Comscore Tracker

6 Langkah Mudah Membuat Pola Teraso di Dinding, Ruang Makin Ceria!

Salah satu tren desain interior tahun 2022

Pola teraso yang berwarna-warni bisa membuat ruang makin ceria. Meski pola ini sangat colorful, kamu tetap bisa membuatnya terlihat elegan, kok.

Tak harus dengan aksesoris interior yang mahal, kamu bisa membuat ruangan terlihat menawan dengan membuat dinding pola teraso sendiri, lo. Yup, selain lebih hemat, kamu juga bisa menyalurkan ide kreatif di dalamnya. 

Sebelum membuat pola teraso di dinding, kamu perlu menyiapkan beberapa bahan seperti amplas, cat craft, kuas cat berukuran 5 cm, kuas kecil, gunting, dan spons bulat (opsional). Setelah mengetahui bahan-bahannya, yuk segera membuat pola teraso di dinding dengan enam langkah di bawah ini.

1. Pastikan permukaan dinding halus dan bersih

6 Langkah Mudah Membuat Pola Teraso di Dinding, Ruang Makin Ceria!ilustrasi membersihkan dinding (pexels.com/Tima Mirosh)

Kamu bisa memakai metode ini pada ubin berlapis kaca atau keramik, meski cara kerjanya jadi lebih lambat karena harus menunggu cat mengering. Sedangkan untuk permukaan kayu dengan lapisan luar yang mengkilap, kamu perlu merapikan permukaan itu dengan amplas sedang atau kasar agar nantinya cat bisa menempel dengan baik.

Setelah dipastikan permukaan dinding sudah rata, kamu perlu membersihkannya hingga tidak ada kotoran atau debu yang menempel. Ini perlu dilakukan untuk mencegah dinding jadi mudah berjamur.

2. Cat warna background

6 Langkah Mudah Membuat Pola Teraso di Dinding, Ruang Makin Ceria!ilustrasi mengecat dinding (pexels.com/Malte L)


Pilihlah warna background dengan warna yang netral. Untuk tren tahun 2022 ini, warna dasar teraso yang populer adalah krem, abu-abu, atau putih. Tapi, apa pun warnanya, tetap sesuaikan dengan seleramu dan warna aksesoris ruangan yang ada, ya. 

Pakailah kuas cat 5 cm untuk mengecat background dinding. Cat sebanyak mungkin untuk mendapatkan hasil akhir yang lebih bold. Selain itu, beberapa tekstur yang tidak rata pada dinding masih bisa terlihat meski sudah diamplas.

Jadi, tak ada salahnya kamu menambahkan lapisan cat dasar sekitar satu atau dua lapis lagi agar permukaan benar-benar rata. Tunggu hingga lapisan cat kering sebelum ke langkah berikutnya.

3. Bentuk spons busa bulat jadi pola teraso yang tidak beraturan

6 Langkah Mudah Membuat Pola Teraso di Dinding, Ruang Makin Ceria!ilustrasi spons bulat (bobvila.com)

Dengan memakai gunting, potonglah tepi beberapa spons bulat untuk membuat satu set poligon yang tak beraturan. Nantinya, spons ini bisa dipakai sebagai stempel untuk membentuk pola teraso. 

Kamu bisa membuat ukuran spons sesuai keinginan, apakah ingin ukuran yang sama atau penggabungan ukuran besar dan kecil untuk menciptakan tampilan yang lebih realistis. Buatlah stempel ini sebanyak jumlah cat yang akan kamu gunakan untuk pola teraso nanti, ya.

Baca Juga: 5 Langkah Penting Bikin Mural di Dinding biar Gak Terkesan Berantakan 

4. Tempel spons pada permukaan dinding

6 Langkah Mudah Membuat Pola Teraso di Dinding, Ruang Makin Ceria!ilustrasi menempelkan spons ke palet (pexels.com/Tatian)

Kamu bisa memilih empat hingga lima warna untuk pola teraso sesuai dengan keinginanmu. Jika memilih beberapa warna dalam kelompok yang sama, pola teraso terkesan lembut. Sebaliknya, jika memilih warna kontras maka ruangan terlihat makin berani dan tampil beda.

Tuang sedikit warna cat pilihan ke palet cat yang bisa dipakai kembali. Tempel spons pada palet, jangan terlalu tebal agar mendapatkan lapisan yang tipis dan rata. 

Setelah itu, tempelkan spons ke permukaan dinding dengan tekanan ringan. Agar warna tidak saling tercampur, pastikan satu spons satu warna.

Lakukan cap dengan warna yang sama sebelum berpindah pada warna lainnya secara merata. Kamu bisa memainkan cara mengecap dengan tampilan tumpang tindih atau memutar untuk menciptakan efek dramatis.

5. Berikan detail dengan kuas kecil

6 Langkah Mudah Membuat Pola Teraso di Dinding, Ruang Makin Ceria!ilustrasi menggunakan kuas kecil (unsplash.com/Rifqi A)

Bergantung pada tingkat kepadatan spons, tak jarang ketika menempelkan spons, permukaan timbul gelembung udara kecil di cat. Supaya terlihat rapi, sapukan gelembung dengan memakai kuas kecil pada titik kosong yang dihasilkan gelembung tersebut.

Kamu juga bisa berkreasi mengubah bentuk hasil stempel dengan menambahkan bentuk di ujung-ujung pola. Tunggulah hingga permukaan benar-benar kering sebelum berganti stempel.

6. Pertahankan warna teraso dengan semprotan pengikat warna

6 Langkah Mudah Membuat Pola Teraso di Dinding, Ruang Makin Ceria!ilustrasi dinding teraso (behance.net)

Cat craft bukanlah cat yang dapat bertahan lama di permukaan dinding. Itulah mengapa kamu perlu menjaga ketajaman warna dengan menyemprot pengikat warna. Ketika menyemprot, sebaiknya gunakan masker agar bau tajam dari semprotan tidak mengganggu pernapasanmu.

Jangan pernah memoleskan pengikat warna dengan cara menyikat. Sebab, cara ini dapat membuat cat jadi mengelupas dan merusak pola yang kamu buat. Setelah selesai, segera keluar dari ruangan dan tunggu hingga baunya hilang. Kamu bisa membaca dari petunjuk semprotan pengikat warna, tapi sebagian besar produk ini memerlukan waktu 24 jam untuk menghilangkan baunya yang tajam.

Mengikuti tren tak lantas membuat tabunganmu terkuras. DIY teraso di dinding ini adalah metode tercepat, termurah, dan tersimpel. Cara ini juga membuatmu jadi lebih kreatif. Apakah kamu tertarik mencobanya?

Baca Juga: 9 Inspirasi Gaya Dinding Geometrik Modern, Estetis dan Mewah

IamLathiva Photo Verified Writer IamLathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya