Comscore Tracker

5 Kebaikan Kaktus jika Disimpan di Kamar, Tak Cuma Jadi Pajangan

Perawatannya pun sangat mudah

Kaktus sendiri adalah sejenis tanaman sukulen, yakni mempunyai cadangan air pada batangnya sehingga tak harus disiram setiap hari. Selain itu, media tanam yang digunakan juga mudah didapatkan, meski hanya dengan tanah berpasir akan menjadikan kaktus subur dan tumbuh dengan baik.

Selain itu, kaktus juga cantik untuk hiasan tak cuma disimpan di luar rumah. Pun di dalam ruangan juga akan menimbulkan kesan adem, hijau, bahkan menambah estetika ruangan. Apalagi jika disimpan di dalam kamarmu, tentunya akan menambah kebaikan yang dibawa oleh tumbuhan kaktus itu sendiri, yang disinyalir manfaatnya sangat banyak. Di antaranya adalah sebagai berikut ini.

1. Pembersih udara dalam ruangan

5 Kebaikan Kaktus jika Disimpan di Kamar, Tak Cuma Jadi PajanganPexels.com/Stefan Lorentz

Wah, beneran ini patut kamu coba. Taruh kaktus di meja kamarmu dan rasakan perbedaan udara dalam kamarmu, akan terasa lebih segar dan bersih. Oleh karena batang kaktus dapat menyerap polutan udara dalam kamar kamu. Dan batang kaktus pun mengeluarkan oksigen yang baik jadinya untuk sirkulasi ruangan di kamarmu.

2. Pembersih bakteri dalam ruangan

5 Kebaikan Kaktus jika Disimpan di Kamar, Tak Cuma Jadi PajanganPexels.com/Adrienne Andersen

Selain membersihkan udara, kaktus pun dapat membersihkan bakteri yang ada di ruangan kamarmu, lho. Sifat pembersih yang ada dalam batangnya akan membantu membersihkan udara yang terkontaminasi bakteri. Makanya, saking hebatnya kaktus pun dapat menjernihkan air lho. Yuk, taruh di kamarmu!

Baca Juga: 8 Jenis Kaktus Indoor yang Bikin Ruangan Auto Kece, Estetis buat Foto!

3. Penyuplai oksigen dalam ruangan

5 Kebaikan Kaktus jika Disimpan di Kamar, Tak Cuma Jadi PajanganPexels.com/Designecologist

Nah, ini yang akan membuat tubuhmu sehat juga berkat kaktus disimpan dalam kamarmu. Karbondioksida yang diserap kaktus untuk proses fotosintesis ternyata dapat mengeluarkan oksigen yang berlimpah. Sehingga, pernapasan kita akan baik jika tanaman ini berada di kamarmu. Stok oksigen jangan khawatir kekurangan deh, pokoknya!

4. Menangkal radiasi dari paparan alat elektronik

5 Kebaikan Kaktus jika Disimpan di Kamar, Tak Cuma Jadi PajanganPexels.com/bongkarn thanyakij

Kaktus juga dapat menangkal radiasi yang disebabkan alat elektronik yang berada di dalam kamarmu. Jika kamu sering bekerja di kamar dengan laptop atau menonton tivi, tak salah lagi deh jika kaktus dipajang di mejamu. Oleh karena, kaktus akan menyerap radiasi yang dikeluarkan oleh alat elektronik yang kamu pakai. Dan tentunya, kamarmu akan aman dari radiasi, kan? Lebih menyehatkan tubuh jadinya.

5. Menyejukkan ruangan bahkan tanpa AC sekalipun

5 Kebaikan Kaktus jika Disimpan di Kamar, Tak Cuma Jadi PajanganPexels.com/Lisa Fotios

Jadi, banyak kebaikan kaktus yang wajib disimpan di kamarmu. Bahkan tak harus pakai AC pun, kamarmu akan sejuk karena kaktus dipajang di dalamnya. Tentu saja berkat oksigen berlimpah yang dikeluarkannya. Selain itu, hemat energi juga, nantinya biaya listrik rumahmu akan lebih hemat.

Nah, begitulah kebaikan kaktus jika kamu menaruhnya di dalam kamar. Kamu boleh pilih berbagai kaktus jenis apa saja yang dijual di pasaran untuk menambah estetika kamarmu. Tak hanya itu, perawatannya yang sangat mudah sehingga kamu pun tak harus menyiramnya setiap hari.

Kaktus pun juga tahan dalam suhu ruangan apa pun. Sifatnya dapat menyesuaikan dalam suhu berapa pun yang menjadikannya terus tumbuh dan tidak gampang mati. Ayo, kapan beli kaktus untuk disimpan di kamarmu? Segera, ya!

Baca Juga: Bikin Pikiran Jadi Fresh, 10 Ide DIY Bertema Kaktus Buat Meja Kantor

Renny Fitri Photo Verified Writer Renny Fitri

Penyuka fotografi, traveling, dan menjahit. Menyempatkan diri menulis apa saja.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya