Comscore Tracker

Apa yang Dimaksud dengan Irama? Disebut Juga dengan Ritme

Berasal dari bahasa Yunani 

Tahukah kamu kalau musik berasal dari bahasa asing? Musik berasal dari bahasa Yunani mousike. Mousike merujuk pada semua seni yang dipimpin oleh Muses yang berupa musik dan puisi.

Musik ini terdiri dari berbagai unsur di dalamnya. Salah satu unsur penting dalam musik adalah Irama. Irama sering juga disebut dengan ritme.

Baca Juga: 7 Jenis Terapi Musik yang Jarang Orang Ketahui!

Makna dari ritme atau irama 

Apa yang Dimaksud dengan Irama? Disebut Juga dengan Ritmefoto hanya ilustrasi (unsplash.com/Isaac Ibbott)

Ritme atau irama berasal dari bahasa Yunani rhytmos, yang berarti suatu alunan bunyi teratur dan berulang. Jika menilik dari Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, irama adalah gerakan berturut-turut secara teratur, turun naik lagu (bunyi dan sebagainya) yang beraturan atau alunan yang terjadi karena perulangan dan pergantian kesatuan bunyi dalam arus panjang pendek bunyi, keras lembut tekanan, dan tinggi rendah nada.

Sedangkan jika mengutip dari E-Modul Direktorat Pembinaan SMA yang ditulis oleh Angela Marsela W. Aru, S.Pd, ritme atau irama adalah gerak teratur mengalir karena munculnya akses secara tetap. Irama lebih terasa indah karena adanya jalinan perbedaan nilai dari satuan bunyi.

Ritme juga merupakan ketukan-ketukan dasar yang teratur mengalir mengikuti beberapa variasi gerak melodi. Jika sering dilatih, ritme ini akan melekat dibenak penikmat musik.

Irama terdiri dari beberapa unsur penyusunnya yaitu :

  • Ketukan kuat dan lemah akan memberikan variasi irama dalam setiap lagu.
  • Tempo adalah kecepatan dalam memainkan suatu lagu atau musik.
  • Sinkopasi adalah teknik mengatur ritme dalam suatu musik atau lagu dengan menggunakan ketukan yang lebih lemah.
  • Birama atau tanda birama adalah jumlah ketukan dalam satu hitungan.
  • Meter adalah pengukuran musik dimana terbagi dalam tiga jenis yaitu pengukuran ganda, pengukuran tiga, dan pengukuran empat kali lipat.
  • Polyrhytms dipakai untuk mendapatkan rasa irama atau ritme yang penuh dengan rasa ambisius.

Irama atau ritme tidak bisa berdiri sendiri, dimana unsur ini saling terkait dengan unsur musik lainnya seperti pola irama, nada, tangga nada, notasi, birama, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 10 Jenis Pekerjaan untuk Kamu Pencinta Musik, Kenali, yuk!

ari budiadnyana Photo Verified Writer ari budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya