Comscore Tracker

Mitos Origami 'Lucky Star', yang Konon Bisa Kabulkan Keinginan

Lucky star identik dengan harapan. Apakah kamu mau coba membuatnya?

Jujur saja, kamu pasti suka memandangi bintang dari teras rumah. Iya, kan? Bintang memang memiliki kesan tersendiri bagi penikmatnya, yang pada dasarnya melambangkan sebuah ‘harapan’. Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan mitos yang mengatakan :

Buatlah permohonan ketika melihat bintang jatuh, maka permohonan tersebut akan terkabul

Mungkin, beberapa dari kitapun pernah melakukannya. Terlepas dari mendahului kuasa Sang Pencipta, sederhananya, sebagai seorang manusia biasa, kita pasti memiliki setidaknya satu keinginan yang begitu mendalam. Namanya juga harapan, ya wajar saja berkeinginan untuk diwujudkan.

Sepertinya, itulah mengapa origami bintang atau yang juga dikenal sebagai ‘Lucky Star’ begitu identik dengan ‘harapan’. Konon, dulu ada sepasang kekasih di Jepang yang tidak bisa menikah lantaran terhalang restu keluarga. Merekapun membuat 1000 origami bintang, dengan harapan supaya bisa menikah, karena mitosnya "Jika kita membuat 1000 origami bintang sambil mengucapkan atau memikirkan satu harapan kita, maka harapan tersebut akan terkabul,". Dan, ternyata harapan itu benar menjadi kenyataan! Yah, namanya juga mitos, terserah kamu untuk percaya ataupun tidak. Namun tak dapat dipungkiri pula, ada filosofi mendalam dari 1000 origami bintang tersebut: kesungguhan, ketulusan, dan perjuangan.

Kisah lucky star yang melegenda di Jepang.

Mitos Origami 'Lucky Star', yang Konon Bisa Kabulkan Keinginanpinterest.com

Berkisah di Jepang, pada zaman dahulu, ada seorang gadis kecil bernama Hoshi, yang suka sekali pada bintang di langit. Dia bahkan rela berbaring semalaman di rerumputan untuk sekedar menikmati pendar bintang selama berjam-jam. Suatu malam, ketika sedang menatap bintang, dia melihat sesuatu yang membuatnya sedih hingga ingin menangis. Bintang-bintang berjatuhan dari langit! Karena begitu banyak bintang jatuh saat itu, diapun takut jika langit kelak akan kehabisan bintangnya.

Tiba-tiba, dia mendapat sebuah ide. Hoshi berlari pulang, dan kembali dengan sebuah toples dan beberapa lembar kertas. Lalu, dia duduk untuk melihat bintang lagi. Untuk setiap satu bintang yang jatuh, Hoshi membuat satu buah bintang dari kertas dan menyimpannya ke dalam toples. Pada malam itu, dia membuat 100 bintang kertas. Sayangnya, dia masih saja merasa sedih karena ternyata masih banyak bintang yang berjatuhan dari langit, dan diapun tidak sanggup untuk melipat bintang kertas sendirian.

Pada malam berikutnya, hanya ada sedikit bintang di langit. Hoshi pun cemas, tapi dia lantas punya ide lain. Dia berlari ke rumah-rumah di desanya, mengetuk satu-persatu pintu, dan mengajak semua anak-anak, baik perempuan ataupun laki-laki, untuk bergabung dengannya. Dia menjelaskan apa yang terjadi pada bintang-bintang di langit, dan merekapun setuju untuk membantunya. Sehingga, pada malam itu, mereka berhasil membuat 2000 bintang, yang kemudian di simpan di toples-toples mereka masing-masing.

Lalu, hal mengejutkan terjadi! Bintang demi bintangpun mulai bermunculan kembali di langit, anak-anak itupun sontak girang. Hoshi berkata, “Bintang-bintang ini beruntung karena kita. Mulai dari sekarang, bintang kertas ini akan disebut sebagai bintang keberuntungan.” Hoshi kemudian melihat ke langit dan berkata, “Setiap kali satu bintang kertas dibuat, maka satu bintang jatuh akan terselamatkan.”

Bintang-bintang ini beruntung karena kita. Mulai dari sekarang, bintang kertas ini akan disebut sebagai bintang keberuntungan.

Anak-anak itu sekarang sudah tumbuh dewasa, tapi mereka masih tetap membuat bintang-bintang keberuntungan dan menyimpannya di dalam sebuah toples. Walaupun mereka telah membawa keberuntungan pada bintang jatuh, namun, sejatinya, bintanglah yang membawa mereka pada keberuntungan.

Bagi kamu yang penasaran bagaimana sih caranya membuat origami bintang atau ‘Lucky Stars’, kamu bisa banget ikuti panduan praktis dalam video tutorial berikut. Jangan lupa siapkan kertas origami ya!

https://www.youtube.com/embed/u4Woj9oP3AI

Selain itu, jumlah origami 'Lucky Stars' yang dibuat atau diberikan pada seseorang, juga memiliki makna tersendiri loh. Misal, jika jumlahnya:

  • 1 bintang, bermakna 'The only one'
  • 2 bintang, bermakna 'Happy Couple'
  • 9 bintang, bermakna 'Love for a long time'
  • 55 bintang, bermakna 'Love you with no regrets'
  • 99 bintang, bermakna 'May the friendship/love lasts forever'
  • 101 bintang, bermakna 'You are the one'
  • 365/366 bintang, bermakna 'Whole year blessing'
  • 520 bintang, bermakna 'I love you'
  • 548 bintang, bermakna 'Can't stop loving you'
  • 999 bintang, bermakna 'Endless love'
  • 1314 bintang, bermakna 'Eternity love'.

Jadi, kamu mau ngasih berapa bintang untuk si dia?

Mitos Origami 'Lucky Star', yang Konon Bisa Kabulkan Keinginanastropolitics.org

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya