Comscore Tracker

Menjelang Semester Baru, Ini 8 Tips Agar Nilai Kamu Tidak Anjlok

Yuk diterapkan, jangan menunda! #IDNTimesLife

Setelah sekian lama menikmati liburan, akhirnya semester baru terutama bagi mahasiswa akan segera dimulai. Karena belum adanya kepastian mengenai perkuliahan offline, sepertinya lagi-lagi kita harus bersabar untuk lebih lama lagi belajar online di rumah masing-masing.

Belajar online memiliki kesulitan tersendiri, karena kita harus mandiri mengatur pola belajar dan memiliki interaksi yang terbatas dengan pengajar. Karena kesulitan ini, tak sedikit pelajar yang kurang memahami materi dan mendapatkan nilai yang kurang memuaskan.

Bagaimana nih nilai kalian semester sebelumnya? Kalau belum memuaskan, coba deh 8 tip yang IDN Times kasih berikut ini untuk membantu kamu mendapatkan nilai yang memuaskan.

1. Miliki kemauan dan motivasi kuat sebelum semester baru dimulai

Menjelang Semester Baru, Ini 8 Tips Agar Nilai Kamu Tidak Anjlokilustrasi berpikir (pexels.com/George Milton)

Pembelajaran satu semester bukanlah waktu yang pendek untuk dijalani. Oleh sebab itu, dalam menjalaninya perlu di awali dengan dengan kemauan dan motivasi yang kuat. Hal ini bertujuan agar kamu selalu bersemangat dan tidak berhenti di tengah jalan (konsisten hingga akhir). 

Renungkan terlebih dahulu mengapa kamu harus meningkatkan nilai di semester ini. Ingatlah alasan tersebut ketika dalam prosesnya nanti kamu merasa lelah, down, atau kehilangan semangat. Dengan mengingat alasan di awal tersebut, kamu pasti akan menemukan kembali semangat dan memutuskan untuk kembali bekerja keras. 

2. Kenali cara belajar yang bisa kamu nikmati

Menjelang Semester Baru, Ini 8 Tips Agar Nilai Kamu Tidak Anjlokilustrasi menikmati belajar sambil mendengarkan musik (pexels.com/Zen Chung)

Refleksikan pengalaman belajar kamu sebelumnya, identifikasi kira-kira apa metode yang cocok untuk kamu, dan implementasikan selama semester baru. Dengan mengetahui metode yang cocok, akan membantu kamu lebih menikmati proses belajar, bersemangat, dan tidak merasa terbebani. Selain itu, yang terpenting ketika kamu menjalani pembelajaran dengan metode yang tepat maka akan membuahkan hasil yang baik.

Misalnya, apakah kamu pribadi yang lebih suka belajar jauh-jauh hari sebelum ujian atau lebih cocok dengan metode SKS (Sistem Kebut Semalam)? Apakah kamu tipe yang suka menghias catatan dengan banyak hiasan cantik atau lebih suka dengan catatan yang polos? Apakah saat mengerjakan tugas kamu menyukai situasi yang tenang atau justru menyukai adanya hiburan seperti musik atau film?

3. Persiapan yang matang adalah kunci

Menjelang Semester Baru, Ini 8 Tips Agar Nilai Kamu Tidak Anjlokilustrasi berbelanja buku (pexels.com/Dario Fernandez Ruz)

Ketika mendekati hari masuk ke semester baru, biasanya kebanyakan orang akan disibukkan dengan berbelanja perlengkapan yang diperlukan. Perlengkapan dibutuhkan untuk mendukung proses belajar. Momen ini juga bisa kamu manfaatkan untuk membeli sesuatu yang dapat memicu semangat belajarmu. 

Selain untuk memenuhi kebutuhan, hal ini akan memberi sugesti kepada pikiran dan mental bahwa libur telah usai. Terkadang, kita tidak bersemangat memulai semester baru karena masih terbawa suasana liburan yang membuat kita tidak siap. Memastikan bahwa kita siap secara mental dan pikiran untuk memulai semester baru adalah hal yang penting. Ingat bahwa awal yang baik akan mempengaruhi segalanya. 

4. Buat suasana senyaman mungkin 

Menjelang Semester Baru, Ini 8 Tips Agar Nilai Kamu Tidak Anjlokilustrasi belajar di tempat nyaman (pexels.com/Julia M Cameron)

Pembelajaran online (daring) sangat berbeda dengan pembelajaran di dalam kelas. Situasi di dalam kelas khusus dirancang untuk pembelajaran namun situasi di rumah terkadang kurang kondusif. Situasi dan tempat yang nyaman akan membantu kamu untuk menjadi lebih fokus dalam pembelajaran.

Ketika belajar daring di rumah, tentukan tempat yang akan digunakan secara konsisten untuk belajar. Pastikan kamu dapat duduk dengan nyaman, terdapat pencahayaan yang cukup, dekat dengan stop kontak, dan terdapat jaringan internet yang baik. Hindari belajar di tempat tidur karena selain akan memicu kantuk, kamu pun tidak dapat duduk dengan nyaman.  

Baca Juga: 5 Tips Hemat dan Efektif Belajar Bahasa Korea, Fasih MAXimal!

5. Catatan merupakan senjata utama

Menjelang Semester Baru, Ini 8 Tips Agar Nilai Kamu Tidak Anjlokilustrasi mencatat (pexels.com/Ivan Samkov)

Materi pembelajaran yang diberikan sangat banyak dan beragam. Karena terlalu banyaknya materi, kita tidak dapat mengingat keseluruhannya dengan baik. Padahal materi-materi tersebut akan diuji melalui berbagai macam tes dan akan diberi nilai. Sehingga, untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan membuat catatan.

Catatan akan membantu kamu me-review materi ketika diperlukan tanpa harus kesulitan menemukan materi tersebut. Selain itu, mencatat akan membantu kamu lebih memahami materi secara mendalam dan mencegah kantuk saat pelajaran berlangsung.

6. Jangan menumpuk tugas yang diberikan 

Menjelang Semester Baru, Ini 8 Tips Agar Nilai Kamu Tidak Anjlokilustrasi banyak tugas (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Problematika nyata yang dihadapi pelajar saat pembelajaran secara daring adalah banyaknya tugas yang diberikan. Tugas-tugas tersebut akan menumpuk bahkan ada yang terlupakan apabila tidak langsung dikerjakan. Tidak sedikit peristiwa di mana pelajar mengerjakan tugas ketika pelajaran lain sedang berlangsung. Hal ini kurang baik karena akan menghambat kamu untuk mendengar penjelasan pengajar tentang materi hari itu.

Oleh sebab itu, penting untuk mengerjakan tugas sesegera mungkin setelah diberikan. Hal ini bertujuan agar tugas tidak menumpuk, tidak menghalangi konsentrasi saat pengajar menjelaskan pelajaran lain, dan agar kamu merasa tenang tidak kepikiran akan tugas ketika waktunya beristirahat.

7. Selalu utamakan istirahat yang memadai

Menjelang Semester Baru, Ini 8 Tips Agar Nilai Kamu Tidak Anjlokilustrasi tidur disela pergantian mata pelajaran (pexels.com/Polina Zimmerman)

Setelah belajar dengan giat dan bersungguh-sungguh, tidak mengherankan ketika kamu merasa lelah. Tubuh dan pikiran yang lelah akan berdampak buruk pada kesehatan yang akhirnya akan mengganggu proses belajar. Oleh sebab itu, selalu sempatkan tidur sejenak disela-sela pergantian mata pelajaran, tidak begadang, dan istirahat maksimal di akhir pekan.

Mengingat bahwa istirahat adalah hal yang penting, jangan biarkan hal lain mengganggu istirahatmu seperti tugas yang belum diselesaikan. Sehingga, selesaikan semua tugas sebelum akhir pekan, agar kamu bisa istirahat dengan nyaman. Perlu diingat, istirahat bukan melulu soal tidur ya guys bisa saja kalian habiskan dengan melakukan hobi kalian.

8. Percaya pada diri sendiri 

Menjelang Semester Baru, Ini 8 Tips Agar Nilai Kamu Tidak Anjlokilustrasi wanita yang percaya diri (pexels.com/George Milton)

Penting untuk memiliki kepercayaan diri bahwa kamu bisa melalui semua ini selama kamu mau berusaha dan tidak menyerah. Dengan memiliki kepercayaan diri, kamu bisa melalui tantangan dan rintangan yang ada di depan dengan baik. Selama prosesnya, IDN Times ingin kamu menanamkan pemikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha. Berusahalah semaksimal mungkin, maka hasilnya akan mengikuti seberapa besar usaha yang telah kamu lakukan. 

Nilai anjlok memang membuat pelajar merasa sedih. Namun, apalah guna rasa sedih bila tidak melakukan perubahan. Yuk, mulai terapkan 8 tips di atas agar nilaimu semester ini memuaskan!

Baca Juga: Tetap Semangat, 5 Tips Belajar Efektif Saat Kuliah Online

Amelia Chintia Photo Writer Amelia Chintia

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya