Comscore Tracker

5 Cara Membersihkan Alat Makeup dengan Bahan Dapur, Gampang Kok!

Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah, lho

Membersihkan peralatan makeup secara rutin adalah kebiasaan yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan produk kecantikanmu. Jika tidak dirawat dengan baik, kuas makeup bisa menjadi sarang penyakit, lo.

Itulah mengapa American Academy of Dermatology Association menyarankan untuk membersihkan kuas makeup setiap 7-10 hari untuk mencegah infeksi kulit. Untung saja, kamu bisa membersihkan berbagai peralatan makeup dengan menggunakan bahan-bahan sederhana yang ada di dapur, lho. Selain lebih alami, menggunakan bahan dapur juga dinilai lebih hemat. Tak usah berlama-lama, yuk, bersihkan peralatan makeup-mu dengan beberapa bahan dapur ini.

1. Cuka putih dan lemon

5 Cara Membersihkan Alat Makeup dengan Bahan Dapur, Gampang Kok!ilustrasi air jeruk lemon (unsplash.com/Brittney Weng)

Cuka merupakan salah satu bahan pembersih yang tidak beracun. Tak jarang cuka diaplikasikan untuk menggosok toilet, membersihkan jendela, menggosok toilet, membersihkan lantai, dan membersihkan kuas makeup, nih.

Untuk membersihkan kuas, kamu perlu mencampurkan dua sendok makan cuka putih dengan secangkir air hangat suam-suam kuku. Taruh kuas ke dalam larutan tersebut. Setelah itu dibilas. 

Agar benar-benar bersih, kamu bisa mencelupkan kuas makeup yang tadi dibilas ke dalam gelas berisi perasan air jeruk lemon, aduk secara lembut. Bilas dengan air bersih dan ulangilah cara ini sampai kamu merasa yakin kuas benar-benar bersih. 

2. Baking soda

5 Cara Membersihkan Alat Makeup dengan Bahan Dapur, Gampang Kok!ilustrasi baking soda (pexels.com/Kaboompics .com)

Selain cuka, baking soda atau soda kue juga sering dimanfaatkan sebagai bahan pembersih. Berbagai peralatan dapur dan rumah tangga pun sering dibersihkan dengan bahan ini, termasuk peralatan makeup.

Siapkan cangkir berisi air hangat, kemudian campurkan satu sendok makan baking soda dan aduk hingga rata. Masukkan kuas ke dalam cangkir tersebut dan diamkan setidaknya lima menit. Kemudian aduk secara perlahan agar kotoran keluar dari kuas. Bilas dengan air bersih, dan keringkan kuas dengan handuk lembut secara halus atau diamkan hingga kering.

Baca Juga: Wajib Tahu, 5 Alat Makeup Ini Tidak Boleh Dipakai Secara Bergantian

3. Minyak kelapa

5 Cara Membersihkan Alat Makeup dengan Bahan Dapur, Gampang Kok!ilustrasi minyak kelapa (unsplash.com/Tijana Drndarski)

Beberapa jenis minyak dikenal efektif membersihkan kuas makeup, salah satunya minyak kelapa. Cara membuat larutan pembersih kuas yang satu ini sangatlah mudah, kamu cukup menyiapkan air hangat dan mencampurnya dengan beberapa tetes minyak. Lalu masukkan kuas di dalamnya, aduk secara perlahan sehingga kotoran keluar dari kuas. Setelah dirasa bersih, bilas dengan air dan keringkan.


Selain itu, kamu juga bisa menuangkan minyak langsung ke tangan dan gosokkan kuas secara perlahan agar minyak menempel di kuas. Setelah itu, tambahkan beberapa tetes sabun cuci piring untuk melepaskan minyak dan kotoran dari kuas, lalu dibilas hingga bersih.

4. Sabun castile dan getah lidah buaya

5 Cara Membersihkan Alat Makeup dengan Bahan Dapur, Gampang Kok!ilustrasi sabun Castile (unsplash.com/Karolina Grabowska)

Mungkin kamu masih asing dengan istilah sabun castile. Dari laman Tree Hugger, sabun ini dikenal sebagai pembersih alami yang sangat efektif. Berasal dari wilayah Kastilia Spanyol, sabun castile terbuat dari minyak zaitun yang dikombinasikan dengan natrium karbonat agar keras dan dijual dalam bentuk batangan di dataran Eropa sejak abad ke-16. Mengikuti perkembangan zaman, kini sabun castile hadir di pasaran dalam bentuk cair dan varian yang terbuat dari getah lidah buaya, minyak kelapa, dan masih banyak lagi.

Untuk memanfaatkannya sebagai pembersih kuas, kamu memerlukan satu sendok makan sabun castile cair, setengah sendok makan lidah buaya, dan setengah cangkir air hangat ke dalam mangkuk. Rendam kuas dalam larutan dan aduk perlahan untuk melepaskan kotoran yang menempel. Bilas dengan air bersih dan ulangi sampai kuas benar-benar bersih.

5. Minyak pohon teh

5 Cara Membersihkan Alat Makeup dengan Bahan Dapur, Gampang Kok!ilustrasi minyak esensial teh (unsplash.com/Tree of Life Se)


Minyak pohon teh merupakan bahan yang cocok di hampir semua jenis kulit. Jadi tak mengherankan jika minyak ini sering diaplikasikan pada kulit wajah dan tubuh. Aromanya yang menyegarkan sekaligus membersihkan sangat pas menjadikannya pembersih kuas makeup kesayangan.

Kamu perlu mengencerkan lima tetes minyak esensial teh ke dalam secangkir air hangat. Kamu juga bisa menambahkan lima tetes minyak kelapa agar bulu kuas tetap lembut. Setelah itu, pijat dengan lembut, bilas, dan ulangi hingga bersih.

Selain rutin dibersihkan, kamu juga perlu menaruh kuas makeup ke dalam penyimpanan yang tertutup seperti rak meja rias, lemari makeup, atau kontainer. Tapi jika menaruhnya di ruang terbuka, maka kamu harus semakin sering membersihkan peralatan makeup, ya. 

Baca Juga: 5 Kesalahan Besar yang Sering Dilakukan Saat Mencuci Brush Makeup

IamLathiva Photo Verified Writer IamLathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya