Comscore Tracker

5 Alasan Menguasai Kosa Kata adalah Hal Penting dalam Belajar Bahasa

Hal paling dasar nih kalau kamu belajar bahasa asing

Siapa nih yang lagi galau banget pengen bisa lancar menggunakan bahasa Asing? Atau, kamu punya cita-cita bisa berbahasa Asing dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari? Apapun itu, jika kamu ingin menguasai bahasa Asing dengan lancar seperti penutur aslinya, memperbanyak kosa kata adalah hal yang utama. 

Lalu kenapa bukan struktur kalimat atau grammar yang utama? Sebenarnya, unsur lain dalam pembentukan bahasa itu, juga penting untuk dipelajari. Namun, penguasaan terhadap kosa kata jadi hal utama, karena beberapa alasan berikut nih.

1. Modal penting untuk menguasai semua skill

5 Alasan Menguasai Kosa Kata adalah Hal Penting dalam Belajar Bahasaunsplash/Wadi Lissa

Mempelajari kosa kata terlebih dahulu akan membuat kamu lebih bisa menguasai skill yang lain seperti membaca, mendengarkan, berbicara, dan menulis. Bayangkan deh, bagaimana bisa kamu membaca sebuah kalimat dalam bahasa asing jika tidak ada satu pun kata yang kamu mengerti?

Meski terdengar seperti strategi yang ketinggalan zaman, namun mengingat dan menghafal kosa kata tetap akan sangat membantumu menguasai bahasa asing.

2. Seperti balita yang baru belajar bicara, tentu mereka merekam kosa kata dari lingkungan sekitar

5 Alasan Menguasai Kosa Kata adalah Hal Penting dalam Belajar Bahasaunsplash/Martin Bjork

Ketika ingin bisa berbicara dalam suatu bahasa, kita bisa banget belajar dari bagaimana seorang balita yang baru belajar bicara. Mereka memulai proses bicara dengan memperbanyak kosa kata setiap harinya. Lambat laun, kumpulan kosa kata yang kita ingat tersebut akan membuat kita lebih menguasai suatu bahasa. 

Baca Juga: 5 Tips Fokus Belajar Bahasa Asing dengan Mudah, Yuk Coba!

3. Penguasaan kosa kata akan meningkatkan rasa percaya dirimu

5 Alasan Menguasai Kosa Kata adalah Hal Penting dalam Belajar Bahasaunsplash/Kathryn Lavery

Semakin banyak kosa kata yang dikuasai, maka semakin besar pula rasa percaya dirimu dalam mendalami suatu bahasa Asing. Kamu akan merasa lebih bisa dibanding orang kebanyakan.

Keberanianmu untuk mempraktikkan langsung bahasa tersebut juga akan meningkat sehingga ke depannya kamu lebih cepat dalam menguasai bahasa tersebut.

4. Melakukan aktivitas lain yang berkaitan dengan bahasa tersebut pun jadi lebih mudah dilakukan

5 Alasan Menguasai Kosa Kata adalah Hal Penting dalam Belajar Bahasaunsplash/Victoria Heath

Aktivitas lain yang berkaitan dengan bahasa tersebut, seperti mendengarkan musik, menonton film, dan lain sebagainya juga akan lebih mudah jika kamu sudah menguasai banyak kosa kata. Kamu lebih mudah menyanyikan suatu lagu dengan bahasa tersebut, serta menikmati film yang menggunakan bahasa itu. 

Mempelajari bahasa melalui kegiatan yang menghibur seperti itu memang dipercaya membuat kita lebih mudah dalam memahami. Tapi, kita hanya akan bisa merasa kegiatan itu menyenangkan jika kita menikmatinya. Setuju?

5. Lambat laun, grammar pun akan dikuasai dengan sendirinya

5 Alasan Menguasai Kosa Kata adalah Hal Penting dalam Belajar Bahasaunsplash/Glenn Carstens-Peter

Grammar atau struktur kalimat dalam mempelajari suatu bahasa tertentu memang selalu cukup sulit untuk dilakukan. Gak cuma susah, mempelajari grammar harus diakui sebagai suatu tahap pembelajaran bahasa yang cukup membosankan.

Namun, jika kamu belajar Bahasa Asing dengan berusaha menguasai kosa kata terlebih dahulu, maka penguasaan grammar akan lambat laun mengikuti.

Dari kegiatan menyenangkan seperti membaca novel, menonton film, dan mendengarkan musik, kamu akan memahami susunan kalimat yang tepat dan yang paling sesuai digunakan berdasarkan situasi tertentu.

Jadi, buat kamu yang ingin menguasai suatu bahasa dengan cepat, mengingat dan menghafal kosa kata bisa banget untuk kamu coba lho. 

Baca Juga: Nih, 5 Akun Instagram untuk Tingkatkan Vocabulary Bahasa Inggrismu

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya