Comscore Tracker

5 Referensi Kanal YouTube Belajar Piano buat Pemula

Tak perlu mahal bayar les piano

Piano adalah salah satu alat musik yang paling digemari selain gitar. Tentu saja hal itu karena alunan yang keluar dari piano sangat menenangkan untuk didengarkan. Tapi, bukankah lebih menyenangkan jika, kamu sendiri yang memainkannya? 

Apalagi kalau kamu memang dari dulu benar-benar ingin bisa mahir bermain piano, tapi, bingung harus mulai dari mana dan di mana. Berikut ini lima kanal YouTube yang bisa kamu jadikan referensi, ya! 

1. BelajarPianoKeyboard

https://www.youtube.com/embed/Xa8e_xmZycA

Kanal yang telah memiliki lebih dari 200 ribu pelanggan ini tidak kalah dari yang pertama. Tutorial belajar di sini sangat cocok buat kamu yang ingin cepat mahir bermain piano. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang ada dalam kontennya. Selain itu, kanal ini juga menyajikan konten yang bervariasi, seperti tutorial lagu menggunakan piano dan tutorial memainkan keyboard aliran jazz dan blues. Keren banget kan? Kontennya juga berurutan, kok, jadi kamu tidak perlu bingung mencarinya. 

2. Mari Bermazmur

https://www.youtube.com/embed/4nbwHxCqzuQ

Kanal kedua yang bisa kamu subscribe untuk belajar piano adalah Mari Bermazmur. Di kanal ini kamu akan diajarkan langsung dengan Erika Oei tentang cara bermain piano bagi pemula. Di sana juga akan ditunjukkan bagaimana posisi jari yang benar untuk bermain piano hingga senam jari yang harus dilakukan sebelum memainkannya. Pembawaannya yang asik, tidak akan membuatmu bisa belajarnya. Hingga kini, kanal ini telah memiliki lebih dari 55 ribu pelanggan, lho! 

3. junfarabi

https://www.youtube.com/embed/6N7E7WYfq1c

Selanjutnya, kanal YouTube bernama junfarabi yang telah memiliki lebih dari 300 ribu pelanggan. Di sana, kamu akan diajarkan bermain piano, cara membaca not balok dan not angka. Dan, jangan khwatir, tuts pianonya dilengkapi dengan nama kuncinya biar kamu makin mudah menghapalnya.Tidak hanya itu, kanal ini juga rutin menyajikan konten tutorial piano dan pianika dari lagu-lagu Barat yang baru dan terkenal. Bahkan, lagu-lagu daerah pun tersedia tutorial di kanal ini, penasaran kan? Langsung aja subscribe! 

Baca Juga: Keistimewaan Grand Piano SR1928 The Awakening Rp2,5 M Asli Indonesia

4. PIANO JEMPOL

https://www.youtube.com/embed/K9Udhv_R-v8

Mungkin kamu adalah salah satu orang yang ingin sekali bisa bermain piano, tapi, tidak memiliki alat musik itu. Tenang aja, kamu bisa tetap meraih impianmu itu menggunakan aplikasi piano. Nah, di kanal ini kamu akan diajarkan bagaimana cara memainkan piano di ponselmu sendiri. Kamu bisa memainkan piano dari lagu-lagu yang kamu sukai. Kanal yang telah memiliki lebih dari 5 ribu pelanggan ini akan mengajarkan kunci mudah untuk pemula hanya dengan jempol-jempolmu. Asik banget kan? 

5. Dody Kurniawan

https://www.youtube.com/embed/1xruYPLvHWo

Terakhir, kamu bisa berlangganan kanal YouTube Dody Kurniawan ini, nih. Di sana kamu akan diajarkan kunci-kunci dasar yang sangat cocok digunakan pemula. Penjelasannya yang rinci dan sangat mudah untuk dipahami. Kontennya pun dilengkapi dengan lirik, tulisan chord sekaligus gambarnya. Dijamin, pasti kamu bakal bilang kalau "Main piano itu ternyata gampang, ya!". Kanal ini telah memiliki hampir 10 ribu pelanggan karena sering juga menyajikan konten tutorial main piano dari lagu-lagu populer. 

Jadi, gimana? Dari kelima kanal YouTube di atas sudah cukup kan buat melatihmu belajar piano secara gratis dan praktis! Selamat belajar! 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Keyboard Piano 88 Tuts, Cocok untuk Pemula & Profesional

Alya Rekha Anjani Photo Verified Writer Alya Rekha Anjani

I scream so loud, but, no one heard a THING. So, I decided to write. Akun IG: antologikata_id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya