Comscore Tracker

Gak Pake Gugup, 5 Tips Ini Bikin Kamu Pede Presentasi di Depan Dosen

Cocok banget nih buat mahasiswa!

Kalangan mahasiswa kayaknya gak afdol deh kalau belum presentasi depan dosen. Bicara di depan orang banyak emang susah-susah gampang, gampang kalau kamu sudah siap tapi jadi susah kalau kamu sendiri aja udah gugup dari awal. Kalau kamu termasuk orang yang gampang grogi, berikut ada beberapa tips supaya kamu gak gugup pas lagi presentasi, seperti:

1. Latihan di depan cermin

Gak Pake Gugup, 5 Tips Ini Bikin Kamu Pede Presentasi di Depan Dosen	Pexels/bruce mars

Pernah denger tips satu ini gak sih? Ada yang bilang sih kalau banyakin latihan sebelum presentasi itu bisa ngurangin grogi kamu. Coba sekali-sekali kamu berdiri di depan cermin, terus ngomong deh dari awal sampai selesai. Pertama, kamu bisa lihat gimana gaya bicaramu pas lagi ngomong. Kedua, dijamin deh kamu bakalan makin lancar ngomongnya tanpa terbata-bata.

2. Berpenampilan rapi

Gak Pake Gugup, 5 Tips Ini Bikin Kamu Pede Presentasi di Depan Dosen	Pexels/rawpixel.com

Ini simpel tapi penting lho. Presentasi itu gak cuman soal bawain materi semata, tapi penampilan juga perlu kamu perhatikan, mulai dari ujung kaki hingga ujung kepala. Kamu bisa kasih first impression yang baik terutama di depan dosen lewat outfit-mu. Ingat, nilai kamu sepenuhnya ada di tangan dosen. Gak mau kan tiba-tiba nilai kamu jelek cuma karena penampilanmu seperti gak siap presentasi?

3. Pahami semua materi 

Gak Pake Gugup, 5 Tips Ini Bikin Kamu Pede Presentasi di Depan Dosen	Pexels/Startup Stock Photos

Alah bisa karena terbiasa. Jadi, jangan pernah kamu anggap remeh materi yang kamu bawain. Meskipun kamu cukup familiar dengan topikmu, pendalaman materi tetap penting ya, guys. Kita gak akan tahu apa maunya sang dosen, bisa jadi dia pengen kamu ngulik topik ini serinci mungkin. Yakin nih kamu puas dengan nilai yang segitu-gitu aja? Kalau kamu bisa dapetin lebih, kenapa gak?

4. Simulasi tanya jawab

Gak Pake Gugup, 5 Tips Ini Bikin Kamu Pede Presentasi di Depan Dosen	Pexels/Tim Gouw

Kalau bawain materinya udah lancar, tahap selanjutnya yang perlu kamu kasih perhatian lebih adalah sesi tanya-jawab. Hayo, di sesi ini kamu bakalan di‘tes’ seberapa paham sih kamu kuasain materi? Namanya juga pertanyaan, pasti gak bisa ditebak. 

Nah, kamu bisa kok simulasi tanya-jawab sama kakak atau temanmu buat kasih pertanyaan. Di situ kamu bakalan dilatih buat temuin jawaban dengan cepat tapi tetap tenang.

5. Merawat kebersihan mulut

Gak Pake Gugup, 5 Tips Ini Bikin Kamu Pede Presentasi di Depan Dosen	Pexels/bruce mars

Lagi enak-enaknya presentasi, eh tiba-tiba teman-temanmu pada natap kamu penuh heran. Jelas aja kamu pasti bingung terus nanya kenapa atau ada apa yang salah sama kamu. Pernah gak sih pas lagi ngomong, ternyata kamu gak sadar kalau kamu bau mulut. Ya jelas banget ini jadi bahan candaan teman-temanmu.

Kamu sering kayak gini gak, ngerasa bau mulut padahal kamu udah sikat gigi sebelumnya? Kalau iya, kamu pasti salah pilih pasta gigi tuh. Makanya, pastiin lagi kalau kamu pakai pasta gigi yang mengandung esensi spearmint dan peppermint dan formula pelindung email gigi seperti Darlie Double Action.

Dijamin deh, mulutmu akan terasa lebih segar berkat sensasi dinginnya yang menyegarkan. Mau yang lebih? Darlie Double Action juga mengandung superfine cleaning agent yang bisa bersihin gigimu secara menyeluruh, serta fluoride-nya yang bikin gigi kamu makin kuat dan mencegah karang gigi. Yuk, bangkitkan percaya dirimu bersama Darlie Double Action!

Topic:

Just For You