4 Cara Membuat Pelembut Pakaian Homemade, Eco-Friendly!

Ramah lingkungan, hemat, dan mudah dibuat

Pelembut pakaian merupakan elemen penting dalam mencuci baju yang umumnya dibutuhkan oleh banyak orang. Selain melembutkan pakaian, produk ini juga berguna untuk mengurangi kerutan.

Meskipun ada banyak pelembut pakaian komersial, membuat pelembut sendiri adalah alternatif yang ekonomis dan memberikan kontrol atas aroma serta bahan yang digunakan. Jika tertarik untuk membuat pelembut pakaian sendiri, ada beberapa cara membuat pelembut pakaian dengan menggunakan bahan yang umumnya sudah ada di rumah.

Penasaran bahan apa saja yang dibutuhkan dan bagaimana cara membuatnya? Dilansir Martha Stewart, simak cara mudah membuat pelembut pakaian homemade lewat artikel berikut ini.

1. Cara membuat pelembut pakaian dengan cuka

4 Cara Membuat Pelembut Pakaian Homemade, Eco-Friendly!ilustrasi detergen di keranjang (pexels.com/ronlach)

Cara membuat pelembut pakaian sendiri yang paling ramah lingkungan atau bertahan lama adalah dengan menggunakan cuka. Sebab, cuka membantu proses pelembutan pakaian dan mengurangi statis tanpa meninggalkan residu berbahaya.

"Cuka juga membantu menghilangkan residu sabun dan endapan mineral dari kain. Dengan menggunakan cuka sebagai pelembut pakaian, kamu dapat mengembalikan kelembutan dan keempukan pakaian," kata Alicia Sokolowski, presiden dan co-CEO Aspen Clean, dilansir Martha Stewart.

Meskipun agen pembersih ini memiliki aroma yang kuat, namun aroma tersebut akan hilang selama pencucian dan pengeringan, bahkan meninggalkan hasil yang netral atau ringan beraroma. Cuka umumnya aman untuk sebagian besar jenis kain, tetapi sebaiknya lakukan uji coba pada area kecil pakaian sebelum menggunakannya dalam cucian penuh. Sokolowski membagikan resep pelembut dari cuka, berikut bahan dan cara membuatnya.

Bahan yang dibutuhkan : 

  • Cuka putih murni
  • Minyak esensial (opsional untuk aroma)
  • Wadah atau botol kosong dengan penutup

Cara membuat :

  1. Bersihkan wadah atau botol yang akan digunakan untuk menyimpan pelembut pakaian.
  2. Tuangkan 2 cangkir cuka putih murni ke dalam wadah atau botol.
  3. Tambahkan 20 hingga 30 tetes minyak esensial pilihan ke dalam cuka (opsional).
  4. Tutup wadah rapat-rapat dan kocok untuk mencampur cuka dan minyak esensial secara menyeluruh.
  5. Tuangkan sekitar 1/4 hingga 1/2 cangkir pelembut pakaian ke dispenser siklus bilasan mesin cuci selama bilasan terakhir.

2. Cara membuat pelembut pakaian dengan kondisioner

4 Cara Membuat Pelembut Pakaian Homemade, Eco-Friendly!ilustrasi laundry (unsplash.com/jmarjes)

Menggunakan kondisioner rambut sebagai bahan pelembut pakaian adalah cara yang praktis dan efektif. Dalam proses ini, kondisioner berfungsi sebagai agen pelembut yang dapat membuat pakaian terasa lebih lembut saat disentuh.

Namun, perlu diingat bahwa kondisioner mungkin tidak sesuai untuk semua jenis kain. Beberapa jenis kain, seperti handuk atau pakaian olahraga, mungkin tidak dapat manfaat yang optimal dari penggunaan kondisioner. 

"Beberapa jenis kain, seperti handuk atau pakaian olahraga, mungkin tidak mendapatkan manfaat dari penggunaan kondisioner karena dapat mengurangi daya serap atau mempengaruhi kinerjanya. Juga, perlu diingat bahwa kondisioner beraroma dapat meninggalkan aroma pada pakaian, yang bisa dianggap baik atau buruk tergantung pada preferensi pribadi kamu," kata Kathy Cohoon, direktur operasi waralaba Two Maids, dilansir Martha Stewart.

Cohoon membagikan sederet bahan dan cara membuat pelembut kain dari bahan kondisioner rambut. Jika tertarik untuk mencoba, berikut bahan dan cara membuatnya :

Bahan yang dibutuhkan :

  • Kondisioner rambut
  • Air destilasi
  • Wadah atau botol kosong dengan penutup

Cara membuat :

  1. Bersihkan wadah atau botol yang akan digunakan untuk menyimpan pelembut pakaian.
  2. Tuangkan sekitar 1 cangkir kondisioner rambut ke dalam wadah atau botol.
  3. Tambahkan sekitar 3 cangkir air destilasi ke kondisioner.
  4. Aduk atau kocok campuran secara menyeluruh untuk memastikan bahwa bahan-bahan tercampur sepenuhnya.
  5. Tuangkan sekitar 1/2 hingga 1 cangkir pelembut pakaian buatan sendiri ke dispenser siklus bilasan mesin cuci.
dm-player

Baca Juga: 5 Cara Melipat Pakaian ala Jepang, Rapi dan Hemat Tempat!

3. Cara membuat bola pengering dari wol

4 Cara Membuat Pelembut Pakaian Homemade, Eco-Friendly!ilustrasi wool dryer balls (amazon.com)

Wol berfungsi sebagai pelembut pakaian alami dengan sifat-sifatnya yang memiliki manfaat, seperti menyerap kelembapan, mengurangi statis, dan memberikan kelembutan pada kain. Sifat-sifat ini membuatnya menjadi pilihan yang efektif dalam membantu meningkatkan kualitas cucian.

"Bola pengering membantu mengurangi waktu pengeringan dengan meningkatkan sirkulasi udara dan memisahkan pakaian dalam pengering. Ini dapat menghasilkan penghematan energi dan tagihan listrik yang lebih rendah," kata Sokolowski.

Ia juga menambahkan, proses pembuatan bola pengering dari wol memerlukan waktu dan mungkin membutuhkan beberapa siklus pencucian serta pengeringan agar bola pengering mencapai kepadatan dan bentuk yang diinginkan. Wol secara umum dianggap sebagai bahan hipoalergenik yang aman bagi sebagian besar orang, namun beberapa individu mungkin memiliki sensitivitas atau alergi terhadapnya.

Oleh karena itu, Sokolowski menyarankan jika ada anggota keluarga yang diketahui memiliki alergi terhadap wol, pastikan untuk menghindari penggunaan metode ini guna mencegah reaksi alergi yang mungkin terjadi. Berikut di bawah ini cara membuat pelembut pakaian dengan bola pengering wol.

Bahan yang dibutuhkan :

  • Wol roving 100 persen (hindari campuran atau benang akrilik)
  • Gunting
  • Pantyhose atau kaus kaki (opsional)

Cara membuat :

  • Ambil ujung benang wol dan bungkusnya beberapa kali di sekitar jari untuk membuat bola kecil.
  • Lepaskan lingkaran dari jari dan terus bungkus wol secara kencang di sekitar lingkaran dalam arah yang berbeda, membentuk bola.
  • Lanjutkan pembungkusan hingga bola mencapai ukuran yang diinginkan.
  • Potong wol dan amankan ujung yang terbuka di bawah salah satu lapisan pembungkus.
  • Ulangi proses ini untuk membuat lebih banyak bola pengering. (Tiga hingga enam bola ideal untuk satu beban cucian).
  • Letakkan bola pengering di dalam pantyhose atau kaus kaki, ikat simpul untuk menahannya. (Langkah ini opsional dan membantu bola pengering mempertahankan bentuknya selama proses felting).
  • Tempatkan bola pengering di mesin cuci dan jalankan siklus air panas.
  • Pindahkan bola pengering ke pengering mesin cuci dan jalankan pada pengaturan panas tinggi.
  • Setelah kering, keluarkan bola pengering dari pantyhose atau kaus kaki jika menggunakannya.
  • Setelah bola pengering dicuci, dikeringkan, dan membentuk bola yang padat, kamu dapat menempatkannya di pengering bersama pakaian selama beban cucian berikutnya.

4. Cara membuat dryer sheets

4 Cara Membuat Pelembut Pakaian Homemade, Eco-Friendly!ilustrasi dryer sheets (downy.com)

Dryer sheets atau lembaran pengering adalah opsi tambahan sebagai pelembut pakaian yang bisa kamu pakai. Membuatnya sendiri memungkinkan kamu menyesuaikan aroma yang diinginkan sambil mengurangi limbah, karena pelembut ini dapat digunakan kembali.

Cohoon menjelaskan, mungkin diperlukan beberapa percobaan untuk menemukan kombinasi yang paling cocok untuk cucian jika menggunakan dryer sheets. Selain itu, bagi individu dengan sensitivitas atau alergi, perhatian khusus terhadap bahan-bahan yang digunakan, termasuk minyak esensial, sangat penting untuk menghindari kemungkinan reaksi yang merugikan. Berikut bahan dan cara membuatnya.

Bahan yang dibutuhkan :

  • Kain katun atau kain berbentuk persegi sekitar 6 hingga 8 inci
  • Pelembut pakaian buatan sendiri (cairan)
  • Minyak esensial (opsional untuk aroma)
  • Mangkuk kecil
  • Wadah dengan penutup

Cara membuat :

  1. Potong kain katun atau kain menjadi persegi sekitar 6 hingga 8 inci.
  2. Dalam mangkuk kecil, campurkan beberapa tetes minyak esensial pilihan dengan pelembut cair pilihan. (Kamu dapat menggunakan metode cuka atau kondisioner seperti yang dijelaskan di atas).
  3. Tempatkan potongan kain ke dalam mangkuk yang berisi campuran pelembut.
  4. Biarkan merendam selama beberapa menit, pastikan mereka benar-benar jenuh dengan cairan tetapi tidak menetes.
  5. Peras lembut kelebihan cairan dari setiap potongan kain.
  6. Letakkan potongan kain yang lembap di permukaan bersih atau rak pengering untuk mengering udara sepenuhnya.
  7. Setelah kering, pindahkan potongan-potongan ke dalam wadah kecil yang kedap udara untuk disimpan.
  8. Ambil satu lembaran pengering pelembut buatan sendiri dari wadah dan masukkan ke dalam pengering bersama cucian.

"Lembaran kain akan melepaskan sifat pelembut selama siklus pengeringan, membuat pakaian terasa lembut dan segar," kata Cohoon.

"Setelah setiap penggunaan, kamu dapat menggunakan kembali lembaran pengering tersebut beberapa kali hingga efek pelembutnya habis. Setelah tidak efektif lagi, segarkan lembaran dengan mengulangi proses perendaman," lanjutnya.

Membuat pelembut pakaian sendiri bukan hanya menjadi solusi ramah lingkungan, tetapi juga pilihan yang cerdas secara ekonomis untuk merawat pakaian tanpa menguras kantong. Gimana, tertarik mencobanya?

Baca Juga: 9 Alasan Orang Mengenakan Pakaian Kasual saat Kondangan, Nyaman!

Shasya Khairana Photo Verified Writer Shasya Khairana

S

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Mayang Ulfah Narimanda

Berita Terkini Lainnya