering dan hindari memakai kertas tisu karena serpihannya dapat menempel pada tas. Pastikan mengelap tas sesuai dengan alur serat bahannya. Boleh saja jika ingin dijemur, tapi jangan sampai terkena sinar matahari langsung.

5. Gunakan lotion anti jamur

5 Cara Merawat Tas Kulit Biar Gak Gampang Berjamurklinikmode.com

Satu hal penting yang juga tidak boleh ketinggalan adalah menggunakan lotion anti jamur usai membersihkannya. Setelah tas dijemur atau diangin-anginkan, ada baiknya dipoles terlebih dulu dengan pelembab khusus bahan kulit. Selepas beberapa saat barulah simpan tas kembali di tempat penyimpananmu.

Nah, itu tadi beberapa cara merawat tas kulit agar terbebas dari masalah jamur. Mudah kan?

Baca Juga: 4 Tips Merawat Mukena, Biar Ibadah Tarawih Kamu Selalu Nyaman

Tyas Photo Community Writer Tyas

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You