Comscore Tracker

Apa yang Dimaksud dengan Teknik Aquarel? Simak Penjelasannya

Sesuaikan teknik yang digunakan dengan lukisanmu

Kamu pernah belajar melukis? Atau kamu pernah mendapatkan pelajaran melukis di sekolah? Melukis adalah proses penciptaan karya berbagai macam gambar yang dibuat secara kreatif sesuai dengan imajinasi pembuatnya.

Agar lukisanmu atau gambarmu menjadi indah, maka kamu perlu mengenal beberapa teknik dalam melukis. Teknik-teknik ini nantinya disesuaikan dengan keperluan lukisanmu.

4 teknik melukis yang wajib diketahui

Apa yang Dimaksud dengan Teknik Aquarel? Simak PenjelasannyaProses menggambar dengan menggunakan teknik Aquarel. (youtube.com/SMAMIV TV)

Ada 4 teknik melukis dasar yang wajib untuk diketahui. Teknik-teknik ini paling sering digunakan oleh seniman-seniman saat akan menciptakan suatu karya. Teknik-teknik tersebut antara lain :

  • Teknik aquarel. Dikutip dari laman Sumber.belajar.kemdikbud.go.id, teknik aquarel merupakan teknik dengan sapuan dan paduan warna yang tipis, transparan dan tembus pandang. Teknik ini digunakan baik untuk melukis maupun menggambar. Cat yang harus digunakan adalah cat yang digunakan dalam teknik ini harus sedikit encer. Media lukis atau gambar bisa menggunakan kertas aquarel yang mana harganya sedikit lebih mahal.
  • Teknik plakat. Teknik melukis ini adalah kebalikan dari teknik aquarel. Jika teknik aquarel menggunakan paduan warna yang cenderung tipis, maka teknik ini menggunakan paduan warna yang tebal atau menutup latar belakang objeknya. Gambar yang dihasilkan akan terlihat lebih pekat dan colorful. Cat yang bisa digunakan oleh teknik ini adalah cat akrilik, cat air, dan cat minyak;
  • Teknik goresan ekspresif. Teknik ini merupakan teknik dalam melukis yang terkesan bebas. Hal ini karena pembuatannya tidak hanya bisa menggunakan kuas saja, namun juga bisa menggunakan alat lain seperti jari, tangan, badan, kuas, atau objek lain yang dianggap menarik oleh si pelukis;
  • Teknik mozaik. Teknik ini sering juga disebut dengan nama teknik timbul. Teknik ini menggunakan suatu kepingan bahan atau material yang kemudian dipotong-potong sesuai keperluan. Bahan atau material yang sudah dipotong ini kemudian ditempelkan pada bidang datar dengan lem sesuai dengan desain lukisan yang diinginkan.

Setiap seniman bisa saja memilih menggunakan salah satu teknik di atas yang dianggap cocok dengan hasil karya yang akan ia ciptakan. Dalam pemilihan teknik ini selain disesuaikan dengan hasil karya yang akan dibuat, kamu juga harus memahami bahan-bahan dan peralatan yang akan digunakan. Jangan sampai salah menggunakan peralatan dan bahan, ya!

Baca Juga: Self Healing, 5 Teknik Melukis Sederhana Ini Patut Kamu Coba di Rumah

ari budiadnyana Photo Verified Writer ari budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya