TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sejarah Hari Perencanaan Kota Dunia Tanggal 8 November

Wah, ternyata ada perayaannya!

ilustrasi kota (pexels.com/lukaskloeppel)

Penanggalan hari-hari penting rutin dilakukan karena ada saja momen yang patut kita kenang karena berjasa atau memiliki pengaruh tersendiri. Salah satunya adalah Hari Perencanaan Kota Dunia yang diperingati setiap tanggal 8 November. Lalu, bagaimana sebenarnya Hari Perencanaan Kota Dunia? Simak informasi berikut ini!

Kota merupakan wilayah yang penting bagi tatanan kehidupan bermasyarakat. Kota juga jadi wilayah yang padat dari tahun ke tahun. Mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS), sebanyak 56,7 persen penduduk Indonesia tinggal di wilayah perkotaan pada 2020. Oleh karena itu, penting adanya penataan dan perencanaan wilayah kota yang diabadikan jadi Hari Perencanaan Kota Dunia pada tanggal 8 November.

Baca Juga: 77 Tahun Berdiri, Ini Sejarah Perserikatan Bangsa-Bangsa

1. Sejarah Hari Perencanaan Kota Dunia

ilustrasi kota (pexels.com/h.emre)

Sejarah perencanaan kota di dunia dimulai dari Eropa hingga ke negara berkembang seperti Indonesia. Pada awalnya, sebelum Perang Dunia I, perencanaan kota atau urban planning hanya sebatas desain ruangan terbuka serta jalan. Seiring berjalannya waktu, urban planning mulai memasuki tahap kedua, yaitu proses perencanaan kota ditandai dengan munculnya perencanaan komprehensif, pendekatan ilmiah, serta perkembangan sistem kelembagaan di negara-negara dunia tiga.

Diprakarsai oleh Profesor Carlos Maria della Paolera dari Universitas Buenos Aires pada tahun 1949, Hari Perencanaan Kota Sedunia pun jatuh pada tanggal 8 November. Hal ini ditujukan untuk memajukan minat publik dan profesional dalam perencanaan, baik lokal maupun luar negeri. 

Hari Perencanaan Kota Dunia yang juga dikenal sebagai Hari Urbanisme Sedunia, memberi kesempatan untuk melihat perencanaan dari perspektif global. Perayaan ini menarik karena ada sebuah hari yang memberikan perhatian khusus kepada sebuah kota mulai dari pembangunan, tata letak, hingga dampak lingkungan. 

2. Mengingat kembali perayaan Hari Perencanaan Kota tahun 2021

ilustrasi kota (pexels.com/pixabay)

Pada tahun 2021, Asosiasi Perencanaan Amerika Serikat mengundang perencana, perancang kota, dan pembuat tempat untuk menghadiri konferensi virtual. Dilansir American Planning Association, Hari Perencanaan Kota Dunia ke-72 mengusung tema “Perencanaan Untuk Keadilan Antar-Generasi”.

Diangkatnya tema ini karena saat dunia menghadapi krisis global seperti perubahan iklim, komunitas perencanaan butuh pemikiran jangka panjang dan tindakan nyata. Berikut rangkaian kegiatan Hari Perencanaan Kota Dunia pada tahun 2021:

  • Presentasi yang mencakup perencanaan di Ethiopia, Amerika Serikat dan Hong Kong
  • Membangun keterlibatan dan desain jalanan yang modern. Beberapa pembicara yang hadir yakni CEO Public Works Partners Celeste Frye, Senior Manajer Public Works Partner, hingga Direktur Strategic Transit Initiatives Christopher Hrones
  • Perencanaan lokal dan nasional untuk masa depan yang netral dan iklim berkelanjutan
  • Mencegah kelaparan, keajaiban ekologis melalui perdamaian, pengelolaan loka dan ketahanan
  • Urbanisme yang tangguh secara inklusif

Baca Juga: 9 Potret Menawan Payengxa Lor, Miss Universe Laos 2022

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya