Comscore Tracker

Buat yang Pertama Kali Bikin Garage Sale, Wajib Ikutin 7 Tips Ini

Daripada numpuk di gudang, mending dijadikan uang!

Lagi beres-beres kamar, eh ketemu kardus yang isinya barang-barang yang enggak kamu pakai lagi, kayak baju yang udah kekecilan, atau barang kenangan dari mantan pacar, Hihihi. Mau dibuang, tapi sayang soalnya kondisinya masih lumayan bagus. Tapi kalau disimpan, menuhin lemari lagi, deh. Mendingan, kamu bikin garage sale, yaitu suatu kegiatan menjual kembali suatu barang yang sebelumnya sudah terpakai, alias jual barang bekas atau second. Gimana caranya, tuh?

1. Pilah barang-barang yang mau kamu jual

Buat yang Pertama Kali Bikin Garage Sale, Wajib Ikutin 7 Tips Inimariodesantis.com

Bongkar isi lemari atau kardus kamu, dan mulai memilah barang-barang yang mau kamu jual. Kenapa harus dipilah? Karena, enggak semua barang bisa dijual kembali.

2. Cek kondisi barang

Buat yang Pertama Kali Bikin Garage Sale, Wajib Ikutin 7 Tips Inicontrastly.com

Cek kelayakan barang yang mau kamu jual lagi. Walaupun barang bekas, kondisi tetap harus diperhatikan. Kan mau dijual dan dibeli orang lain. Semisal sedikit berdebu, dilap pakai kain dengan sedikit air. Cek juga apakah masih bagus, sudah berjamur, berkarat atau sudah digigitin tikus. Hihihi

3. Berikan harga yang sesuai

Buat yang Pertama Kali Bikin Garage Sale, Wajib Ikutin 7 Tips Ininogettingoffthistrain.com

Ini poin penting yang harus diperhatikan. Kita enggak mungkin memberikan harga pada barang dagangan kita selayaknya barang baru. Dan juga kita jangan memberikan harga jeblok hanya karena barang kita 'second'. Tipsnya, coba cari referensi harga untuk barang tersebut, lalu ambillah rentang harga disekitar harga tersebut.

4. Jual secara online dan promosikan

Buat yang Pertama Kali Bikin Garage Sale, Wajib Ikutin 7 Tips Inibalbazar.com

Manfaatkan media sosial yang kamu punya untuk menjual barang-barangmu, dan sekalian promosinya. Terbukti ampuh lo untuk mempercepat proses transaksi. Kamu tinggal upload, share dan jutaan orang di dunia ini udah bisa lihat barang daganganmu, deh.

5. Kalau dijual secara online, berikan Foto dan juga deskripsi jujur mengenai barang tersebut

Buat yang Pertama Kali Bikin Garage Sale, Wajib Ikutin 7 Tips Inikompasiana.com

Kekurangan dari jualan secara online adalah customer atau orang yang mau beli barang kita, enggak bisa melihat kondisi barang secara langsung. Itu sebabnya, kamu wajib banget buat mencantumkan sejelas dan sebenar-benarnya mengenai kondisi barang. Boleh sih sedikit memberikan nilai jual 'lebih' ke barang dagangan kita. Tapi jangan sampai menipu banget, ya. Hehehe

6. Coba jual offline dengan membuka lapak di tempat dan waktu yang strategis

Buat yang Pertama Kali Bikin Garage Sale, Wajib Ikutin 7 Tips Iniyelp.com

Kurang puas jual lewat online? Buka saja lapak dan gelar semua dagangan kamu. Cari tempat-tempat strategis yang cocok dan dibolehkan untuk jualan. Contohnya, saat car free day mungkin? Ngejualnya enggak selalu gelar tikar gitu, lho. Kamu bisa pakai bagasi mobil kamu buat jualan. 

7. Perbolehkan konsumen untuk nego alias nawar

Buat yang Pertama Kali Bikin Garage Sale, Wajib Ikutin 7 Tips Inibbc.co.uk

perbolehkan customer untuk menawar barang daganganmu. Yang perlu kamu perhatikan adalah, perhatikan kondisi barang anda. Jika dirasa masih bisa dibeli dengan harga yang sedikit lebih tinggi, maka pertahankan. Hitung untung rugi jika customer menawar dengan harga yang ditawarkannya.

Itulah beberapa tips yang pasti berguna banget. Semoga garage sale nya lancar, ya!

Putri Aisya Pahlawani Photo Verified Writer Putri Aisya Pahlawani

20% princess, 80% ordinary human

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya