Comscore Tracker

Rekomendasi 7 Buku Karya Pandji Pragiwaksono yang Harus Kamu Baca!

Dari stand-up comedy sampai politik

Pria bernama lengkap Pandji Pragiwaksono Wongsoyudo yang lahir di Singapura 41 tahun silam ini merupakan seorang aktor, penyiar radio, presenter, penulis buku, penyanyi rap, dan pelawak tunggal berkebangsaan Indonesia. Ia memulai karirnya sebagai penyiar radio di Hard Rock FM Bandung.

Namanya semakin melambung sejak memandu sebuah reality show berjudul Kena Deh. Bahkan karena acara tersebut, ia dikenal sebagai "Pandji Kena Deh". Menjadi salah satu pencetus gagasan adanya kompetisi Stand Up Comedy Indonesia (SUCI), ia muncul sebagai host di kompetisi tersebut pada tahun 2011 hingga 2015. Tahun setelahnya ia digaet sebagi salah satu juri dalam kompetisi itu. 

Kesuksesan karirnya sebagai pelawak tunggal dengan konten politik yang sudah menjadi ciri khasnya, menjadi salah satu faktor suksesnya Stand-Up Comedy World Tour yang dilakukannya. Ia juga menuliskan buku-buku dari pengalaman yang didapatnya dari melakukan tur dunia dan pandangan akan kehidupan yang dijalaninya.

Biar gak penasaran dengan isi bukunya, kamu harus baca buku-buku karya Pandji Pragiwaksono berikut ini!

1. Juru Bicara

Rekomendasi 7 Buku Karya Pandji Pragiwaksono yang Harus Kamu Baca!Instagram.com/pandji.pragiwaksono

Buku yang terbit pada tahun 2016 ini memiliki judul yang sama dengan stand-up comedy-nya, Juru Bicara.

Juru Bicara lahir dari keresahan Pandji yang melihat masih banyaknya orang yang takut untuk berpendapat. Dalam buku ini ia mengajak pembaca untuk meningkatkan keberanian dalam hal berbicara, menerima perbedaan, dan memahami perbedaan. Pandji juga mengajak pembaca belajar untuk menjadi juru bicara yang bermartabat bagi bangsa Indonesia.

Biar gak terus-terusan bersuara dalam hati, buruan baca buku ini deh!

2. Persisten

Rekomendasi 7 Buku Karya Pandji Pragiwaksono yang Harus Kamu Baca!Instagram.com/caliabuku

Persisten merupakan sebuah buku yang berisikan suka duka Pandji bersama tim manajemennya saat melakukan tur dunia bertajuk Juru Bicara di 24 kota 5 benua. Muhammad Husnil digandeng sebagai penulis pendamping dalam buku ini untuk menceritakan perjuangan selama tur.

Buku yang menjadi satu-satunya dokumentasi kisah nyata dibalik tur dunia ini, bakal membuatmu mengerti sisi lain dari tur dunia. Tentang kerja keras, kegagalan, dan kesalahan.

Baca Juga: 5 Buku Best Seller Korea Ini Diterjemahkan ke Indonesia, Sudah Baca?

3. Merdeka dalam Bercanda

Rekomendasi 7 Buku Karya Pandji Pragiwaksono yang Harus Kamu Baca!Instagram.com/sawijibooks

Dalam buku yang terbit pada tahun 2012 ini, Pandji menceritakan sejarah stand-up comedy di Indonesia dan prosesnya sampai bisa diterima seperti sekarang ini. Buku ini juga berisikan teori dasar dalam dunia stand-up comedy.

Buku ini cocok banget buat kamu jadiin bekal saat memutuskan terjun ke dunia stand-up comedy.

4. Berani Mengubah

Rekomendasi 7 Buku Karya Pandji Pragiwaksono yang Harus Kamu Baca!Instagram.com/liberiawan

Dalam buku Berani Mengubah, Pandji menceritakan tentang bagaimana memahami Indonesia dari sudut pandang politik, hukum, dan ekonomi, yang kemudian dilihat dalam satu kesatuan. Buku yang terdiri dari 8 bagian dan dibuka dengan pembahasan politik ini, membahas Indonesia secara general dengan porsi besar.

Jangan tunda-tunda lagi buat baca buku Berani Mengubah, karena buku ini bakal menambah wawasanmu akan Indonesia dari berbagai sudut pandang. 

5. Menemukan Indonesia

Rekomendasi 7 Buku Karya Pandji Pragiwaksono yang Harus Kamu Baca!Instagram.com/element_bookstore

Buku yang digarap setelah Pandji merampungkan perjalanan tur dunia selama satu tahun ke 20 kota di 8 negara yang berjudul Menemukan Indonesia ini, lahir dari keresahannya tentang bagaimana Indonesia jika dibandingkan dengan negara lain. Dalam buku ini ia menuliskan perbandingan Indonesia dengan negara yang dikunjinginya selama tur. Ia melihat bagaimana keadaan sosial, ekomoni, budaya, dan infrastruktur, hingga sistem pemerintahan yang ada di sana.

Melalui buku ini Pandji mengajak pembaca untuk menemukan dan menilai Indonesia secara objektif, lalu berbuat sesuatu. Hayo, kamu udah menemukan Indonesia belum, nih?

6. Septictank

Rekomendasi 7 Buku Karya Pandji Pragiwaksono yang Harus Kamu Baca!Instagram.com/mizanbookcornersurabaya

Buku berjudul Septictank ini menceritakan tentang pengalaman Pandji nyemplung ke dunia politik. Pengalamannya itu ia bahas secara mendalam dalam buku ini. Mulai dari ketertarikan pertama, keterlibatannya dalam kampanye, dan pandangannya terhadap politik pada masa depan. Kamu juga bakal menemukan starter kit demokrasi dan politik biar gak lagi bingung untuk meletakkan aspirasimu.

Bagi Pandji, nyemplung ke dunia politik sama halnya dengan masuk ke septictank. Kenapa hayo?

7. Nasional.is.me

Rekomendasi 7 Buku Karya Pandji Pragiwaksono yang Harus Kamu Baca!Instagram.com/temanpengembara

Dalam karyanya yang berjudul Nasional.is.me ini, Pandji bercerita mengenai carut marut kehidupan Indonesia di tengah krisis kepercayaan masyarakat terhadap para pemimpin negara, dan ketidakpekaan warga negara akan kondisi negaranya sendiri.

Lewat buku ini, Pandji mengajak pembaca untuk membangkitkan kembali kecintaan terhadap Indonesia.

Kalau kamu sudah baca, buku mana nih yang paling menginspirasi? Kalau belum, yuk baca segera!

Baca Juga: Gak Kalah Seru dari KDrama, Ini 5 Buku Korea yang Harus Kamu Baca!

Alfy Suwaima Photo Verified Writer Alfy Suwaima

Perempuan yang suatu hari akan menetap di Adelaide, kota pesisir di Samudra Selatan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya