TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tata Cara Mandi Taubat dan Bacaan Niatnya, Lengkap Sesuai Syariat

Umat Islam wajib tahu, nih

ilustrasi berdoa (pexels.com/Ali Arapoğlu)

Mandi taubat adalah praktik dalam Islam untuk membersihkan diri dari dosa dan memulai perjalanan spiritual baru. Mandi taubat adalah langkah penting dalam memperbaiki diri dan memperkuat hubungan dengan Sang Pencipta. Maka dari itu, penting bagi umat Islam untuk tahu tata cara mandi taubat dengan baik dan benar.

Tanpa perlu basa-basi, langsung aja simak penjelasannya dalam artikel IDN Times kali ini, yuk!

1. Apa itu mandi taubat?

ilustrasi taubat (unsplash/davidmonje)

Mandi taubat adalah tindakan pembersihan diri yang ditujukan untuk meminta ampunan dan bertaubat kepada Allah Swt. Biasanya, mandi ini dilakukan oleh seseorang yang baru masuk Islam, bertaubat dari dosa besar, atau setelah melakukan perbuatan dosa yang signifikan.

Hukum mandi taubat berbeda-beda menurut mazhab. Menurut Imam Syafi’i dan Imam Hanafi, mandi taubat adalah sunnah, bukan wajib. Melakukan mandi taubat tidak berarti seseorang dapat berbuat dosa, lalu sekadar mandi dan sholat untuk memperoleh pengampunan.

Mandi taubat memiliki beberapa tujuan, termasuk menghapus dosa, mendapatkan kebaikan, dan mendapatkan keberuntungan. Tak hanya itu, mandi taubat juga dapat membantu menyucikan diri setelah melakukan perbuatan maksiat atau dosa.

Rasulullah Saw menyebut bahwa orang yang bertaubat akan seperti tidak pernah berdosa. Mandi taubat juga dapat membawa kebaikan dan keberuntungan dan Allah dijanjikan mengganti kejahatan dengan kebajikan bagi mereka yang bertaubat, serta memberikan keberuntungan kepada mereka yang bertaubat dan beriman.

2. Tata cara mandi taubat

ilustrasi wudhu (Pixabay)

Berikut ini merupakan tata cara mandi taubat yang dapat kamu lakukan:

Membaca niat: Sebelum memulai mandi taubat, pertama-tama baca niat sebagai berikut:

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِلتَّوْبَةِ عَنْ جَمِيْعِ الذُّنُوْبِ للهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla littaubati 'an jami'idzunuub

Artinya "Saya berniat untuk melaksanakan mandi taubat dari segala dosa karena Allah."

Membasuh tangan: Setelah niat, langkah pertama adalah membasuh tangan. Basuh tangan sebanyak tiga kali, termasuk punggung tangan, jari, dan lengan.

Bilas badan dan area kemaluan: Membilas badan dan area kemaluan dengan tangan kiri dan air bersih yang mengalir. Pastikan membersihkan dengan baik dan gunakan sabun jika perlu.

Wudhu: Setelah mandi taubat adalah melakukan sholat taubat. Wudhu dilakukan seperti biasa, meliputi mencuci wajah, tangan, kaki, dan bagian-bagian lain yang termasuk dalam wudhu.

Cuci pergelangan tangan dan kaki: Setelah wudhu, basuh pergelangan tangan dan kaki dengan air bersih.

Basuh sela-sela rambut: Memastikan air bersih mencapai kulit kepala dengan membasuh sela-sela rambut. Lakukan ini sebanyak tiga kali.

Siram kepala: Siram kepala tiga kali, mulai dari sisi kanan ke kiri.

Basuh seluruh badan: Basuh seluruh tubuh dengan air bersih yang mengalir.

Basuh kaki: Membasuh kaki menjadi langkah terakhir, pastikan membersihkan hingga ke sela-sela jari dan mencuci hingga mata kaki.

Baca Juga: Bolehkah Mandi saat Tubuh Berkeringat?

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya