Comscore Tracker

Tetap Semangat, 5 Tips Belajar Efektif Saat Kuliah Online

Kuliah online bukan jadi ajang untuk bermalas-malasan 

Pembelajaran online atau daring merupakan pembelajaran yang memanfaatkan situs internet tanpa harus tatap muka secara langsung. Pembelajaran ini bisa dilakukan di rumah dengan memanfaatkan fasilitas yang ada seperti laptop, gadget, dan internet. Bedanya dengan belajar tatap muka, pembelajaran daring memiliki waktu lebih fleksibel karena bisa dilakukan kapan dan di mana saja.

Namun, terkadang pembelajaran daring juga menemui hambatan seperti sinyal yang buruk, jaringan terputus, boros kuota, hingga banyak dosen yang hanya memberikan tugas tanpa mau menjelaskan materinya. Nah, biar kamu tetap semangat kamu bisa baca lima tips belajar efektif saat kuliah daring di bawah ini guys. 

1. Bagi waktu dengan baik

Tetap Semangat, 5 Tips Belajar Efektif Saat Kuliah Onlinemenghargai waktu (pexels.com/@JESHOOTS.com)

Benar sekali kuliah daring membuat waktumu belajar lebih fleksibel, yang biasanya harus siap-siap dari pagi untuk berangkat ke kampus, bingung pakai baju apa untuk besok, saat ini waktumu kuliah lebih fleksibel. Namun, walaupun kuliah di rumah bukan berarti bisa seenaknya sendiri ya.

Justru ini menjadi tantangan untuk mengatur sendiri jadwal belajarmu. So, kalau ada tugas dari dosen segera kerjakan supaya tidak menumpuk di akhir, tentukan skala prioritas mana tugas yang harus diselesaikan lebih dulu, dan bagi waktumu secara bijak. 

2. Persiapkan segala peralatan yang dibutuhkan saat kuliah daring 

Tetap Semangat, 5 Tips Belajar Efektif Saat Kuliah Onlinewanita sedang menghadap layar laptop (pexels.com/@Artem Podrez)

Namanya belajar dari jarak jauh. Benda wajib seperti laptop, tablet, telepon seluler, dan internet adalah peralatan kuliah yang harus dipersiapkan dengan matang agar proses belajar berjalan efektif. Namun, tidak semua kampus memiliki layanan kuliah jarak jauh yang memadai, maka kamu bisa memanfaatkan beberapa alternatif platform kuliah daring yang lain. 

Namun saat ini banyak juga kampus yang menerapkan kebijakan subsidi kuota dan pulsa gratis untuk para mahasiswanya. So, manfaatkan hal tersebut untuk menunjang proses belajarmu. 

Baca Juga: Curhat Mahasiswa Setahun Kuliah Online, Sudah Rindu ke Kampus?

3. Pilih lokasi belajar yang nyaman

Tetap Semangat, 5 Tips Belajar Efektif Saat Kuliah Onlinewanita fokus kerja (pexels.com/@ Taryn Elliott)

Kamar menjadi salah satu tempat favorit untuk belajar. Karena di kamar jauh dari kebisingan sehingga bisa lebih fokus untuk belajar. Namun, beberapa orang lebih menyukai tempat seperti coffee shop untuk belajar, karena memiliki akses WiFi gratis sambil menikmati hidangan. 

Namun di tengah pandemi saat ini alangkah baiknya untuk tetap stay di rumah. Jika bosan belajar di kamar kamu bisa memilih alternatif tempat lain seperti taman belakang misalnya, di ruang keluarga, di balkon, atau kamu bisa mendekor ulang meja belajarmu agar tidak jenuh . Satu hal terpenting pilih tempat belajar yang membuatmu nyaman.

4. Jauhkan dari berbagai macam gangguan

Tetap Semangat, 5 Tips Belajar Efektif Saat Kuliah Onlinewanita sedang fokus (pexels.com/@Sam Lion)

Hayo ngaku siapa dari kalian semasa kuliah daring waktu dosen memberikan penjelasan malah asyik buka media sosial, scroll instagram, bahkan buka YouTube? Kebiasaan satu ini harus kamu hilangkan ya, saat kuliah fokuslah untuk mengikuti pembelajaran dari dosen bukan malah asyik sendiri.

Jauhkan dari segala gangguan atau distraksi yang memungkinkan fokusmu bisa terpecah. Selain itu kamu harus paham kapan waktu untuk serius belajar dan kapan waktu untuk bermain. 

5. Ketahui gaya belajarmu seperti apa 

Tetap Semangat, 5 Tips Belajar Efektif Saat Kuliah Onlinewanita sedang menatap layar (pexels.com/@ George Milton)

Tips terakhir yaitu ketahui gaya belajarmu seperti apa. Ada orang lebih menyukai tempat sunyi dan sepi, ada juga tipe orang yang belajarnya mendengar sambil mencatat, hingga ada sebagian yang lebih menyukai belajar sambil mendengarkan musik. 

Jika mengetahui gaya belajarmu seperti apa, pastinya kamu akan lebih mudah untuk memahami materi yang diberikan dosen. Jadi, temukan gaya belajarmu mulai dari sekarang ya.

Karena pandemik, kita semua harus menyesuaikan keadaan terkini meskipun kuliah daring berbeda dengan kelas tatap muka. Tetap semangat untuk terus belajar, jangan jadikan kuliah di rumah sebagai ajang buat malas-malasan. Semoga membantumu ya!

Baca Juga: 7 Kelebihan Kuliah Online, Menimba Ilmu Tanpa Terhalang Jarak

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya