Comscore Tracker

5 Tips Sederhana Atur Pencahayaan Ruang Kerja di Rumah 

Biar kerja lebih produktif! 

Saat bekerja di lingkungan kantor, tentu kualitas ruangannya sudah diatur sedemikian rupa. Hal ini gak hanya biar enak dipandang mata saja, tapi juga berpengaruh terhadap produktivitas kerjanya lho. Termasuk kualitas pencahayaan yang membantu kita dalam meningkatkan kenyamanan mata saat bekerja.

Supaya kinerja tetap bagus saat bekerja dari rumah pun kita perlu atur pencahayaan agar tetap nyaman. Aturlah pencahayaan di ruangan rumahmu, termasuk ruang kerja. Ini tips simpel yang bisa kamu ikuti, simak dulu yuk.

 1. Utamakan cahaya alami 

5 Tips Sederhana Atur Pencahayaan Ruang Kerja di Rumah ilustrasi ruang kerja (unsplash.com/@olenkasergienko)

Jika di rumah kamu punya ruang dengan spot jendela, bisa banget manfaatin ruang tersebut sebagai ruang kerja. Karena saat siang hari pun kita tidak bisa selalu menghindari pekerjaan kantor ataupun tugas lainnya.

Daripada menggunakan lampu di siang hari yang bikin ruang tambah gerah dan mata jadi gak nyaman, lebih bagus jika membuka jendela tersebut. Selain melancarkan lalu lintas udara segar, kamu juga dapat cahaya alami dari luar ruangan.

2. Kurangi spot dengan bayangan dan cahaya berlebih 

5 Tips Sederhana Atur Pencahayaan Ruang Kerja di Rumah ilustrasi ruang kerja (pixabay.com/users/pexels-2286921)

Posisikan meja kerjamu di posisi yang nyaman, termasuk pencahayaannya. Tempatkan di spot dimana gak ada bayangan yang mengganggumu saat di meja kerja. Dan tentunya mata kamu juga bebas dari silau cahaya, ya.

Gak hanya disesuaikan dengan posisi lampu ruanganmu, posisikan juga dengan cahaya saat siang hari. Dengan begitu kamu perlu mengamati laju pencahayaan saat siang ataupun malam. Sangat mudah, kan.

Baca Juga: 9 Ide Ruang Kerja dengan Sentuhan Warna Biru, Bikin Lebih Produktif

3. Jauhkan lampu utama yang terlalu terang 

5 Tips Sederhana Atur Pencahayaan Ruang Kerja di Rumah ilustrasi ruang kerja (pixabay.com/users/ricardorv30-2418232)

Hal ini termasuk lampu utama yang berada di atas, ya. Karena terkadang bakal menciptakan bayangan, ataupun pantulan cahaya yang bikin silau mata. Dengan begitu kamu gak terganggu dengan pencahayaan di ruanganmu sendiri.

Pilihlah lampu yang cahayanya lembut khusus untuk ruang kerja. Kamu juga bisa menyediakan lampu ganda untuk menunjang kenyamanan. Tapi tetap gunakan salah satunya saja supaya ruang gak panas.

4. Pasang lampu meja supaya cahaya lebih terfokus 

5 Tips Sederhana Atur Pencahayaan Ruang Kerja di Rumah ilustrasi meja kerja (pexels.com/id-id/@elvis-1316342)

Untuk beberapa orang, lampu meja lebih nyaman dibandingkan lampu utama ruangan. Selain pencahayaan lebih fokus, lampu meja juga minim bayangan yang mengganggu. Dan lebih hemat energi juga, lho.

Pilihlah lampu meja dengan tingkat pencahayaan yang nyaman buatmu. Tempatkan di meja kerja, posisikan agar gak mengganggu aktivitasmu. Simpel, gak perlu waktu banyak kok.

5. Tambahkan pencahayaan dekoratif yang gak bikin bosan

5 Tips Sederhana Atur Pencahayaan Ruang Kerja di Rumah ilustrasi lampu dekoratif (unsplash.com/@taylormae)

Selain meja kerja, kamu juga bisa pakai jenis pencahayaan yang lebih modern. Dengan model yang artistik dan menarik, kamu bakal lebih semangat kerja deh. Dan pastikan, pencahayaannya terfokus di spot kerjamu ya.

Kamu bisa pakai jenis lampu dinding sconce atau lainnya. Pasangkan di dinding atau media lainnya yang gak mengganggu kerjamu. Walaupun perlu banyak budget, tapi bakal gak mengecewakan deh.

Demikian tips pencahayan ruang kerja rumah yang bisa kamu aplikasikan. Sesuaikan dengan kebutuhan dan budget kamu. Gak malas kerja di rumah lagi, deh!

Baca Juga: 5 Etika di Ruang Kerja Sempit agar Tetap Bisa Nyaman, Jangan Berisik!

senja sandera Photo Verified Writer senja sandera

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya