Comscore Tracker

5 Hal yang Patut Diperhatikan Saat Membersihkan Dispenser, Catat Ya! 

Dispenser punya peranan penting untuk kebersihan air minum 

Pada era teknologi masa kini, rasanya sudah hampir semua orang menggunakan dispenser sebagai alat untuk memanaskan atau mendinginkan air minum dalam satu waktu.

Dispenser memang membuat semua orang seakan tak perlu repot-repot memanaskan air terlebih dahulu. Hal inilah yang kemudian membuat eksistensinya sangat digandrungi oleh masyarakat. Namun, di balik keefektivitasannya, pastikan untuk membersihkan dispenser dengan tepat.

Untuk kamu yang penasaran apa saja hal yang harus diperhatikan ketika membersihkan dispenser, berikut lima daftarnya!

1. Pililah peralatan yang tepat

5 Hal yang Patut Diperhatikan Saat Membersihkan Dispenser, Catat Ya! Unsplash/Superkitina

Dispenser memiliki bagian-bagian yang harus kamu perhatikan dan tak boleh dilewatkan. Beberapa di antaranya mungkin masih sulit dijangkau. Oleh sebab itu, kamu patut mempertimbangkan alat-alat penunjang untuk membersihkannya.

Pastikan alat-alat seperti sikat gigi kecil, sponge, atau bahkan cotton bud dapat dimaksimalkan fungsinya untuk membersihkan bagian-bagian yang tak dapat dijangkau. 

2. Membersihkan dispenser secara rutin

5 Hal yang Patut Diperhatikan Saat Membersihkan Dispenser, Catat Ya! alvawater.com

Dispenser memang rentan sekali menjadi pusat dari bakteri sehingga membersihkannya dapat menjadi alternatif terbaik yang dapat dilakukan. Disarankan untukmu membersihkan dispenser maksimal dua bulan sekali.

Namun, apabila kamu dapat membersihkan dispenser setiap kali mengganti galon, maka hal tersebut akan jauh lebih baik. Pastikan untuk membersihkannya dari hal yang terlihat sampai dengan bagian-bagian terkecilnya.  

Baca Juga: 5 Tips Membersihkan Blender yang Efektif dan Cepat, Langsung Kinclong!

3. Gunakan bahan alami

5 Hal yang Patut Diperhatikan Saat Membersihkan Dispenser, Catat Ya! Unsplash/Han Lahandoe

Tak cukup hanya mempersiapkan alat-alatnya saja bila melewatkan bahan-bahan penunjang untuk membersihkannya. Sangat tidak disarankan untuk menggunakan bahan-bahan kimia seperti deterjen atau alat pencuci piring.

Sebaliknya, disarankan untuk menggunakan bahan-bahan alami seperti cuka atau perasan jeruk lemon yang dicampurkan dengan air hangat. 

4. Bersihkan bagian luar pada dispenser

5 Hal yang Patut Diperhatikan Saat Membersihkan Dispenser, Catat Ya! Youtube/Creativo Youtube

Jangan sampai hanya terfokus pada bagian dalam dispenser saja ketika membersihkannya. Alasannya adalah karena bagian luar juga sama pentingnya. Terkadang bekas cipratan kopi atau teh membuat noda pada sekitar dispenser dan hal tersebutlah yang harus kamu perhatikan. Tentu dengan begitu maka dispensermu jadi anti kusam. 

5. Jangan ketinggalan membersihkan keran dispenser

5 Hal yang Patut Diperhatikan Saat Membersihkan Dispenser, Catat Ya! Unsplash/Belle Hunt

Banyak orang yang sering melewatkan keran dispenser selama proses pembersihan, padahal keran dispenser sangat penting untuk proses kebersihan. Hal ini karena keran dispenser menghubungkan bagian dalam dispenser ke arah luar sehingga rentan terpapar kuman atau bakteri dari udara. Kamu dapat menggunakan cotton bud untuk membersihkannya. 

Nah, beberapa tips membersihkan dispenser di atas semoga membantu ya!

Baca Juga: 5 Tips Membersihkan Wastafel di Dapur, Tampak Seperti Baru!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya