Comscore Tracker

9 Tips Mudah Menjaga Rumah Tetap Bersih dan Rapi

Menjaga kebersihan rumah ternyata mudah

Semua orang suka tinggal di rumah yang rapi dan bersih, dan cara terbaik untuk menjaganya tetap bersih adalah dengan membersihkannya tepat waktu. Jangan menunggu sampai rumahmu kotor dan berantakan untuk mulai mengambil tindakan. Berikut adalah sembilan cara mudah untuk membantu menjaga rumah kamu tetap bersih dan rapi!

1. Sandal masuk rumah

9 Tips Mudah Menjaga Rumah Tetap Bersih dan Rapiilustrasi sandal rumah (pexels.com/Lisa Fotios)

Letakkan keset kecil di pintu masuk rumah sehingga debu dan rumput-rumput atau tanah yang dibawa dari bawah sepatu dapat dibersihkan di sana terlebih dahulu. Nah keset kecil di pintu masuk itu juga harus sering dibersihkan. Jangan lupa menggunakan sandal sebelum masuk ke rumah yang dapat menjaga lantai rumah tetap bersih.

2. Perhatikan kebersihan sudut-sudut rumah

9 Tips Mudah Menjaga Rumah Tetap Bersih dan Rapiilustrasi bagian sudut rumah (pexels.com/Andreea Ch)

Bagian-bagian sudut cenderung menjadi tempat yang paling mudah untuk diabaikan saat membersihkan rumah, tetapi juga sering menjadi tempat yang paling mudah untuk menyembunyikan kuman. Sudut-sudut kecil ini harus dibersihkan setiap minggu, terutama sudut dapur dan kamar mandi yang di mana mungkin ada kotoran kecil seperti remah-remah atau bulu yang bersembunyi.

3. Keringkan dinding samping setelah mandi

9 Tips Mudah Menjaga Rumah Tetap Bersih dan Rapiilustrasi kamar mandi (pexels.com/William LeMond)

Sebaiknya setiap anggota keluarga membiasakan mengelap dinding yang basah dengan cepat setelah mandi. Ini pun tidak memakan waktu lama dan tidak sulit, cukup dilap saja. Sebab jika bahan kimia seperti shower gel menempel di dinding setiap hari bisa menyebabkan kerusakan pada dinding seiring dengan waktu.

4. Gosok wastafel setelah digunakan

9 Tips Mudah Menjaga Rumah Tetap Bersih dan Rapiilustrasi orang mencuci tangan (pexels.com/CDC)

Kamu dapat meletakkan beberapa lap kecil di lemari dekat wastafel, dan menggosoknya setelah menyikat gigi atau mencuci muka. Penting untuk menjaga wastafel tetap bersih karena lingkungan yang lembap di sana sangat mudah mengembang biakan bakteri.

Baca Juga: 10 Penyakit yang Bisa Timbul Kalau Kamu Tidak Menjaga Kebersihan

5. Bersihkan wastafel

9 Tips Mudah Menjaga Rumah Tetap Bersih dan Rapiilustrasi wastafel kamar mandi (pexels.com/Max Vakhtbovych)

Campur air panas dengan secangkir cuka putih dan sesendok detergen untuk membersihkan wastafel. Kocok di malam hari sebelum tidur lalu tuangkan ke wastafel, biarkan semalaman. Kamu akan terkejut ketika bangun keesokan harinya wastafel telah putih bersih tanpa dilap.

6. Bersihkan kulkas sebelum menyimpan makanan baru

9 Tips Mudah Menjaga Rumah Tetap Bersih dan Rapiilustrasi makanan di dalam kulkas (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Setelah membuang makanan yang kedaluwarsa atau tak layak makan dalam kulkas, bersihkan bagian dalamnya baru masukkan makanan baru. Ini juga akan lebih menghemat ruang.

7. Jangan menggunakan kompor yang sama dalam waktu yang lama

9 Tips Mudah Menjaga Rumah Tetap Bersih dan Rapiilustrasi kompor api (pexels.com/Honye Sanges)

Saat memasak, kamu dapat memindahkan isi panci ke kompor lain yang dapat mengurangi kerusakan pada kompor. Berhati-hatilah agar cairan bersuhu tinggi dalam panci tidak tumpah ke kompor selama proses pemindahan. Setelah setiap kali digunakan, bersihkan noda-noda yang ada. Jika tidak membersihkannya tepat waktu, itu akan membuat pembersihan berikutnya lebih sulit dilakukan.

8. Menghilangkan noda membandel dari dapur

9 Tips Mudah Menjaga Rumah Tetap Bersih dan Rapiilustrasi dapur (pexels.com/Wallace Chuck)

Taburkan sedikit soda kue, tambahkan cuka putih atau setengah lemon, oleskan pada noda, tunggu 10 hingga 20 menit, dan kamu akan melihat betapa mudahnya menghilangkan noda kotor.

9. Miliki persediaan perlengkapan kebersihan yang baik 

9 Tips Mudah Menjaga Rumah Tetap Bersih dan Rapiilustrasi perlengkapan kebersihan (pexels.com/Anna Shvets)

Simpan berbagai perlengkapan kebersihan di setiap kamar mandi dan dapur, seperti soda kue, sisa pasta gigi, kain bekas yang dipotong dari pakaian, dan lainnya. Dengan diletakkan di tempat yang mudah ditemukan, maka akan sangat menghemat waktumu ketika bersih-bersih secara menyeluruh.

Jika menjaga kebersihan dilakukan setiap hari, dijamin rumah kamu akan tetap bebas dan rapi. Sangat mudah bukan? Tunggu apalagi, ayo terapkan mulai sekarang! 

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Sebaiknya Rajin Membersihkan Rumah meski Super Sibuk

Wida Permata Photo Writer Wida Permata

Penulis yang masih belajar untuk menulis.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya