TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Thaharah: Pengertian, Jenis, dan Cara Melakukannya

Sifatnya wajib bagi setiap muslim dan muslimah

ilustrasi melakukan thaharah dengan mandi (pexels.com/Ron Lach)

Saat hendak melakukan ibadah, hal wajib yang perlu dilakukan adalah berwudu. Nah, berwudu merupakan salah satu kegiatan dari thaharah. 

Dalam aturan islam, kamu dilarang untuk melakukan ibadah jika kondisimu tidak bersih atau terkena najis. Oleh karena itu, thaharah menjadi sesuatu yang wajib agar ibadahmu bisa diterima Allah SWT. Berikut ini adalah penjelasan mengenai thaharah, simak sampai habis ya.

1. Pengertian thaharah

ilustrasi thaharah dengan mandi (pexels.com/Yaroslav Shuraev)

Thaharah adalah suatu kegiatan bersuci dari hadas dan najis. Thaharah sifatnya wajib bagi laki-laki dan perempuan ketika hendak melakukan ibadah. Kewajiban thaharah juga ditegaskan dalam sebuah hadis riwayat muslim.

"Rasulullah SAW berkata, Allah tidak akan menerima salat yang tidak disertai dengan bersuci." (HR. Muslim).

Selain itu, Allah SWT juga berfirman dalam QS.Al-Baqarah:222, " Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri."

Baca Juga: Mengenal Kondensasi: Pengertian, Bentuk, dan Contohnya!

2. Jenis-jenis thaharah

ilustrasi thaharah secara rohani dengan meditasi (pexels.com/Elina Fairytale)

Secara umum, thaharah bertujuan untuk membersihkan diri dari najis. Namun, thaharah sendiri dibagi atas dua jenis, yaitu: 

1. Thaharah Ma'nawiyah

Thaharah ma'nawiyah merupakan kegiatan bersuci secara rohani dengan membersihkan segala penyakit yang datang dari hati, misalnya iri, benci, dengki, riya, dan sebagainya. Bukan hanya bersih dari segi fisik, namun thaharah juga mengajarkan kita tentang pentingnya bersuci dalam keadaan bebas dari sifat sirik. 

2. Thaharah Hissiyah

Thaharah Hissiyah adalah kegiatan bersuci secara jasmani dengan membersihkan tubuh yang terkena najis (berbagai jenis kotoran) dan hadas ( besar dan kecil). Jenis thaharah ini bisa dilakukan dengan berwudu, tayamum, ataupun mandi wajib. 

Kedua jenis thaharah yang disebutkan di atas  sama-sama penting untuk diterapkan. Oleh karena itu, jangan sampai hanya salah satunya saja yang kamu utamakan ya. 

Baca Juga: Menilik Teks Ceramah: Pengertian dan Contohnya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya