Pengertian Perang Menurut Para Ahli, Penyebab, dan Dampaknya

Pengertiannya bisa berbeda-beda

Bahasan tentang perang kembali ramai akhir-akhir ini. Selama ini, perang diartikan sebagai pertempuran dua negara yang melibatkan angkatan militer. Namun, tahukah kamu bahwa pengertian perang bermacam-macam?

Berdasarkan pemikiran para ahli, berikut pengertian perang dari berbagai sudut pandang. Simak penjelasan yang lengkap di bawah ini, yuk! 

Baca Juga: Apa Itu Genosida? Ini Pengertian, Sejarah, dan Kasusnya

1. Pengertian perang yang harus kamu pahami

Pengertian Perang Menurut Para Ahli, Penyebab, dan Dampaknyailustrasi perang (unsplash.com/Daniel Stuben)

Pengertian perang ternyata cukup kompleks. Bahkan, perang tidak cuma tentang pertempuran angkatan militer.

Untuk memahami apa itu perang, coba pahami definsi perang menurut para ahli berikut:

  • Carl Von Clausewitz

Perang adalah tindakan kekerasan dan kelanjutan dari hubungan politik. Tindakan kekerasan ditujukan untuk memaksan lawan agar memenuhi keinginan.

  • Sorel

Perang adalah tindakan politik negara-negara yang tidak mampu menyesuaikan diri, terjadi karena kepentingan. Mereka menggunakan kekuatan bersenjata untuk memutuskan mana yang lebih kuat. Negara juga mungkin memaksakan kehendaknya pada pihak lain.

  • Kallen

Perang adalah pertempuran bersenjata antara dua atau lebih lembaga berdaulat (negara) yang dilakukan secara terogranisir. Penggunaan kekuatan militer dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

  • A. Johnson

Perang merupakan konflik bersenjata antar kelompok penduduk yang bersatu karena kesamaan ras, suku, negara bagian, unit geografis, agama, politik, partai, dan kelas ekonomi.

dm-player
  • Kusumaatmadja

Perang adalah beberapa negara terlibat sengketa bersenjata yang disertai dengan pernyataan niat dari salah satu pihak.

2. Apa saja penyebab perang?

Pengertian Perang Menurut Para Ahli, Penyebab, dan Dampaknyailustrasi perang (unsplash.com/Hasan Almasi)

Perang bisa terjadi karena perselisihan dua belah pihak atau lebih. Biasanya perselisihan terjadi karena pergesekan kepentingan, mulai dari kepentingan ekonomi, kepentingan politik, kepentingan ideologi, dan kepentingan sosial.

Contohnya, penyebab Perang Dingin adalah adanya perselisihan antara Amerika serikat dan Uni Soviet. Kedua negara berlomba menjadi negara adidaya yang paling berkuasa di dunia. Mereka tidak hanya bersaing secara ekonomi, tapi juga politik dan ideologi.

Amerika Serikat berusaha menunjukkan kekuasaan dengan menyebarkan ideologi kapitalisme dan liberalisme. Sedangkan Uni Sovite menyebarkan ideologi sayap kiri, yakni komunisme. Pada masa Perang Dingin, negara-negara di dunia pun terbagi menjadi dua blok, yaitu Blok Barat dan Blok Timur.

Apabila gagal diatasi, konflik akan memuncak dan terjadilah perang. Akhirnya ekskalasi konflik tidak dihindarkan. Aksi gencatan senjata pun sangat mungkin terjadi.

3. Dampak perang

Pengertian Perang Menurut Para Ahli, Penyebab, dan Dampaknyailustrasi perang (pexels.com/Pixabay)

Sebenarnya, pengertian perang tidak sederhana. Bahkan, ada kriteria khusus yang dipakai untuk mendefinisikan satu konflik bisa disebut perang. Indikatornya dilihat dari segi kuantitatif dan kualitatif.

Namun satu hal yang pasti, perang tentu berdampak besar bagi kehidupan manusia. Banyak masalah yang bisa muncul, mulai dari pelanggaran Hak Asasi Manusia, kondisi ekonomi yang memburuk, trauma, disabilitas, sampai rusaknya tatanan politik.

Setelah terjadi perang, kondisi juga tidak akan membaik dalam waktu cepat, terlebih banyak kerugian yang dialami.

Demikian pengertian perang yang bisa kamu ketahui. Ternyata, perang memiliki banyak arti. Penyebabnya pun berbeda-beda, tapi dampaknya besar bagi semua pihak yang terlibat.

Baca Juga: Apa Itu Autokrasi? Ini Pengertian, Tipe, dan Contohnya

Topik:

  • Ana Widiawati
  • Addina Zulfa Fa'izah

Berita Terkini Lainnya