Comscore Tracker

5 Tips Menciptakan Suasana Rumah yang Menyegarkan, Hilangkan Stres!

Lumayan, tidak perlu healing ke luar rumah, kan?

Rumah adalah tempat yang menyimpan beragam cerita kehidupan seseorang. Tempat ini jadi saksi perjuangan, kisah senang mau pun sedih, serta berbagai peristiwa bersejarah lainnya. Oleh sebab itu, keberadaan rumah harus dirawat dengan baik agar bisa tetap nyaman untuk ditinggali.

Salah satu faktor yang menyebabkan sebuah rumah sangat menyenangkan untuk dihuni adalah berkat suasana yang menyegarkan. Lantas, bagaimana cara menciptakan suasana tersebut? Tenang, berikut ada tips bermanfaat yang bisa kamu terapkan.

1. Optimalkan pencahayaan alami

5 Tips Menciptakan Suasana Rumah yang Menyegarkan, Hilangkan Stres!ilustrasi skylight (pexels.com/Tom Balabaud)

Cahaya matahari merupakan sumber energi yang baik dan bisa membuat suasana hati lebih ceria. Oleh sebab itu, mengoptimalkan paparan cahaya alami tersebut dalam rumah bisa membuat kondisi hunian lebih cantik dan menyegarkan karena seolah berada di ruang terbuka.

Kamu bisa membawa sebanyak mungkin cahaya alami ke dalam rumah dengan menggunakan skylight, void, atau pun jendela kaca. Dengan paparan cahaya matahari yang cukup, suasana rumah akan terlihat lebih hidup dan nyaman untuk ditinggali.

2. Letakkan tanaman hijau dalam ruangan

5 Tips Menciptakan Suasana Rumah yang Menyegarkan, Hilangkan Stres!ilustrasi menghias ruangan (pexels.com/Karolina Grabowska)

Tanaman hijau tidak pernah gagal untuk memanjakan mata. Warnanya yang menyegarkan tentu akan membuat suasana rumah lebih sejuk dan indah. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk meletakkan beberapa tanaman di titik-titik tertentu sebagai pemanis ruangan.

Supaya fungsinya lebih maksimal, sebaiknya kamu memilih tanaman yang bisa sekaligus berperan sebagai pembersih udara, seperti jenis lidah mertua, lidah buaya, dan sirih gading. Selain memberikan aksen yang cantik, udara di dalam ruangan juga lebih sehat.

Baca Juga: 9 Desain Rumah Tradisional dari Berbagai Negara, Ada Rumah Gua!

3. Pakai kipas angin dari pada air conditioner

5 Tips Menciptakan Suasana Rumah yang Menyegarkan, Hilangkan Stres!ilustrasi kipas angin (pexels.com/Caio)

Sirkulasi udara yang sehat berperan penting untuk membuat rumah terasa lebih segar. Selain ketersediaan ventilasi yang cukup, penggunaan pendingin ruangan juga bisa membantu untuk mengatur suhu dengan lebih baik.

Penggunaan kipas angin lebih disarankan dari pada air conditioner karena lebih ramah lingkungan dan hemat listrik. Selain itu, angin yang dihasilkan juga sepoi-sepoi, sehingga memberikan kesan sejuk yang alami.

4. Perbanyak tanaman di halaman rumah

5 Tips Menciptakan Suasana Rumah yang Menyegarkan, Hilangkan Stres!ilustrasi halaman rumah yang asri (pexels.com/Max Vakhtbovych)

Rumah yang segar bisa diperoleh apabila lingkungan sekitarnya asri, sehingga memberikan kesan sejuk hingga ke dalam rumah. Oleh sebab itu, memperbanyak tanaman di halaman rumah, terutama jenis pohon yang tinggi bisa membuat halaman lebih teduh.

Halaman yang tampak asri dengan banyak tanaman dan pepohonan juga terkadang menjadi rumah bagi burung-burung liar untuk singgah sejenak. Kicauan yang muncul ditambah pemandangan serbahijau tentu akan membuat kesan nyaman dan menyegarkan mata.

5. Pakai aromaterapi

5 Tips Menciptakan Suasana Rumah yang Menyegarkan, Hilangkan Stres!ilustrasi lilin aromaterapi (unsplash.com/Dan Smedley)

Sebagai sentuhan terakhir untuk membuat rumah terkesan lebih segar, jangan lupa untuk memberikan unsur wewangian sesuai dengan selera. Kamu bisa meletakkan lilin aromaterapi di kamar atau ruang-ruang yang sering digunakan untuk beraktivitas.

Selain lilin aromaterapi, kamu juga bisa menggunakan alat berupa diffuser dan minyak esensial. Penggunaan diffuser bisa membantu menyebarkan aroma wangi nan segar tersebut ke udara, sehingga ruangan terasa lebih nyaman.

Menciptakan kesegaran dalam rumah ternyata tidak selalu butuh usaha yang rumit atau biaya yang besar. Dengan pengaturan rumah yang jeli ditambah dengan beberapa tanaman dan wewangian bisa membuat rumah lebih segar, indah, dan tentunya menghilangkan stres.

Baca Juga: 10 Inspirasi DIY Dekorasi Lilin, Bisa Jadi Aromaterapi Juga!

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya