Comscore Tracker

5 Tanda Rumahmu Sehat dan Bersih, Baik untuk Kesehatan!

Rumah yang nyaman adalah rumah yang sehat, setuju?

Rumah yang minimalis dan estetik bukan sebuah jaminan sebuah kenyamanan. Lebih dari itu, kebersihan dan kesehatan adalah yang paling utama dan dibutuhkan oleh para penghuninya. Apalagi semenjak pandemik COVID-19 melanda, kesehatan dan kebersihan jadi faktor paling penting dalam kehidupan kita, bukan?

Rumah sudah semestinya menjadi tempat yang paling nyaman bagimu. Sudah semestinya pula rumahmu jadi tempat yang bersih dan menjamin kesehatanmu. Berikut ini adalah beberapa ciri dan tanda bahwa rumahmu bersih dan sehat. Yuk, cek apa saja?

1. Adanya sirkulasi dan kualitas udara yang baik

5 Tanda Rumahmu Sehat dan Bersih, Baik untuk Kesehatan!air purifier SHARP berteknologi Plasmacluster (dok. Sharp)

Sirkulasi udara yang baik tentu saja akan berpengaruh juga pada kualitas udara yang kamu hirup di dalam rumah. Terlebih lagi jika di dalam rumah dihuni oleh lebih dari 1 orang, maka dibutuhkan sirkulasi udara yang baik agar bisa terus mendapatkan udara yang segar. Seperti yang kita tahu, udara yang bersih adalah asupan bergizi untuk paru-paru kita.

Untuk itu alangkah lebih baiknya rumah memiliki ventilasi dan jendela yang cukup agar sirkulasi udara bisa berlangsung setiap saat. Namun, hal ini belum tentu bisa didapatkan oleh rumah di area pemukiman padat atau apartemen. Bagi kamu yang huniannya belum memiliki ventilasi atau jendela yang cukup, kamu bisa mengakalinya menggunakan air purifier yang dapat berfungsi untuk menjernihkan dan membersihkan udara di dalam ruangan.

Air purifier SHARP bisa menjadi pilihanmu untuk menjaga kualitas udara di dalam rumah tetap bersih dan berkualitas. Gak hanya itu, air purifier SHARP ini berteknologi AIoT sehingga memungkinkanmu mengecek kualitas udara di dalam rumahmu menggunakan aplikasi yang bisa kamu akses dari smartphone-mu, lho!

2. Rumah tidak terlalu lembap dan cenderung kering

5 Tanda Rumahmu Sehat dan Bersih, Baik untuk Kesehatan!ilustrasi rumah yang tidak lembab (unsplash.com/@patrickperkins)

Ruangan rumah yang terlalu lembap akan menimbulkan banyak problem, salah satunya adalah timbulnya bakteri dan virus. Lebih serius lagi, kondisi seperti ini dapat meningkatkan risiko infeksi pernapasan seperti infeksi pernapasan serta memperparah alergi asma. Selain itu ruangan lembap juga tempat yang subur untuk jamur yang dapat merusak perabot rumah tangga. 

Selain untuk membersihkan dan menjernihkan udara, air purifier dari SHARP ternyata dapat menghancurkan bakteri dan virus. Hal ini dikarenakan air purifier SHARP dilengkapi dengan teknologi Plasmacluster. Air purifier berteknologi #Plasmaclusterhanyadarisharp ini melepaskan ion positif dan negatif yang dapat menghancurkan virus dan bakteri berbahaya.

Baca Juga: 6 Tips Memilih Air Purifier Terbaik, Harus Ada Fitur Plasmacluster 

3. Memiliki toilet yang bersih dan bebas lumut maupun bakteri

5 Tanda Rumahmu Sehat dan Bersih, Baik untuk Kesehatan!ilustrasi toilet rumah yang bersih (unsplash.com/@cameronsmith)

Toilet di rumah juga perlu dijaga dengan benar kebersihannya karena merupakan sudut rumah yang jadi tempat berkembang biaknya bakteri dan kuman. Pastikan setiap sudut kamar mandi atau toilet bersih dari bakteri dan bebas jamur maupun lumut sehingga tidak berbau. Karena itu kamu perlu rutin membersihkan kamar mandi setidaknya seminggu sekali. 

Bersihkan dengan cara menggosok sampai bersih lantai kamar mandi agar tidak licin dan membahayakanmu maupun anggota keluarga lainnya. Selain lantai, jangan lupa untuk menggosok bak mandi, closet toilet, wastafel dan juga gagang pintu kamar mandi yang menjadi sarang berkembang biak bakteri dan kuman. 

4. Suhu dan temperatur udara di dalam rumah yang terkendali 

5 Tanda Rumahmu Sehat dan Bersih, Baik untuk Kesehatan!Air conditioner SHARP (dok. SHARP)

Suhu maupun temperatur di dalam rumah harus terkendali sesuai dengan kebutuhan tubuh. Suhu yang terlalu ekstrem, baik terlalu tinggi maupun rendah akan mengakibatkan kondisi yang fatal bagi tubuh seperti hipotermia, kram otot, dehidrasi dan sebagainya. 

Memilih Air Conditioner atau AC di rumah juga perlu pertimbangan yang matang. Pilihlah AC yang memudahkanmu untuk mengatur temperatur sesuai kebutuhanmu. Sama seperti air purifier Sharp, AC Sharp juga dibekali dengan teknologi Plasmacluster, lho. Namun yang bikin AC Sharp lebih spesial lagi adalah adanya teknologi AIoT salah satunya yang bisa menjadi pilihan tepat untuk rumahmu. 

Teknologi AIoT sendiri adalah perpaduan dari AI (Artificial Intellegent) dan IoT (Internet of Things). Dengan teknologi ini, AC Sharp dibekali sensor gerak yang dapat mengatur suhu ruangan sesuai dengan aktivitas orang yang terdeteksi di dalam rumah. 

Gak hanya itu, AC Sharp juga dapat mengamati kelembapan di rumahmu sehingga kamu dapat menemukan pengaturan kelembapan yang pas. Canggihnya lagi, dengan kecerdasan buatannya AC Sharp bisa mengingat kebiasaan pengaturan AC, lho. 

5. Hemat energi dan ramah linkungan

5 Tanda Rumahmu Sehat dan Bersih, Baik untuk Kesehatan!ilustrasi hemat energi dan ramah lingkungan (pexels.com/@tara-winstead)

Kenapa rumah yang sehat juga harus hemat energi dan ramah lingkungan? Tentu saja hal ini sangat berkaitan erat. Penggunaan alat elektronik yang ramah lingkungan hanya akan mengonsumsi energi yang cukup dan tidak boros, sehingga ini akan berpengaruh pula pada kondisi kesehatan keuanganmu. 

Air purifier dan juga AC Sharp yang berteknologi Plasmacluster dan AIoT ini sangat hemat energi dan ramah lingkungan. Karena kecanggihan teknologinya memungkinkan kita untuk mengatur dan memonitor dari aplikasi yang ada di ponsel pintarmu. AIoT juga dapat menyarankan pengaturan paling optimal sesuai dengan keseharianmu agar mampu bekerja dengan energi yang efisien berdasarkan AI. 

Rumah yang bersih dan sehat bukan hanya sebuah impian saja, namun ini merupakan sebuah kebutuhan utama saat ini. Karena itu kamu perlu untuk mengupayakannya agar kamu bisa memiliki rumah yang sheat untuk kehidupan yang lebih baik. AC dan air purifier berteknologi Plasmacluster dan AIoT yang dikembangkan oleh Sharp Indonesia ini bisa menjadi pilihanmu untuk bisa merealisasikan rumah yang lebih sehat. Bila kamu ingin memiliki produk AC dan air purifier Sharp, kamu bisa mengunjungi website online Shop Sharp Indonesia di http:// www.cocorolife.id. Yuk, mulai untuk #pintarpakaisharp dari sekarang!

Baca Juga: Berteknologi AIoT, Ini 5 Alasan Kenapa AC Sharp Cocok untuk Rumahmu

Ruth Christian Photo Verified Writer Ruth Christian

@ruthchristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya