Comscore Tracker

7 Kelebihan Kuliah Online, Menimba Ilmu Tanpa Terhalang Jarak

Sangat bermanfaat untuk kamu yang sibuk banget, lho

Saat ini kuliah berbasis online dengan memanfaatkan berbagai aplikasi video meeting semakin banyak. Hal ini dikarenakan tingginya kebutuhan dan minat pelajar untuk menggunakan sistem online ini dibanding sistem konvensional.

Kira-kira kenapa sih banyak pelajar yang lebih memilih kuliah secara online. Pada artikel kali ini, IDN Times telah merangkum tujuh alasan kenapa kuliah secara online sangatlah membantu dalam proses perkuliahanmu. Let's check it out!

1. Hemat biaya dan waktu perjalanan 

7 Kelebihan Kuliah Online, Menimba Ilmu Tanpa Terhalang JarakPexels/ Anna Shvets

Alasan kenapa kuliah online sangat disukai adalah karena hemat biaya dan hemat waktu. Tidak banyak pelajar yang memiliki rumah di dekat kampus sehingga perjalanan pulang dan pergi ke kampus adalah perjalanan yang sangat berat bagi mereka, semakin jauh tempat tinggal maka semakin besar pula biaya dan waktu yang harus dikorbankan.

Jika hanya sesekali saja tentu tidak masalah, tetapi bagaimana jika setiap hari? Tentu melelahkan sekali, bukan. 

2. Bisa tetap fokus meski kelas berisi banyak orang

7 Kelebihan Kuliah Online, Menimba Ilmu Tanpa Terhalang JarakUnsplash/ Wes Hicks

Untuk kelas yang menampung banyak orang sekaligus akan membuat orang-orang yang duduk di barisan paling belakang sulit fokus ke pelajaran. Hal ini tentu sangat tidak enak untuk mereka yang terpaksa duduk di barisan paling belakang. Belum lagi jika ada masalah dengan mic atau dosen yang suaranya kecil, tentu semakin sulit untuk fokus ke pelajaran.

Kelas yang banyak orang juga rawan ribut sehingga kamu bisa merasa terganggu. Namun, kelas online memberikan semua orang kesempatan yang sama untuk memperhatikan pelajaran dan tidak perlu khawatir terganggu dengan suara bising dari teman - teman yang lain.

3. Belajar di kondisi yang nyaman

7 Kelebihan Kuliah Online, Menimba Ilmu Tanpa Terhalang JarakPexels/ Vlada Karpovich

Dengan belajar online, kamu bisa menentukan sendiri di mana kamu akan belajar. Bisa di kamar kamu sendiri, kafe, atau di mana pun yang membuatmu merasa lebih nyaman. Kenyamanan saat belajar akan membantumu untuk menyerap pelajaran dengan lebih baik lagi.

Baca Juga: Teman Kuliah Online-mu Sering Lakukan 5 Hal Absurd Ini Gak Sih?

4. Karier atau usahamu tidak terhalang

7 Kelebihan Kuliah Online, Menimba Ilmu Tanpa Terhalang JarakUnsplash/ Austin Distel

Jika saat ini kamu sedang bekerja atau memiliki, tetapi tetapi ingin melanjutkan studi maka kuliah online menjadi salah satu pilihan terbaik. Karena tidak peduli di mana kampusmu berada, kamu bisa tetap mengikuti pelajaran yang ada selama jadwal kuliahmu cocok.

5. Membuka peluang untuk belajar dari banyak orang

7 Kelebihan Kuliah Online, Menimba Ilmu Tanpa Terhalang JarakPexels/ Julia M Cameron

Salah satu hal menarik dari mengikuti perkuliahan adalah diundangnya dosen tamu yang membawa perspektif dan pengetahuan baru dari ilmu yang sedang kita pelajari. Dengan pelajaran secara online akan lebih mudah bagi kampus kita untuk mengundang dosen tamu dari berbagai daerah bahkan luar negeri.

Hal ini karena dosen tamu tersebut tidak memerlukan biaya dan waktu tambahan untuk transportasi serta menginap. Alhasil, kegiatan perkuliahan pun juga menjadi lebih efisien.

6. Pengalaman belajar yang lebih menyenangkan

7 Kelebihan Kuliah Online, Menimba Ilmu Tanpa Terhalang JarakUnsplash/ Beci Harmony

Dengan menggunakan sistem online, dosen kamu bisa memanfaatkan berbagai fitur di platform video meeting yang digunakan seperti memutar video, membuat coretan, dll. Berbeda dengan kelas online, di mana tidak semua kampus memiliki fasilitas yang bagus untuk memutar suara dan video sehingga menjadi lebih sulit. 

7. Mudah membuat jadwal pengganti

7 Kelebihan Kuliah Online, Menimba Ilmu Tanpa Terhalang JarakPexels/ Max Fischer

Dalam menjalani perkuliahan, seringkali sang pengajar atau dosen memiliki suatu halangan sehingga kelas harus ditunda. Namun berbeda dengan kuliah konvensional di mana sulit untuk membuat jadwal baru dengan murid-muridnya dan mencari ruangan pengganti. Kuliah online menciptakan fleksibilitas yang lebih baik sehingga membuat jadwal kelas pengganti pun juga akan menjadi lebih mudah bagi sang dosen dan murid-muridnya.

Kelas online menawarkan kemudahan dan kepraktisan dengan kualitas edukasi yang tidak kalah dari kelas konvensional. Apabila selama ini kamu ingin kuliah tetapi tidak bisa karena ada kesibukan lain, maka kuliah online ini bisa menjadi solusi yang pas untuk kamu.

Baca Juga: 6 Hal Ini Cuma Dirasakan Mahasiswa Selama Kuliah Online, Kamu Juga?

Deny Hung Photo Verified Writer Deny Hung

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya