Comscore Tracker

Gak Kalah Memesona, 5 Inspirasi Desain Rumah dari Bambu

Nuansa alaminya dapat!

Di tengah zaman yang semakin berkembang, hunian yang terbuat dari bambu sudah cukup jarang ditemui padahal tak sedikit kelebihan yang diberikan. Rumah dari bambu juga bisa dibuat sedemikian rupa hingga terlihat modern dan minimalis. Di bawah ini ada beberapa inspirasi desain rumah dari bambu yang tak kalah memesona dari rumah pada umumnya. Yuk, simak bareng-bareng!

1. Rumah panggung dari bambu

Gak Kalah Memesona, 5 Inspirasi Desain Rumah dari Bambuilustrasi desain rumah dari bambu (architecturesstyle.com)

Desain rumah panggung seringkali terkesan sebagai rumah tradisional yang kuno di mata sebagian orang. Namun sebenarnya rumah panggung memiliki berbagai kelebihan, salah satunya sirkulasi udara yang bagus karena punya rongga yang banyak.

Tak hanya dari kayu, rumah panggung juga cocok menggunakan material bambu. Desain rumah panggung dari bambu yang punya teras cukup luas seperti ini cocok diterapkan pada daerah yang cenderung lebih panas karena pertukaran udaranya lebih lancar sehingga tidak terasa pengap.

2. Rumah bambu industrial modern 

Gak Kalah Memesona, 5 Inspirasi Desain Rumah dari Bambuilustrasi desain rumah dari bambu (archello.com)

Belakangan ini, rumah industrial modern semakin banyak disukai lantaran keunikannya dibanding hunian lain. Tak ada salahnya untuk mencoba menggunakan material bambu sehingga dapat dikombinasikan dengan material lain dalam pembangunan rumah berkonsep industrial modern. 

Kamu bisa lihat kombinasi antara besi dan bambu yang sebenarnya sangat bertolak belakang, namun dapat menciptakan kesan hunian yang unik dan berbeda dari lainnya. Wah sangat menarik, ya!

Baca Juga: 5 Cara Merawat Furnitur Bambu biar Gak Kusam dan Tahan Lama

3. Rumah bambu open space

Gak Kalah Memesona, 5 Inspirasi Desain Rumah dari Bambuilustrasi desain rumah dari bambu (archdaily.com)

Desain rumah bambu yang open space sangat cocok buat kamu yang tidak tahan panas di dalam rumah. Untuk area ruang tamu, ruang keluarga, dan dapur, kamu bisa mengganti material dinding dari yang umumnya batu bata menjadi material bambu.

Susun bambu dengan memanjang ke atas hingga menutupi sebuah ruangan. Dinding tersebut juga bisa dibuka dan difungsikan sebagai jendela sehingga udara bisa mengalir dengan mudah. Dengan begitu, rumah tidak akan panas lagi.

4. Rumah bambu modern

Gak Kalah Memesona, 5 Inspirasi Desain Rumah dari Bambuilustrasi desain rumah dari bambu (livingasean.com)

Siapa sangka hunian yang seluruh materialnya tersusun dari bambu bisa terlihat modern, lho. Proses pembangunannya juga lebih cepat dengan budget yang tidak terlalu tinggi. Rumah yang terbuat dari bambu akan terkesan alami sehingga penghuninya bisa merasa lebih nyaman.

Jangan lupa untuk menempatkan banyak kaca agar cahaya matahari bisa masuk ke dalam rumah. Dengan menerapkan desain yang unik, rumah bambu ini bisa terlihat modern dan juga estetik. Tertarik punya?

5. Rumah batu kombinasi bambu

Gak Kalah Memesona, 5 Inspirasi Desain Rumah dari Bambuilustrasi desain rumah dari bambu (passivehousecanada.com)

Rumah batu adalah rumah yang banyak digemari dan paling sering ditemui. Sangat mudah untuk menemukan jenis rumah yang satu ini. Bagaimana dengan rumah batu yang dikombinasikan dengan bambu? Mungkin terbilang sangat jarang ditemui di Indonesia. 

Namun, kedua material tersebut bisa menjadi perpaduan yang pas untuk sebuah rumah. Karena akan menciptakan kesan alami, modern, dan minimalis. Dengan desain seperti ini bisa membuat rumah kamu terlihat berbeda dari yang lain.

Terbukti elemen bambu punya kelebihan yang lebih banyak dari segi estetika ketimbang rumah biasanya. Tertarik punya rumah seperti ini?

Baca Juga: 5 Destinasi Rumah Bambu di Bali, Sejuk dan Damai Buat Kumpul Keluarga

Lia Kim Photo Verified Writer Lia Kim

Thanks for coming hehe

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya