Comscore Tracker

6 Cara Merawat Sepatu Agar Tidak Cepat Rusak dan Tahan Lama

Sepatu dirawat agar kondisi selalu bagus dan tahan lama

Menyimpan sepatu merupakan salah satu hal yang cukup penting karena sepatu memiliki tingkat sensitivitas yang tinggi terhadap kondisi suhu dan udara di lingkungan sekitarnya. Maka dari itu, dalam menyimpan sepatu juga memiliki batasan yang harus diikuti. 

Berikut ini adalah enam cara untuk merawat sepatu agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. 

1. Tidak disimpan dalam box untuk jangka waktu panjang

6 Cara Merawat Sepatu Agar Tidak Cepat Rusak dan Tahan LamaSepatu tidak boleh selalu disimpan dalam box karena akan memicu oksidasi yang membuat sol cepat menguning dan lem mudah lepas (fashionandmash.com)

Setiap pembelian sepatu baru, kita pasti akan diberikan box atau tempat sepatu. Box sepatu memiliki ruangan yang sempit dan memiliki sirkulasi udara yang kurang baik untuk sepatu dalam jangka waktu yang panjang.

Sepatu sebaiknya jangan sering dimasukkan ke dalam box karena akan membuat sol sepatu menjadi cepat menguning dan terlihat seperti sepatu yang sudah usang. 

2. Letakkan sepatu di tempat yang bersih dan memiliki sirkulasi udara yang baik

6 Cara Merawat Sepatu Agar Tidak Cepat Rusak dan Tahan LamaMeletakkan sepatu pada rak sepatu menjadi salah satu cara agar sepatu mendapatkan sirkulasi udara yang baik (simplyspaced.com)

Sepatu merupakan benda yang sangat sensitif terhadap udara sehingga jika diletakkan pada tempat yang salah, maka lem pada sepatu akan menjadi mudah lepas dan sol menjadi cepat menguning. Sepatu sebaiknya diletakkan pada tempat yang bersih dan memiliki sirkulasi udara yang bagus dan tidak lembap seperti misalnya ruangan ber-AC.

Hal ini dapat membuat sepatu tidak cepat berdebu dan lem sepatu tidak mudah mengeras. Sol yang berwarna putih juga tidak cepat menguning karena tidak terjadi oksidasi pada kotoran yang menempel pada sol yang berwarna putih. 

3. Rutin membersihkan sepatu setiap 2 minggu jika sudah kotor

6 Cara Merawat Sepatu Agar Tidak Cepat Rusak dan Tahan LamaRutin membersihkan sepatu 2 minggu sekali efektif untuk membunuh kuman dan bakteri yang menempel (lifestyleasia.com)

Hal ini disarankan kepada pengguna sepatu yang rutin menggunakan sepatunya untuk aktivitas sehari-hari. Sepatu sebaiknya rutin dibersihkan untuk membunuh kuman dan bakteri yang menempel.

Dengan membersihkan sepatu, kotoran yang sebelumnya menempel pada sepatu akan hilang. Dengan demikian, tidak akan terjadi penumpukan kotoran pada sol sepatu yang mengakibatkan oksidasi dan sepatu cepat menguning. 

4. Semprotkan pewangi sepatu untuk membunuh bakteri dan kuman

6 Cara Merawat Sepatu Agar Tidak Cepat Rusak dan Tahan LamaMenyemprotkan pewangi sepatu untuk menghilangkan bau dan kuman akibat pemakaian dengan kaos kaki (my-best.id)

Pewangi sepatu selain berfungsi untuk memberikan aroma wangi pada sepatu juga berfungsi untuk menetralisir bau dan kuman yang terdapat pada bagian dalam sepatu. Biasanya, hal ini disebabkan pemakaian bersama kaus kaki.

Biasanya, komposisi pewangi sepatu yang dijual juga terdapat zat yang dapat membunuh bakteri dan kuman. Terutama yang terdapat pada bagian dalam sepatu akibat pemakaian dengan kaus kaki. 

5. Tidak mencuci sepatu dengan direndam ke dalam air

6 Cara Merawat Sepatu Agar Tidak Cepat Rusak dan Tahan LamaMencuci sepatu dengan merendam akan membuat lem sepatu mudah lepas (presisi.co)

Hingga saat ini, masih banyak orang yang mencuci sepatu dengan cara direndam ke dalam air. Hal ini sebaiknya tidak dilakukan karena lem dan jahitan pada sepatu menjadi mudah lepas dan sepatu akan lebih cepat rusak.

Metode yang direkomendasikan untuk mencuci sepatu adalah dry clean. Bisa juga menggunakan jasa pencuci sepatu terdekat.

6. Gunakan sepatu sesuai aktivitas

6 Cara Merawat Sepatu Agar Tidak Cepat Rusak dan Tahan LamaMenggunakan sepatu sesuai aktivitas untuk meminimalisir kerusakan yang parah (productnation.co)

Saat ini, terdapat banyak jenis sepatu dengan model dan kegunaan yang berbeda-beda. Sepatu yang digunakan juga harus disesuikan dengan jenis aktivitas yang akan dikerjakan.

Sepatu yang dibuat untuk aktivitas sehari-hari sebaiknya tidak digunakan untuk aktivitas yang berat seperti olahraga. Pasalnya, sepatu menjadi lebih rentan terhadap kerusakan. 

Itu adalah enam cara yang dapat dilakukan untuk menjaga dan merawat sepatu agar bertahan lama. Sepatu adalah benda yang paling rentan kotor karena bersentuhan langsung dengan daerah pijakan, sehingga setaip ada kotoran yang banyak harus segera dibersihkan agar mencegah terjadinya oksidasi dan berjamur. 

Steven Laivando Photo Writer Steven Laivando

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya