TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Apa Itu Bimbel? Simak Definisi dan Manfaatnya

Alternatif untuk tambahan pelajaran di luar sekolah

ilustrasi suasana bimbel (unsplash.com/Shubham Sharan)

Umumnya, bimbingan belajar atau bimbel dipilih oleh orang tua yang hendak memberikan pembelajaran tambahan untuk anak-anak mereka di luar sekolah. Cara ini dinilai cukup efektif untuk meningkatkan prestasi di sekolah.

Bimbel diampu oleh tutor yang berpengalaman, yang sangat memperhatikan pemahaman serta perkembangan peserta didiknya mengenai materi yang dipelajari di sekolah. Namun, tahukah kamu apa itu bimbel?

Untuk penjelasan secara lengkap, berikut ini definisi dan manfaat bimbel yang membantu anak-anak lebih memahami materi pelajaran di sekolah. Check this out!

Baca Juga: Apa Itu Kecerdasan Emosional? Kenali Ciri-cirinya! 

1. Apa itu bimbel?

ilustrasi suasana bimbel (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Bimbingan belajar atau bimbel adalah kegiatan pembelajaran tambahan di luar sekolah yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi ataupun hasil belajar yang lebih optimal di sekolah bagi peserta didik. Umumnya, bimbel di luar sistem sekolah. 

Dengan mengikuti bimbel, peserta didik akan mendapatkan banyak keuntungan, seperti peningkatan kemampuan pemahamannya pada mata pelajaran, serta mengembangkan kemampuan untuk bersosialisasi hingga meningkatkan prestasi di sekolah.

Prestasi dan daya tangkap seorang anak pada suatu mata pelajaran, memang berbeda-beda. Sehingga, perlu diperhatikan dan diarahkan oleh orang tua, salah satunya dengan mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah.

Baca Juga: Ilmu Komunikasi: Pengertian, Peminatan, dan Prospek Kerja

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya